x

Starting XI Terbaik Timnas Indonesia di Babak Kualifikasi Piala Asia 2023

Kamis, 16 Juni 2022 21:42 WIB
Editor: Juni Adi
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

FOOTBALL265.COM - Berikut starting XI terbaik para pemain Timnas Indonesia yang berlaga di babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sukses membungkam Nepal di pertandingan terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu (15/06/22) dinihari WIB.

Baca Juga

Perbedaan level sudah terlihat sejak menit awal babak pertama dimulai. Timnas Indonesia langsung menggebrak dan mendominasi jalannya pertandingan.

Skuad Garuda menang 7-0. Masing-masing gol dicetak oleh Dimas Drajad, Witan Sulaeman (2 gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan.

Kemenangan telak ini memastikan langkah Indonesia ke lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sebagai runner-up terbaik, sekaligus menenggelamkan Kuwait yang sempat punya peluang lolos.

Baca Juga

Keberhasilan lolos ke Piala Asia 2023 menambah jejak sejarah Timnas Indonesia di kejuaraan sepak bola putra Asia.

Maklum saja, Skuad Garuda sudah lama menunggu penantian tampil di pesta sepak bola terbesar di Benua Kuning itu selama 15 tahun. 

Selain itu, sosok pelatih Shin Tae-yong juga jadi sorotan karena dirinya berhasil membuat Timnas Indonesia tangguh, dengan komposisi pemain muda.

Baca Juga

Tak hanya itu, faktor lain kejeniusan Shin Tae-yong sebagai salah satu pelatih dunia berpengalaman, turut andil atas keberhasilan ini.

Buktinya, Shin Tae-yong selalu menurunkan pemain yang berbeda. Dan hasilnya sulit ditebak oleh lawan.

Tercatat ada 11 pemain yang punya kontribusi cukup besar di sepanjang babak Kualifikasi Piala Asia 2023 kemarin. Siapa saja?


1. Kiper: Nadeo Argawinata

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Di awali sektor penjaga gawang. Sudah jelas nama Nadeo Argawinata tak terbantahkan, sebagai pemain penting di Timnas Indonesia selama babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dari tiga penampilan melawan Kuwait, Yordania dan Nepal, ia tampil ciamik dengan mencatatkan 12 penyelamatan. 

Baca Juga

Aksi-aksi terbaik terjadi saat pontang-panting menyelamatkan gawang Timnas Indonesia dari serangan para pemain Yordania.

Ia juga hanya kebobolan dua kali dari tiga laga, sehingga Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur runner-up terbaik.

Bek: Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Elkan Baggott

Baca Juga

Timnas Indonesia memiliki tiga pemain belakang yang kokoh dengan kombinasi tua-muda dalam diri Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, dan Elkan Baggott.

Ketiganya jadi palang pintu yang tangguh. Hal itu dibuktikan melalui statistik penampilan, dimana Fachruddin melakukan 6 tekel sukses dan 4 sapuan. 

Baca Juga

Begitu juga dengan Elkan Baggott, 1 gol dan 14 intersep.

Sedangkan Rizky Ridho, melakukan 10 intersep dan 9 kali sapuan. Tak heran ketiga selalu jadi andalan Shin Tae-yong di belakang.


2. Tengah: Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Kita mengulas terlebih dahulu dari sisi sayap. Dua wing bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan menjadi salah satu pemain kunci di setiap pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 kemarin.

Perannya sangat terlihat ketika Timnas Indonesia membantai Nepal 7-0. Pergerakan Asnawi dan Arhan sangat membantu terciptanya gol-gol Merah Putih.

Baca Juga

Asnawi menyumbang 2 assist, sedangkan Arhan membukukan 8 intersep, 4 peluang dan 4 crossing sukses.

Lini tengah Timnas Indonesia semakin kuat dengan dukungan dua gelandang andalan Marc Klok dan Ricky Kambuaya.

Pemain naturalisasi Marc Klok membukukan 71 umpan sukses, dan 9 intersep dari 3 penampilan. 

Tak heran jika Shin Tae-yong mulai mengandalkannya sejak Klok boleh memperkuat Timnas Indonesia dari jalur naturalisasi.

Baca Juga

Sementara Ricky Kambuaya menciptakan 3 peluang. Dia menyumbang 1 assist untuk gol Witan Sulaeman pada laga melawan Nepal.

Depan: Witan Sulaemna, Dimas Drajad, Saddil Ramdani

Di lini serang, ada tiga nama yang sangat menonjol di Timnas Indonesia selama Kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka adalah Witan Sulaeman, Dimas Drajad dan Saddil Ramdani.

Saddil Ramdani yang belum lama bergabung dengan TC Timnas Indonesia, ternyata tidak butuh waktu lama untuk menyatu dengan tim.

Baca Juga

Kepercayaan itu dibayar lunas oleh mantan pemain Persela itu dengan 5 peluang dan 3 dribel sukses. Ia juga telah menyumbang 1 gol ke gawang Nepal.

Sementara Witan Sulaeman, menjadi salah satu pemain yang performanya sangat konsisten sejak tampil di Piala AFF 2020 lalu.

Di babak Kualifikasi Piala Asia 2023 ini, ia mencetak 2 gol dan 1 assist.  Itu tidak lepas dari kemampuannya menciptakan 8 peluang dan melepaskan 5 shot on target.

Terakhir ada Dimas Drajad yang menjalan debut bersama Timnas Indonesia sangat manis. Dia menciptakan 2 peluang dan menyumbang 2 gol untuk Timnas Indonesia.

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Shin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini