x

SEA Games 2021: Bakal Debut Lawan Vietnam, Begini Respons Penerus Ismed Sofyan

Jumat, 6 Mei 2022 14:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pemain Timnas Indonesia U-23, Rio Fahmi.

FOOTBALL265.COM - Bek kanan Timnas Indonesia U-23, Rio Fahmi berpeluang jalani debut internasional di SEA Games 2021. Dia sejauh ini jadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong. 

Rio Fahmi bisa jadi starter lawan Vietnam di laga perdana Grup A, Jumat (06/05/23) karena bek kanan lainnya, Asnawi Mangkualam absen. Nama terakhir belum tiba di Vietnam karena masih bela timnya di Liga 2 Korea Selatan. 

Baca Juga

Terkait kesempatan emas tersebut, Rio Fahmi mengaku deg-degan. Dia bersyukur dan siap memberikan kemampuan terbaik apabila diturunkan pelatih Shin Tae-yong pada laga malam nanti. 

Baca Juga

"Yang pasti bersyukur, ada rasa deg- degan karena pertama kali di laga internasional. Tapi saya harap bisa bantu tim dan bekerja maksimal agar raih kemenangan," kata Rio Fahmi. 

Calon penerus Ismed Sofyan di sisi kanan pertahanan Persija itu menyatakan dalam kondisi terbaik. Kemenangan atas Vietnam jadi target utama Rio Fahmi agar langkah Timnas U-23 ke fase berikutnya jadi mudah. 

Baca Juga

"Untuk lawan Vietnam, pastinya mau tiga poin. Itu misi tim pelatih dan semua mau menang," ujarnya. 


1. Tak Gentar dengan Suporter Vietnam

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

"Kami semua dalam kondisi fit, kecuali dua teman yang belum hadir (Asnawi dan Elkan Baggott). Tapi apapun itu, yang ada disini harus saling percaya, jaga kekompakan dan insa Allah raih tiga poin," imbuh Rio Fahmi.  

Bek 20 tahun itu juga tak gentar dengan suporter Vietnam yang bakal penuhi Stadion Viet Tri nanti malam. Rio menilai hal itu harus jadi lecutan semangat bagi Timnas U-23 untuk membuktikan diri. 

Baca Juga

"Tentu itu jadi motivasi, pembakar semangat buat kami untuk tunjukan ke suporter Vietnam jika Indonesia bisa mengatasinya dan bisa raih kemenangan di depan mereka, Insha Allah," tegasnya. 

Baca Juga

"Buat suporter Indonesia kami mohon doa dan dukungannya. Walau tak bisa datang langsung kesini, yang terpenting doa dan support kalian semua," tutup Rio Fahmi. 

Baca Juga

Laga perdana Grup A SEA Games 2021 antara Indonesia vs Vietnam memang menyita perhatian. Kedua negara adalah finalis dari SEA Games 2019. 


2. Timnas Indonesia U-23 Diperkuat 3 Pemain Senior

Latihan Timnas U-23 di Korea Selatan.

Tiga tahun lalu, skuad Garuda Muda kalah telak dengan skor 0-3 dari Vietnam.

Untuk lawan Vietnam, Shin Tae-yong dibekali 18 pemain. Pasalnya, dua nama yakni Asmawi Mangkualam dan Elkan Baggott belum tiba di Vietnam. 

Beruntung ada tiga nama senior Timnas Indonesia U-23 yang siap beraksi yakni Marc Klok, Fachruddin Aryanto dan Ricky Kambuaya.

VietnamTimnas Indonesia U-23Liga IndonesiaSEA Games 2021Rio Fahmi

Berita Terkini