x

Logis! Wejangan Fakhri Husaini untuk Timnas U-19 yang 'Dikerjai' Vietnam dan Thailand

Senin, 11 Juli 2022 17:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Fakhri Husaini memberikan wejangan untuk para pemain Timnas Indonesia U-19 yang baru saja 'dikerjai' oleh Timnas Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COMFakhri Husaini memberikan wejangan untuk para pemain timnas Indonesia U-19 yang baru saja 'dikerjai' oleh Timnas Vietnam dan Thailand yang diduga memainkan 'sepak bola gajah' di Piala AFF2022.

Baru-baru ini pecinta sepak bola Asia digemparkan dan dibuat geram dengan adanya dugaan praktik sepak bola gajah.

Baca Juga

Dugaan tersebut terjadi saat laga antara Vietnam vs Thailand yang berakhir dengan skor imbang 1-1 di matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 pada Minggu (10/07/22) malam WIB.

Dalam laga tersebut, kedua kubu terlihat tidak berniat untuk memenangi pertandingan saat bermain di Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Kemudian juga terjadi peristiwa janggal lainnya, seperti kedua kubu kompak melakukan pergantian pemain yang sangat lama. Berulang kali juga tim medis mondar mandir masuk lapangan untuk merawat mereka yang tampak 'cedera'.

Baca Juga

Adanya peristiwa janggal ini pun tak secara langsung merugikan timnas Indonesia U-19, yang juga bertanding melawan Myanmar di matchday terakhir Grup A.

Timnas Indonesia U-19 sukses mendulang kemenangan telak 5-1 atas Myanmar. Namun sayang, pil pahit harus ditelan skuad Garuda karena gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Sebenarnya Indonesia, Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi 11 poin di klasemen akhir Grup A. Pasukan Shin Tae-yong juga unggul dalam jumlah produktivitas gol.

Baca Juga

Namun apes bagi Ronaldo Kwateh dkk setelah regulasi jadul AFF menyatakan kalau timnas Indonesia U-19 kalah dalam head to head.

Dalam mini klasemen antara ketiga tim tersebut, pasukan Shin Tae-yong berada di paling akhir karena gagal mencetak gol saat bersua Thailand dan Vietnam di Piala AFF U-19.


1. Wejangan dari Fakhri Husaini

Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Tentu saja peristiwa ini membuat banyak fans Garuda di media sosial marah besar. Mereka menyalahkan regulasi AFF dan sikap tidak fairplay di duel Vietnam vs Thailand.

Kedua raksasa ASEAN ini diduga melakukan praktik kotor yakni sepak bola gajah. Pasalnya, setelah keadaan imbang 1-1 Vietnam terlihat hanya melakukan passing di sektor pertahan, tanpa berusaha untuk menyerang Thailand pada 10 menit terakhir.

Baca Juga

Di sisi lain, adanya praktik sepak bola gajah membuat sejumlah pihak ikut menyoroti insiden ini. salah satunya ialah mantan pelatih Timnas Indonesia, Fakhri Husaini.

Melalui akun Instagram pribadinya, Fakhri Husaini memberikan wejangan yang tergolong logis untuk Skuat Garuda Nusantara

Selain itu, Fakhri Husaini juga tak lupa memberikan apresiasi kepada pemain timnas Indonesia U-19 yang sudah berjuang, dan berusaha mengharumkan nama Indonesia meski pada akhirnya gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

“Pelajaran berharga malam ini: MENANGkanlah semua laga, agar nasib tim kita tidak ditentukan oleh tim lain,” tulis Fakhri Husaini.

“Terima kasih atas semangat, kerja keras dan perjuangannya. Tidak perlu larut dalam kesedihan, hadapi hasilnya dengan elegan, karena sepakbola hanya untuk para pemberani dan pejuang sejati,” tambahnya.


2. Keuntungan Timnas Indonesia

Para pemain Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

Berikut tiga keuntungan yang didapatkan timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2022 meski langkah mereka terhenti di fase grup.

Timnas Indonesia U-19 harus menerima kenyataan sulit usai gagal melangkah ke semifinal Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Tanah Air.

Kepastian gagalnya Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal dipastikan usai Vietnam dan Thailand yang saling berhadapan, justru bermain imbang 1-1.

Baca selengkapnya: 3 Keuntungan yang Didapat Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 meski Gagal Lolos ke Semifinal

VietnamThailandFakhri HusainiSepakbola GajahBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Piala AFF U-19 2022

Berita Terkini