x

Liga 1: Baru Direkrut, Persib Lepas 2 Pemain Anyar ke Timnas Indonesia

Kamis, 7 April 2022 14:18 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Pemain anyar Persib Bandung, Ricky Kambuaya akan bergabung dengan TC Timnas Indonesia.

FOOTBALL265.COM - Manajemen Persib Bandung mengaku siap melepas dua pemain anyarnya, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto, ke timnas Indonesia. 

Sebagai informasi, keduanya resmi diumumkan menjadi bagian dari skuat Maung Bandung, Rabu (6/4/22). Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto disiapkan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan dan Piala AFC.

Baca Juga

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, pihaknya akan mendahulukan kepentingan Timnas Indonesia, sehingga dia tak keberatan untuk mengizinkan pemainnya gabung Timnas.

Selain itu, Teddy juga menyadari dua pemain anyarnya yang disiapkan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan, sudah biasa mendapat panggilan dari Timnas Indonesia.

"Kepentingan negara Indonesia pasti kami utamakan di atas kepentingan klub," kata Teddy Tjahjono kepada wartawan, Rabu (06/04/22).

Baca Juga

Lebih lanjut Teddy menuturkan, ada kebanggaan yang dirasakan olehnya, jika ada pemain Persib yang mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia. 

Sehingga, manajemen dan tim pelatih akan memberikan izin pemain bergabung dengan Timnas, karena selain membanggakan, bermain untuk Timnas merupakan cita-cita seluruh pesepakbola profesional.

Baca Juga

"Tentu saja kami sangat bangga apabila ada pemain Persib yang bermain untuk Timnas," tegas Teddy.

Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya, belum bergabung dengan tim Persib dan baru diumumkan menjadi bagian tim kebanggaan Bobotoh untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan.


1. TC di Korea Selatan

Satu pemain persib lain yang dipanggil Timnas U-23 adalah Marc Klok.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memanggil sebanyak 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Tim U-23 Indonesia di Korea Selatan untuk persiapan SEA Games 2021.

Dari 29 pemain tersebut, tiga diantaranya merupakan pilar Persib, yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Baca Juga

Sebelum berangkat ke Korea Selatan pada pekan ini, skuad Garuda Muda akan kumpul terlebih dahulu di Jakarta mulai Rabu (06/04/22).

Program pemusatan latihan di Korea Selatan ini sendiri rencananya akan bergulir hingga 29 April 2022 mendatang. 

Baca Juga

Pada ajang SEA Games 2021, Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Timnas, ditargetkan untuk memperoleh medali emas pada ajang tersebut.

Emas terakhir yang diraih Timnas Indonesia di ajang SEA Games adalah pada tahun 1991. Pada SEA Games edisi 2019, Timnas U-23 tembus partai final. Namun, skuad Garuda Muda kalah dari Vietnam dengan skor 0-3.


2. Masa Kontrak

Pemain anyar Persib Bandung, Rachmat Irianto.

Sementara itu, Manajemen Persib, mengikat dua pemain anyarnya dengan durasi yang cukup panjang, namun berbeda satu sama lain, Ricky Kambuaya selama dua tahun sedangkan Rachmat Irianto tiga musim.

Teddy menuturkan, ada beberapa pertimbangan yang membuat manajemen Persib memberikan kontrak dengan durasi yang cukup panjang bagi kedua pemain tersebut.

Selain kualitas yang dimiliki Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto, kedua pemain tersebut usianya masih cukup muda. Sehingga, manajemen Persib memilih untuk menjalin kerjasama dengan durasi lebih dari satu musim.

Ricky Kambuaya sendiri saat ini berusia 25 tahun dan bersama Persebaya dia tampil dalam 18 laga serta menyumbangkan enam gol. Sedangkan Rachmat Irianto, berusia 22 tahun dan bermain bersama tim Bajul Ijo dalam 21 pertandingan.

"Dengan mempertimbangkan potensi dan usia mereka, dan dengan kesepakatan kedua belah pihak, maka kami putuskan memberikan kontrak jangka panjang," ucap Teddy.

Persib BandungTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1Rachmat IriantoRicky Kambuaya

Berita Terkini