x

3 Tim yang Berpotensi Menghadang Laju Timnas Indonesia di Babak Grup Piala AFF U-19

Rabu, 29 Juni 2022 16:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Skuat Timnas Indonesia U-19. Foto: PSSI

FOOTBALL265.COM – Berikut tiga tim yang bisa gagalkan mimpi Timnas Indonesia U-19 lolos fase grup Piala AFF U-19 2022 pada Juli nanti.

Seperti yang diketahui, dalam waktu dekat Indonesia akan menggelar event tahunan antar negara-negara Asia Tenggara bertajuk Piala AFF U-19.

Baca Juga

Pada edisi 2022 ini atau edisi ke-18, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah, di mana ajang ini akan digelar di Jakarta dan Bekasi.

Indonesia selaku tuan rumah, tentu akan mencoba meraih gelar juara di perhelatan kali ini dan mengulang kisah sukses di 2013 silam.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-19 pernah menjuarai Piala AFF U-19 pada 2013 lalu saat masih diasuh oleh Indra Sjafri.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 angkatan Evan Dimas dkk itu berhasil keluar sebagai juara di kandang sendiri, atau saat Indonesia menjadi tuan rumah.

Dengan pencapaian yang telah didapat generasi sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 maupun Shin Tae-yong pun berharap bisa mengulangi pencapaian tersebut.

Apalagi ditambah dengan adanya tuntutan dari PSSI yang mematok target skuat Garuda Muda menjadi kampiun di tanah sendiri.

Baca Juga

Namun dalam usahanya meraih gelar juara, Timnas Indonesia U-19 harus melewati lawan-lawan sulit di babak grup. Kebetulan, tim Merah Putih tergabung di grup neraka pada ajang ini.

Pada babak grup yang akan dimulai 2 Juli nanti, Timnas Indonesia U-19 setidaknya harus mewaspadai tiga lawan yang berpotensi menghadang skuat Garuda Muda di fase grup. Siapa sajakah mereka?


1. 1. Vietnam

Syahrian Abimayu (belakang) dihalau oleh dua pemain Vietnam.

Vietnam diyakini akan menjadi lawan terberat Timnas Indonesia U-19 sepanjang gelaran Piala AFF U-19 2022 nanti, terhitung sejak babak grup.

Anak asuh Dinh The Nam ini merupakan salah satu tim terkuat yang diprediksi bisa meraih gelar juara di kompetisi ini.

Baca Juga

Seperti diketahui, Vietnam tengah mengalami perkembangan pesat di kancah sepak bola, dan jauh meninggalkan rival-rivalnya di Asia Tenggara.

Kemajuan sepak bola Vietnam sendiri berbanding lurus dengan regenerasi di tubuh timnya yang banyak melahirkan pemain muda berbakat.

Di Piala AFF U-19 ini, Dinh The Nam selaku pelatih memanggil setidaknya 27 pemain, di mana emat di antaranya sebagai pemain darurat jika ada pemainnya yang terkena Covid-19.

Baca Juga

Vietnam sendiri punya kiprah mentereng di Piala AFF U-19. Meski hanya sekali juara, tercatat The Golden Star tercatat 13 kali menembus semifinal dan 4 kali mencapai final.

Meski di ajang ini Vietnam tak mematok target tinggi, tradisi lolos ke semifinal dan final pun akan coba dilanjutkan oleh generasi barunya saat ini pada Piala AFF U-19 mendatang.


2. 2. Thailand

Dua pemain Qatar kawal ketat lawan tangah menggiring bola.

Selain Vietnam, ada Thailand yang juga tergabung di grup A bersama Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF U-19 2022 ini.

Thailand merupakan negara tersukses di kancah Piala AFF U-19 dengan meraih lima gelar dan 12 kali mencapai babak semifinal dalam 17 kali kesertaannya.

Baca Juga

Di edisi 2022 ini, Thailand akan mencoba mempertahankan statusnya sebagai kampiun terbanyak sekaligus menambah perolehan gelar.

Pelatih Thailand, Salvador Valero Garcia, bahkan menatap ajang ini secara serius. Hal ini terbukti dari pemanggilan Nathan Jones yang merupakan bek muda milik klub Liga Inggris, Burnley.

Selain itu, Valero Garcia dan anak asuhnya telah memiliki persiapan matang. Ia pun merasa percaya diri anak asuhnya bisa menghabisi seluruh lawan di grup A, termasuk Indonesia.

Baca Juga

Persiapan matang ini terlihat dari laga uji coba yang dijalani Thailand, di mana mereka mampu menang atas lawan-lawannya.

Hal ini berbanding terbalik dengan Timnas Indonesia U-19 yang bermain imbang 0-0 dengan tim muda Persija Jakarta dan kalah 0-1 dari Bhayangkara FC.


3. 3. Myanmar

Myanmar keluar sebagai runner up Piala AFF U-19 usai mengalahkan Malaysia.

Timnas Indonesia memang punya catatan apik kala bertemu Myanmar, entah itu tim senior maupun tim kelompok umurnya.

Tapi di Piala AFF U-19 ini, Timnas Indonesia U-19 wajib berhati-hati dengan lawan satu ini, mengingat tak banyak info yang dimiliki oleh Myanmar U-19.

Baca Juga

Myanmar sendiri juga tengah mengalami perkembangan pesat di kancah sepak bola. Untuk level tim mudanya, tim berjuluk The Asian Lions punya rekam jejak mentereng di Piala AFF U-19.

Tercatat Myanmar mampu menjuarai ajang Piala AFF U-19 sebanyak dua kali, atau satu gelar lebih banyak dari yang diraih Indonesia.

Baca Juga

Dalam partisipasinya di Piala AFF U-19, Myanmar tercatat 9 kali menembus babak semifinal, dengan dua kali menjadi juara dan dua kali menjadi Runner Up.

Catatan apik ini pun menjadi alarm agar Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-19 tak memandang remeh Myanmar di fase grup Piala AFF U-19 2022 nanti.

PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Sepak BolaShin Tae-yongOne FootballPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini