x

Jeremy Doku, Sosok Tepat yang Bisa Akhiri Karier Sadio Mane di Liverpool

Senin, 28 Maret 2022 21:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jeremy Doku, pemain yang digadang-gadang sebagai pengganti Sadio Mane di Liverpool. Foto: John Berry/Getty Images.

FOOTBALL265.COM - Mengenal lebih dekat sosok Jeremy Doku, pemain yang bisa akhiri karier Sadio Mane di klub Liga Inggris, Liverpool.

Sejauh ini, Sadio Mane mamng sudah berperan vital di daftar pasukan serang Liverpool. Tentunya, bersama dua anggota ‘trio Firmansah’ lainnya yakni Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Baca Juga

Eksistensi tiga pemain ini adalah sebuah pilar penting dalam reformasi yang dilakukan Jurgen Klopp sejak menangani Liverpool pada 2015 silam.

Dalam perjalanannya, pelatih asal Jerman itu sudah mencoba sejumlah komposisi dalam meracik skuat hebat yang pada akhirnya publik kenal saat ini.

Dari masa ke masa, nama Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah selalu setia menemani satu sama lain di line up 4-3-3 andalan sang manajer.

Baca Juga

Akan tetapi, tidak ada di dunia ini yang abadi selamanya. Begitu pula eksistensi trio andalan The Reds ini. Mau tidak mau, mereka akan bubar juga suatu hari nanti.

Apalagi, jika dilihat dari faktor usia, nampaknya waktu ketiganya untuk selalu bersama di Liverpool tidak akan lama lagi.

Di sisi lain, Liverpool juga sudah mulai mengisi skuat dengan pemain-pemain yang sangat bisa diandalkan seperti Luis Diaz maupun Diogo Jota.

Baca Juga

Mereka-mereka ini pun siap menjadi penerus lini serang Liverpool di masa depan, atau bahkan dalam waktu dekat.

Luis Diaz bisa bermain di sebelah kiri, tempat yang biasa dihuni Sadio Mane. Begitu pula Diogo Jota meski pemain yang satu ini terbilang lebih fleksibel di mana saja.


1. Sadio Mane Bukan Tidak Mungkin Terganti

Menanti masa-masa akhir karier Sadio Mane di Liverpool. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Jika harus menarik sedikit ke belakang, sepak terjang Sadio Mane menang tidak langsung luar biasa saat pertama menginjakkan kaki di Liverpool pada 2016 lalu dari Southampton.

Akan tetapi, pelan-pelan ia tumbuh sebagai pemain yang dapat diandalkan dan kini jadi tumpuan di lini serang bersama Mohamed Salah.

Baca Juga

Namun di tengah situasi sang pemain yang saat ini yang masih jadi andalan namun bukan tidak mungkin tergantikan, membahas calon penerusnya pun bukan sebuah dosa besar.

Adalah Jeremy Doku, yang disebut-sebut bisa mengakhiri karier Sadio Mane di Liverpool. Ketertarikan terhadapnya pun sudah bukan yang pertama bagi Liverpool.

Sebelum santer dibicarakan beberapa hari ini, Liverpool sudah pernah dikaitkan dengan pemain muda Rennes tersebut saat usianya masih 16 tahun.

Baca Juga

Kini, menginjak 19 tahun, Jeremy Doku kembali dikaitkan dengan The Reds, ketika di sisi lain Sadio Mane juga sudah bertambah tua. Apakah ini saat yang tepat?

Dalam kuran waktu kurang lebih tiga tahun, tentu ada banyak perubahan yang terjadi pada Jeremy Doku.

Bagaimanapun juga, ia seorang pesepak bola yang masih berkembang pesat sebagai pemain muda di liga Eropa.

Baca Juga

Belum lama ini, Jeremy Doku menujukkan performa yang sudah makin matang saat membela Timnas Belgia di gelaran Euro 2020.

Ia dipanggil untuk memperkuat negaranya di turnamen akbar empat tahunan tersebut setelah debut di UEFA Nations League pada September 2020.

 

2. Jeremy Doku Masih Butuh Dipoles

Jeremy Doku, pemain yang digadang-gadang sebagai pengganti Sadio Mane di Liverpool. Foto: John Berry/Getty Images.

Meski masih butuh waktu lumayan untuk memoles bakat Jeremy Doku, Liverpool nampaknya tidak perlu khawatir.

Penampilan bintang kelahiran Antwerp tersebut di Euro 2020 seolah menujukkan ia layak mendapat tempat di tim utama Liverpool di masa depan.

Baca Juga

Selain itu, caranya bermain pun mirip dengan dengan Sadio Mane, terutama ketika menembus lini pertahanan lawan dengan kecepatan yang ia miliki.

Walaupun memiliki postur yang lebih inferior ketimbang pemain Timnas Senegal tersebut, Jeremy Doku bukan tipe pemain yang bisa dengan mudah kehilangan bola.

Selama tampil untuk Rennes musim ini, winger kelahiran 27 Mei 2002 tersebut memang lebih sering beroperasi di sebelah kanan.

Baca Juga

Akan tetapi, ia terlihat lebih mengancam jika bermain di sebelah kiri seperti di Euro 2020 bersama Timnas Belgia.

Nah, kemampuan serta pengalamannya yang bisa berada di dua sisi sayap ini pun jadi nilai plus tersendiri bagi Jeremy Doku.

Apalagi, Jurgen Klopp selama ini juga senang apabila pemainnya bisa beroperasi di sisi mana saja di lini depan.

Baca Juga

Kini, para suporter Liverpool tinggal menanti akan seperti apa kelanjutan nasib Sadio Mane bersama The Reds.

Kedatangan Luis Diaz pun bak sinyal perdana bagi kampiun Piala Afrika tersebut, bahwa waktunya di Liverpool tidak akan lama lagi.

LiverpoolSadio ManeLiga InggrisBerita Liga InggrisJeremy Doku

Berita Terkini