x

Rapor 4 Pemain yang Dipinjam AC Milan Musim Ini: Mayoritas Jeblok, Siapa Bakal Dipermanenkan?

Jumat, 8 April 2022 17:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Musim ini, AC Milan mendatangkan 4 pemain secara pinjaman dari klub lain. Dari jumlah itu, siapa yang akan dipulangkan dan siapa akan dipermanenkan?(REUTERS/Alberto Lingria)

FOOTBALL265.COM – Musim ini, AC Milan mendatangkan 4 pemain secara pinjaman dari klub lain. Dari jumlah itu, siapa yang akan dipulangkan dan siapa akan dipermanenkan?

Raksasa Liga Italia AC Milan menjadi tim yang sangat aktif di bursa transfer musim panas lalu. Tak kurang 10 pemain didatangkan, baik secara pinjaman, pembelian permanen, atau mempermanenkan pinjaman sebelumnya.

Baca Juga

Secara total, tercatat ada 4 pemain yang diboyong Rossoneri sebagai pinjaman pada musim panas lalu. Dua di antarnya dipinjam dari klub Italia yakni Alessandro Florenzi (AS Roma) dan Junior Messias (Crotone).

Sementara itu, dua pemain pinjaman lainnya diboyong dari klub luar Italia yakni Brahim Diaz (Real Madrid) dan Tiemoue Bakayoko (Chelsea). Satu nama lagi yakni Pietro Pellegri sudah dikembalikan ke Monaco pada Januari lalu.

Rossoneri kerap terbilang sukses dalam peminjaman pemain di beberapa musim terakhir. Sejumlah pemain yang kini menjadi andalan pun awalnya datang sebagai pinjaman yang kemudian dipermanenkan.

Baca Juga

Salah satu contohnya adalah Fikayo Tomori. Bek Inggris itu datang lebih dulu dipinjam dari Chelsea pada Januari 2021. Ia tampil gemilang dan akhirnya dipermanenkan pada musim panas lalu.

Sosok lain yang juga diboyong sebagai pinjaman adalah Sandro Tonali. Sang gelandang dipinjam satu musim dari Brescia pada September 2020.

Ia kemudian dipermanenkan pada bursa transfer musim panas 2021 lalu setelah Rossoneri mengaktifkan opsi pembelian sebesar 15 juta euro.

Baca Juga

Musim ini, kinerja keempat pemain pinjaman AC Milan terbilang tak terlalu bagus. Ada yang berhasil menjadi pilihan utama tapi belakangan menurun, ada pula yang terlupakan dan sudah lama tidak dimainkan.

Lantas, bakal seperti apa nasib para pemain pinjaman tersebut akhir musim ini? Siapa yang bakal dikembalikan dan siapa yang dipermanenkan? Berikut ulasannya:


1. 2 Nama Berpeluang Bertahan

Selebrasi gol Brahim Diaz di laga AC Milan vs Sparta Praha dalam lanjutan Liga Europa 2020/2021. (Emilio Andreoli/Getty Images)

Brahim Diaz

AC Milan sejatinya sudah meminjam Brahim Diaz dari Real Madrid pada musim 2020/2021. Ketika itu, ia sukses mencetak 7 gol dan 4 assist dari 39 laga sehingga Rossoneri kembali meminjamnya hingga musim panas 2023.

Brahim Diaz pun mengawali musim ini dengan cukup baik lewat torehan 3 gol dan 1 assist dalam 6 pertandingan pertama Liga Italia. Namun, kinerjanya menurun drastis di paruh kedua musim ini.

Baca Juga

Diaz kini bahkan tercatat sudah gagal mencetak gol atau assist dalam 14 pertandingan terakhir di Liga Italia. Pelatih Stefano Pioli bahkan beberapa kali mencadangkannya dan memasang Franck Kessie sebagai gelandang nomor 10.

Kontrak peminjaman Diaz sendiri baru habis Juni 2023. Namun, penurunan performa ini membuat AC Milan ragu-ragu. Di sisi lain, Real Madrid sendiri diklaim ingin sang pemain kembali musim panas ini.

Jika AC Milan berhasil mendapatkan gelandang serang baru dan kinerja Brahim Diaz tak juga membaik di sisa musim ini, bukan tidak mungkin sang gelandang akan dipulangkan ke Spanyol musim panas nanti.

Baca Juga

Alessandro Florenzi

Kebutuhan mendatangkan pelapis bagi Davide Calabria membuat AC Milan meminjam Alessandro Florenzi dari AS Roma. Florenzi memang terbuang dari skuat Giallorossi dalam beberapa musim terakhir, dan sempat dipinjamkan juga ke Valencia dan PSG.

Berperan sebagai pelapis, Florenzi menjalani tugas itu dengan baik. Sejauh ini, ia sudah tampil 27 kali dan bahkan sukses mencetak 1 gol.

Di sisi lain, senioritas dan pengalaman panjangnya membuat Florenzi menjadi salah satu pemimpin dan sosok yang dihormati di ruang ganti.

Baca Juga

Dengan peran pentingnya dan klausul tebusnya yang terbilang murah yakni hanya 4,5 juta euro, AC Milan sejatinya ingin mempermanenkan mantan kapten AS Roma itu.

Namun fakta bahwa ia baru saja menjalani operasi membuat AC Milan mengkhawatirkan kebugarannya. Usianya yang sudah 31 tahun juga bertentangan dengan kebijakan klub yang lebih suka membeli pemain muda.

 

2. Dua Nama Hampir Dipastikan Terdepak

Tiemoue Bakayoko (Marco Canoniero/LightRocket via Getty Images)

Junior Messias

Junior Messias menjadi salah satu transfer kejutan AC Milan musim panas lalu. Ia diboyong dari Crotone setelah mencetak 9 gol dan 5 assist bagi klub tersebut, meski akhirnya gagal lolos dari degradasi.

Mengawali musim sebagai pelapis, Messias mencuri perhatian saat mencetak gol tunggal yang membawa AC Milan meraih kemenangan perdana di Liga Champions dengan mengalahkan Atletico Madrid, disusul brace saat melawan Genoa sepekan kemudian.

Baca Juga

Imbas penampilan apik itu, Messias mulai lebih rutin diturunkan sebagai starter di sayap kanan menggusur Alexis Saelemaekers.

Sayangnya, kinerja pemain Brasil itu malah menurun. Tercatat, ia hanya bisa mencetak 2 gol dalam 12 pertandingan terakhir di Liga Italia.

Dengan wacana AC Milan mencari winger baru dan fakta bahwa Saelemaekers masih terikat kontrak jangka panjang, besar kemungkinan Messias akan jadi korban dengan dipulangkan ke Crotone musim depan.

Baca Juga

Tiemoue Bakayoko

Sempat membela AC Milan sebagai pemain pinjaman pada 2018/2019, Timoue Bakayoko kembali ke San Siro dengan status  yang sama musim panas lalu.

Namun meski jadi andalan dan tampil 42 kali di periode pertamanya bersama Rossoneri, kali ini Bakayoko kalah bersaing dengan Sandro Tonali, Ismael Bennacer, dan Franck Kessie di sektor double pivot.

Akibatnya, Bakayoko baru tampil sebanyak 17 kali di semua kompetisi musim ini dengan 12 di antaranya sebagai pemain pengganti.

Baca Juga

Keberadaannya semakin terlupakan dengan fakta bahwa ia sudah tak diturunkan Stefano Pioli sejak menghadapi Spezia pada Januari lalu.

Dengan minimnya peran Tiemoue Bakayoko pada musim ini, bisa dikatakan sang gelandang bakal kembali ke Stamford Bridge akhir musim ini meski kontrak peminjamannya sebenarnya baru berakhir Juni 2023.

AC MilanAlessandro FlorenziBrahim DiazTiemoue BakayokoTRIVIABerita Liga ItaliaJunior Messias

Berita Terkini