x

Akui Kelelahan, Shin Tae-yong Tertantang Tangani Timnas U-20 dan Senior

Jumat, 17 Juni 2022 18:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Minggu (29/05/22). Foto: Arif Rahman/Football265.com

FOOTBALL265.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku capek menangani tiga level berbeda, yakni U-20, U-23, dan senior. Tapi, dia menyukainya karena bisa menanamkan filosofi bermain sejak dini. 

Meski kelelahan, Shin Tae-yong mengklaim tak ada masalah. Dia senang dengan sistem yang ada saat ini lantaran bisa memantau perkembangan pemain secara langsung.

Baca Juga

Pekerjaan tersebut tentu memudahkan pelatih berusia 52 tahun itu untuk mempromosikan pemain berbakat ke tim senior, apabila ada kesempatan. 

"Sampai saat ini sih tak ada masalah. Dengan begitu, memang bisa menemukan bentuk sepak bola Indonesia," kata Shin Tae-yong, Jumat (7/6/22). 

Baca Juga

"Saya memang merasa capek. Tapi bagus, mulai dari usia dini U-20 dan senior. Sistem seperti ini harus dikembangkan lebih, jadi walaupun capek harus dibenahi," lanjutnya. 

Sekadar mengingatkan, PSSI telah memastikan Shin Tae-yong akan tetap menangani timnas Indonesia U-20 dan senior melalui Ketum Iwan Bule. 

Baca Juga

Namun, untuk U-23 kemungkinan dialihkan sementara ke tangan pelatih lain karena Shin diminta memusatkan perhatian ke Piala Dunia U-20 dan Piala Asia 2023. 

Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir pada 16 Juni-16 Juli tahun depan, sedangkan Piala Dunia U-20 bisa saja dimainkan 20 Mei-12 Juni (mengacu jadwal 2021 sebelum batal karena pandemi). 


1. Cari Skema Terbaik

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Untuk itu, Shin Tae-yong mengatakan akan mencari skema terbaik untuk timnas Indonesia U-20 dan senior. Dia tak masalah dua kejuaraan itu digelar berdekatan. 

Baca Juga

"Kami memang sudah melangkah ke Piala Asia 2023 dan baru lolos, jadi belum berpikiran ke depannya bagaimana," tutur Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Pastinya kedua tim ini (U-20 dan senior) akan dikontrol dengan baik dan dari sekarang membuat ide dan road map yang baik bagi dua tim ini," jelasnya. 


2. Fokus Timnas U-19

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Setelah berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023, Shin Tae-yong langsung fokus ke U-20 karena ada dua turnamen dalam waktu dekat, yakni Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Piala AFF dimainkan pada 2-15 Juli dan Kualifikasi Piala Asia 2023, pada 14-18 September 2022. Indonesia juga jadi ruan rumah dua event tersebut. 

PSSITimnas IndonesiaPiala Asia 2023Liga IndonesiaPiala AsiaBola IndonesiaMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne Football

Berita Terkini