x

Ulang Tahun ke-34, Klub Liga 1 Barito Putera Dapat Ucapan dari Legenda Kamerun

Kamis, 21 April 2022 12:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Skuat Barito Putera dalam pertandingan Liga 1 2021-2022.

FOOTBALL265.COM - Rayakan ulang tahun yang ke-34 pada Kamis (21/4/22), klub Liga 1 Barito Putera mendapat ucapan dari salah satu pemain legendaris, Bako Sadissou.

Barito Putera pertama kali dibentuk pada 21 April 1988 oleh H. Abdussamad Sulaiman, HB. Kini, mandat kepemimpinan diteruskan pada sang anak, yaitu Hasnuryadi Sulaiman.

Baca Juga

Sepanjang 34 tahun perjalanan Barito Putera, banyak pengalaman naik-turun dan prestasi yang mewarnai Laskar Antasari.

Konon, salah satu masa kejayaan Barito Putera adalah 2001-2022, tepatnya pada dua dekade silam. Sudah cukup lama memang.

Kala itu, Barito Putera diperkuat oleh pemain asing asal Kamerun, Muhammadou Sadissouu Bako, yang berposisi sebagai striker.

Baca Juga

Bako Sadissou berhasil membawa Laskar Antasari melaju ke babak delapan besar Liga Indonesia 2001, dengan total 22 gol.

Padahal, Barito Putera saat itu gagal melaju ke partai semifinal Liga Indonesia. Namun, tak satupun pemain yang mampu menyalip capaian gol milik Bako Sadissou tersebut.

Striker lawas Barito Putera itu akhirnya merebut trofi sepatu emas, mengalahkan Bambang Pamungkas, striker Persija Jakarta.

Baca Juga

Seolah tak ingin meninggalkan Indonesia, setelah pensiun, striker asal Kamerun itu kemudian memilih berkarier sebagai pelatih.

Bako Sadissou sempat membesut skuat Barito Putera U-21 periode 2015-2016, sebelum akhirnya ia memutuskan pulang ke tanah kelahirannya di Afrika.


1. Bako Sadissou: Selamat Ulang Tahun Tim Terbaik

Bako Sadissou, mantan pemain Barito Putera dan Top Skorer Liga Indonesia 2001.

Dua dekade berlalu, Bako Sadissou masih terbayang dengan kesuksesannya bersama Barito Putera di kompetisi Liga Indonesia.

Maka dari itu, saat Barito Putera tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-34 pada hari ini, Kamis (21/4/22), Bako Sadissou juga ikut bersuka cita.

Baca Juga

Dalam sebuah unggahan teranyar di akun Instagram, Bako Sadissou mengucapkan isi hatinya pada mantan klubnya, Barito Putera.

Bako Sadissou mengucapkan selamat ulang tahun untuk Barito Putera.

"Happy Birthday the best team," tulis Bako Sadissou di caption unggahannya, yang berarti: selamat ulang tahun tim terbaik.

Baca Juga

Padahal, Bako Sadissou diketahui pernah membela sejumlah tim di Liga Indonesia, mulai dari PSB Bogor, Persita Tangerang, PSMS Medan, dan juga Persema Malang.

Namun baginya, Barito Putera adalah klub terbaik, di mana ia bisa menjadi penggawa asing yang diteladani oleh pemain muda.

Baca Juga

Selain itu, Bako Sadissou juga mendapat kesempatan untuk menjabat sebagai pelatih, sampai akhirnya kini ia mantap menjadi pelatih di sebuah SSB di Kamerun.

"Kesibukan tetap tidak jauh-jauh dari sepak bola, saya melatih anak-anak U-12 sampai U-15 di sebuah SSB di Kamerun," ucapnya kepada INDOSPORT beberapa waktu lalu.


2. 11 Pemain Asing Terbaik Barito Putera

Dasrul Bahri dan Skuat Barito Putera 1994/1995.

Beberapa waktu lalu, Barito Putera juga sempat merilis sebelas pemain asing terbaik sepanjang masa, salah satunya Bako Sadissou, yang menempati posisi striker.

Selain Bako Sadissou, juga ada pemain lainnya asal Afrika, seperti Coulibaly Djibril, Makan Konate, hingga Abanda Herman.

Sisanya, ada nama-nama pemain seperti Luis Junior, Matias Cordoba, Sackie Teah Doe, Mekan Nasyrov, Daewon Ha, Aaron Evans, hingga kiper Yoo Jae-hoon.

KamerunBarito PuteraLegenda OlahragaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Bako Sadissou

Berita Terkini