x

Jelang Kontra Vietnam, Shin Tae-yong Beberkan Kelemahan Timnas Indonesia U-19

Selasa, 28 Juni 2022 19:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22). Latihan awal yang diikuti sebanyak 30 pemain ini sebagai persiapan tim menuju Piala AFF U-19 2022.

FOOTBALL265.COM - Sudah jalani dua laga uji coba melawan tim lokal, Shin Tae-yong beberkan sejumlah kelemahan Timnas Indonesia U-19 jelang turnamen Piala AFF U-19 2022. 

Timnas Indonesia U-19 akan melawan Vietnam di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 pada 2 Juli di Stadion Patriot, Bekasi. Laga ini diprediksi tidak mudah bagi tim Garuda Nusantara. 

Empat hari jelang pertandingan tersebut, pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong, mengatakan masih ada kekurangan di skuadnya. Ada beberapa hal yang wajib dibenahi. 

Baca Juga

Satu hal yang jadi sorotan utama adalah organisasi permainan. Shin Tae-yong belum cukup puas, setelah melihat dari dua laga uji coba. 

"Jadi memang fokusnya untuk organisasi. Jadi secara organisasi memang masih merasa kurang, apalagi organisasi open dan defend gitu, dan sekalian taktik juga akan diberi warna yang lebih jelas," ujar Shin Tae-yong. 

Shin Tae-yong melihat kekurangan itu setelah pimpin dua laga uji coba Timnas U-19 kontra tim muda Persija Jakarta (imbang 0-0) dan kalah 0-1 dari Bhayangkara FC. 

Baca Juga

Untuk itu, juru taktik 52 tahun itu berusaha membenahi di latihan. Shin Tae-yong meminta para pemain untuk menjaga zona dan tidak membiarkan lawan bebas mengoper bola ketika dalam posisi bertahan. 

Shin Tae-yong juga menginstruksikan Ronaldo Kwateh dkk, agar lebih percaya diri. Mereka tidak boleh takut terhadap lawan, sekali pun kualitas lawan lebih baik. 

"Posisi bola di mana, kalian juga bergerak. Dua tiga meter saja bergerak, kalian percaya diri saja berani ambil posisi, jangan bingung, harus percaya diri," tegas Shin Tae-yong saat pimpin latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta. 

Meski demikian, Shin Tae-yong optimistis performa pemain Timnas U-19 akan capai puncak di Piala AFF nanti. Masih ada waktu untuk membenahi kekurangan yang ada. 

Pada ajang Piala AFF U-19, Indonesia berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B diisi Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja dan Singapura. 

Baca Juga

Baik PSSI maupun Shin Tae-yong menargetkan Timnas U-19 jadi juara di Piala AFF U-19 2022. Ajang ini sekaligus pemanasan sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. 

Pada pemusatan latihan kali ini, Shin Tae-yong memanggil 30 pemain plus tiga pemain keturunan. Tapi, hanya 23 yang dibawa ke Piala AFF U-19 2022 dan dipastikan tanpa pemain keturunan. 


1. PSSI Bakal Liburkan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan mendapatkan cuti pada bulan Juli mendatang. Nantinya Shin Tae-yong akan kembali ke negara asalnya, Korea Selatan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang menjalani periode padat bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

Agenda padat memang harus dijalani Shin Tae-yong karena memang dirinya menangani tiga kelompok umur Timnas Indonesia. Dari Timnas Indonesia U-19, Timnas Indonesia U-23 hingga Timnas Indonesia senior.

Setelah melalui agenda padat bersama Timnas Indonesia sejak tahun lalu, PSSI pun memberikan libur khusus kepada Shin Tae-yong.

Namun sebelum cuti, Shin Tae-yong akan mengarungi perhelatan Piala AFF U-19 pada 2 hingga 15 Juli.

Baca Juga

"Kami akan kasih cuti untuk STY (Shin Tae-yong) bulan Juli, kasihan juga dia mesti pulang ke Korea Selatan untuk bertemu keluarganya," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Memang selepas perhelatan Piala AFF U-19, Shin Tae-yong bisa bernapas karena event selanjutnya yakni di bulan September di mana  agenda selanjutnya adalah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 10-18 September 2022.

Setelah itu Shin Tae-yong bakal memimpin Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday yang akan berlangsung pada 19-27 September 2022.

Baca Juga

Di perhelatan Piala AFF U-19 sendiri Timnas Indonesia tergabung di grup A. Nantinya Skuat Garuda Nusantara akan bersaing dengan Vietnam, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam dan Myanmar.


2. 3 Alasan Vietnam Jadi Lawan Mengerikan di Piala AFF U-19

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (21/06/22). Latihan awal yang diikuti sebanyak 30 pemain ini sebagai persiapan tim menuju Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia bakal menghadapi Vietnam di penyisihan grup Piala AFF U-19 2022 pada bulan Juli mendatang. Sebagai tuan rumah Grup A, skuat Garuda Muda tentu membidik hasil maksimal ketika menghadapi para rivalnya.

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup A bersama Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Berdasarkan jadwal Piala AFF U-19 2022, mereka akan bersua tim tangguh Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/22).

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tim sepak bola Vietnam memiliki reputasi yang apik di kancah Asia Tenggara. Pasalnya, Timnas Vietnam U-19 saat ini ditangani oleh Dinh The Nam, yang notabene bukan pelatih sembarangan.

Sejarah mencatat, ia adalah sosok di balik kesuksesan Vietnam menjuarai Piala AFF U-23 2022 awal tahun ini ketika Park Hang-seo ditugaskan untuk fokus ke tim senior.

Baca Selengkapnya: Timnas Indonesia Waspada, 3 Alasan Vietnam Jadi Lawan Mengerikan di Piala AFF U-19

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini