x

Murkanya Shin Tae-yong Pemain Timnas Indonesia U-19 Di-bully di Media Sosial

Selasa, 5 Juli 2022 13:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, kembali murka akan perundungan yang diterima oleh anak asuhnya, Selasa (05/07/22), lewat media sosial.

Penggawa Timnas Indonesia U-19 memang mendapat bully-an oleh netizen Indonesia usai bermain imbang 0-0 melawan Vietnam di laga perdana grup A Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Pada laga melawan Vietnam, penggawa Timnas Indonesia U-19 bermain apik. Sayang memang sejumlah peluang yang tercipta gagal menjadi gol.

Namun memang sorotan netizen tertuju pada sosok Ronaldo Kwateh yang dinilai terlalu egois. Terkait dengan bully-an netizen, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-19 angkat suara.

Shin Tae-yong kesal begitu tahu anak asuhnya mendapat hujatan. Baginya seharusnya mereka tetap mendapat dukungan dari pencinta sepakbola Indonesia.

Baca Juga

Meskipun dia sadar kritik tersebut karena saking cintanya suporter Timnas Indonesia U-19. Namun patut diingat usia para pemainnya masih sangat muda. Sehingga dengan tidak mungkin bully-an tersebut bisa saja mengganggu mental mereka.

"Soal di-bully, karena masyarakat cinta Indonesia. Ada baiknya beri dukungan penuh daripada di-bully di medsos," ucap Shin Tae-yong.

"Seharusnya kami didukung saja," tambah pelatih asal Korea Selatan ini.

Baca Juga

Memang penampilan Timnas Indonesia U-19 berhasil memikat di laga kedua grup A Piala AFF U-19. Timnas Indonesia U-19 mampu menang besar 7-0 saat menghadapi Brunei Darussalam, Senin (05/07/22) malam.


1. Shin Tae-yong Masih Belum Puas

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

Moto pantang merasa puas terlalu cepat masih dipegang oleh Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-19 2022.

Kendati Garuda Muda baru saja membantai Brunei Darussalam 7-0 berkat penampilan individu brilian Hokky Caraka, tetapi juru taktik asal Korea Selatan itu masih merasa ada kekurangan yang harus ia perbaiki.

Baca Juga

Bermain di hadapan publik Stadion Patriot Candrabhaga pada Senin (04/07/22) lalu, Timnas Indonesia dibebani untuk wajib menang usai pada matchday pertama ditahan imbang Vienam tanpa gol.

Kendati demikian mereka justru tampil sangat apik terutama di babak pertama di mana enam gol sudah bersarang di gawang Brunei yang dikawal Danish Aiman.

Gol Nico jadi satu-satunya yang tercipta di paruh kedua pertandingan. Kemungkinan besar pergantian sejumlah pemain yang dilakukan Shin Tae-yong pascaturun minum jadi alasan macetnya keran gol Garuda Muda.

Baca Juga

Bisa jadi inilah penyebab kenapa juga Shin Tae-yong merasa belum puas sepenuhnya dengan performa yang ditunjukkan kontra Brunei.

Terlihat masih ada gap antara tim utama dan cadangan namun eks bos Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu enggan mendiskriminasi skuatnya dengan membagi ke dalam dua kategori tersebut.

Shin Tae-yong berharap jika nantinya semua kekuarangan bisa dikikis saat timnas Indonesia jumpa Thailand di matchday ketiga pada Rabu (06/07/22) mendatang.

"Pada babak kedua setelah pergantian pemain, organisasi kami tidak sebaik babak sebelumnya," beber Shin Tae-yong seperti yang dikutip dari Antara.

Baca Juga

"Selain itu konsentrasi juga menurun. Secara kualitas, semua pemain sama. Tidak ada pemain yang bagus atau jelek di dalam tim," lanjutnya lagi.

"Itulah kenapa di sini tidak ada (istilah) pemain inti atau pelapis," tambah pelatih kharismatik berusia 51 tahun itu.


2. Klasemen Sementara Piala AFF U-19 2022

Logo Piala AFF u19 2022.

Berikut ini klasemen sementara fase penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, di mana Timnas Indonesia U-19 merangsek ke posisi kedua usai berpesta gol.

Timnas Indonesia baru saja menikmati pesta gol melawan Brunei Darussalam di laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (04/07/22).

Timnas Indonesia U-19 yang mengincar kemenangan usai main imbang lawan Vietnam di laga perdana bermain beringas sejak menit pertama.

Serangan bertubi-tubi langsung dilancarkan Marselino Ferdinan dkk. Hasilnya, mereka langsung unggul 6-0 di babak pertama atas Brunei Darussalam.

Ada pun enam gol tersebut dicetak empat sekaligus oleh Hokky Caraka (2’, 14’, 18’, 45+2’), Ronaldo Kwateh (11’), Arkhan Fikri (20’), dan Nico (61’).

Baca Selengkapnya: Klasemen Sementara Piala AFF U-19 2022: Timnas Indonesia U-19 Buntuti Thailand

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini