x

Goodbye Abramovich! Chelsea Sah Dibeli Todd Boehly Senilai Rp78 Triliun

Sabtu, 28 Mei 2022 18:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Chelsea akhirnya akan segera berganti pemilik. Tinggal selangkah lagi, saham milik Roman Abramovich akan berpindah ke tangan Todd Boehly. Foto: REUTERS-Tony Obrien

FOOTBALL265.COM – Chelsea akhirnya akan segera berganti pemilik. Tinggal selangkah lagi, saham milik Roman Abramovich akan berpindah ke tangan Todd Boehly.

Setelah menunggu selama berbulan-bulan, drama transfer klub dari Roman Abramovich ke pemilik baru akhirnya menemui titik terang.

Baca Juga

Pada Sabtu (28/05/22), Chelsea melalui laman klub mengumumkan bahwa transfer kepemilikan Chelsea ke konsorium Todd Boehly atau Clearlake Capital telah resmi.

Penandatanganan transfer akan dilakukan Senin, 30 Mei 2022 lusa. Dengan demikian, klub Liga Inggris tersebut memasuki era baru di bawah kepemilikan Todd Boehly, Hansjorg Wyss dan Jonatan Goldstein.

“Kami mengonfirmasi bahwa pada (Jumat) malam hari, kesepakatan final dan definitive dicapai untuk penjualan klub kepada Todd Boehly/Clearlake Capital Consortium,” demikian bunyi pernyataan klub.

Baca Juga

“Diperkirakan, transaksi ini akan selesai pada Senin (30 Mei 2022) depan. Klub akan memberikan pembaruan lebih lanjut pada tanggal tersebut,” lanjut pernyataan itu.

Pernyataan The Blues ini pun mengakhiri proses penjualan klub yang dimulai pada 26 Februari lalu, ketika pemerintah Inggris secara resmi membekukan aset-aset Roman Abramovich.

Sebagaimana diketahui, Abramovich dengan terpaksa harus menjual Chelsea sesaat setelah perang Rusia-Ukraina pada Februari lalu hingga saat ini.

Baca Juga

Abramovich pun memilih melepas Chelsea karena munculnya ancaman sanksi dari pemerintah Inggris, yang pada akhirnya tetap memberikan efek termasuk kepada The Blues.

Abramovich harus menerima sanksi ekonomi di Negeri Ratu Elizabeth karena dikenal dekat dekat dengan pemimpin Rusia, Vladimir Putin, yang memulai pecahnya perang di Ukraina.


1. Chelsea Segera Berpisah dengan Roman Abramovich

Roman Abramovich.

Usai Abramovich memutuskan menjual Chelsea, para konglomerat dunia berbondong-bondong maju atau membentuk konsorsium untuk mengakuisisi The Blues.

Setelah keluarga Ricketts mundur dari bursa pencalonan pemilik baru Chelsea, kini calon pembeli klub Liga Inggris tersebut mengerucut menjadi tiga kandidat.

Baca Juga

Todd Boehly, Sir Martin Broughton dan Steve Pagliuca masih berkutat pada perang penawaran agar bisa meneruskan tampuk kepemimpinan Roman Abramovich.

Hingga akhirnya, Chelsea menjatuhkan pilihan kepada Todd Boehly dan antek-anteknya yang mengajukan tawaran senilai 4,25 miliar pound atau setara dengan Rp78 triliun.

Pemerintah Inggris dan operator Liga Inggris sudah menyetujui dan mengizinkan Todd Boehly mengambil alih kepemilikan Chelsea sepekan sebelumnya.

Baca Juga

Todd Boehly sendiri membangun mitra konsortium bersama dengan dua pengusaha lainnya, Hansjorg Wyss dan Jonathan Goldstein trio dalam upaya mereka mengakuisisi Chelsea.

Todd Boehly diketahui adalah seorang Amerika keturunan Jerman. Asetnya diperkirakan mencapai 4,5 miliar dolar AS, menurut majalah Forbes.

Dirinya juga bukan orang baru dalam berinvestasi di dunia olahraga. Diketahui, dia adalah salah satu pemilik Los Angeles Dodgers, salah satu klub tersukses di Major League Baseball, dan Los Angeles Sparks, tim WNBA.

Baca Juga

Wyss adalah seorang miliader Swiss dan mantan pemilik peralatan medis multinasional, yang saat ini lebih serang menjadi filantropi untuk perlindungan lingkungan.

Sementara Goldstein merupakan pengusaha asal London, salah satu pendiri dan CEO Cain International, sebuah perusahaan investasi swasta.


2. Segera Dapat Pemilik Baru, Chelsea Langsung Bakar Uang di Bursa Transfer

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel kala berselebrasi di laga kontra Real Madrid (13/04/22). (Foto: Reuters/Paul Childs)

Beberapa hari yang lalu Pemerintah Inggris akhirnya menyetujui pembelian klub oleh Todd Boehly. Hal ini membuat Thomas Tuchel turut gembira karena bisa beraktivitas lagi dalam dunia transfer pemain.

Menurut laporan SkySports, Tuchel akan mendapatkan uang jajan yang cukup besar untuk beli amunisi baru. Tak tangung-tanggung sang konsorium akan menggelontorkan dana sekitar Rp3,7 triliun.

Uang besar tersebut akan digunakan untuk menambal beberapa posisi. Terutama sektor pertahanan setelah The Blues kehilangan Antonio Rudiger yang memilih untuk hengkang di akhir musim.

Bukan hanya Rudiger, Chelsea bakal kehilangan Andreas Christensen dan Marcos Alonso yang kini telah membuka negosiasi dengan Barcelona.

Baca Selengkapnya: Segera Dapat Pemilik Baru, Chelsea Langsung Bakar Uang di Bursa Transfer

ChelseaRoman AbramovichLiga InggrisBerita Liga InggrisTodd Boehly

Berita Terkini