x

4 Bintang Timnas Indonesia yang Lahir dari Piala AFF U-19, Bisa Jadi Andalan di Piala Dunia U-20

Selasa, 12 Juli 2022 17:55 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Myanmar Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

FOOTBALL265.COM - Terdapat sisi positif di balik kegagalan Timnas Indonesia U-19 melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 yakni kemampuan sejumlah pemain meningkat. Empat di antaranya bahkan jadi tulang punggu Skuad Garuda Nusantara.

Timnas Indonesia U-19 harus menelan pil pahit kala berpartisipasi di Piala AFF U-19 2022. Mereka tersingkir meski selama di babak penyisihan Grup A tak pernah mengalami kekalahan.

Baca Juga

Kegagalan Timnas Indonesia U-19 ke semifinal, lantaran mereka kalah head to head oleh Vietnam dan Thailand. Meski unggul selisih gol.

Sederhannya, Timnas Indonesia U-19 hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan Vietnam dan Thailand 0-0, sedangkan kedua negara itu bisa mencetak gol, sehingga unggul produktivitas head to head.

Pertandingan imbang 1-1 Vietnam melawan Thailand terjadi di laga pamungkas Grup A, Minggu (10/07/22) lalu.

Baca Juga

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-19 menang 5-1 atas Myanmar. Tambahan tiga poin membuat Skuad Garuda Nusantara bertengger di peringkat ke-3, di bawah Vietnam (1) dan Thailand (2).

Ketiga negara itu sama-sama memiliki 11 poin tapi Vietnam dan Thailand unggul head to head atas Timnas Indonesia U-19, sehingga layak melaju ke babak semifinal.

Kekecewaan jelas menyelimuti hati para pemain dan juga pendukung Timnas Indonesia U-19, terlebih lagi ajang Piala AFF U-19 ini digelar di Tanah Air.

Baca Juga

Kendati demikian, tersingkirnya Timnas Indonesia U-19 tak perlu disesali cukup dalam. Sebab mereka harus segera bangkit, untuk mempersiapkan diri jelang tampil di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Selain itu, ada juga sisi positif lain untuk Timnas Indonesia U-19 dari ajang Piala AFF U-19 2022 ini, salah satunya kemampuan para pemain semakin meningkat.

Beberapa di antaranya bahkan jadi tulang punggung Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022, yang bisa dipertahankan untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Siapa saja mereka?


1. Cahya Supriadi

Kiper muda Persija Jakarta U-18, Cahya Supriadi.

Cahya Supriadi saat ini menjadi bintang andalan Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022, karena penampilan memukaunya di bawah mistar gawang.

Posisinya kian tak tergantikan, usai melakukan sejumlah penyelamatan krusial dalam lima pertandingan yang sudah dilakoni oleh Timnas Indonesia U-19 di Grup A.

Baca Juga

Tiga di antaranya bahkan gawangnya tak pernah kebobolan, dan hanya kemasukan dua kali. Melawan Vietnam (0-0), Brunei Darussalam (7-0), dan Thailanda (0-0). Sedangkan dua gol kemasukan terjadi saat berhadapan dengan Filipina (3-1) dan Myanmar (5-1).

Performa terbaik Cahya Supriadi adalah saat Timnas Indonesia U-19 berhadapan dengan Thailand. Ia melakukan lima kali penyelamatan.

Baca Juga

Penjaga gawang asal Persija Jakarta itu mendapatkan pujian dari pelatih Thailand, Salvador Valero Garcia berkat penampilan heroiknya untuk Timnas Indonesia U-19.

Sebelumnya Cahya Supriadi sempat membela Timnas Indonesia U-23, namun diturunkan oleh pelatih Shin Tae-yong karena usianya masih cukup 19 tahun.

Baca Juga

Cahya Supriadi bermain beberapa kali dalam rangkaian uji coba Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan pada Maret-April 2022, dan juga turnamen Toulon 2022 di Prancis.


2. Marselino Ferdinan

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Marselino Ferdinan jadi salah satu pemain di Timnas Indonesia U-19 yang tampil menonjol pada Piala AFF U-19 2022 ini.

Bagaimana tidak, performanya mengundang banyak pujian, karena bermain dengan visi yang jelas.

Baca Juga

Hal itu sudah ia perlihatkan saat laga perdana melawan Vietnam di Grup A Piala AFF U-19 2022.

Beberapa peluang berbahaya ia ciptakan, sayang tak ada yang berbuah gol. Seperti di babak kedua salah satu peluangnya ketika ia melepaskan tembakan ke arah gawang tapi hanya menyentuh mistar.

Di dua laga selanjutnya pun ia kembali melanjutkan performa apiknya saat melawan Brunei Darussalam dan Thailand.

Baca Juga

Sayang, para publik Tanah Air harus rela tak lagi melihat aksi Marselino Ferdinan di Piala AFF U-19 2022 ini, karena sang pemain harus menepi hingga dua bulan akibat cedera.

Marselino Ferdinan mengalami cedera pada menit ke-41, saat Indonesia berhadapan dengan Thailand,  setelah mencoba mengirim umpan ke sisi pertahanan timnas U-19 Indonesia dengan backheel.

Namun setelah itu, Marselino justru langsung terkapar di atas lapangan dan membuat tim medis bergegas masuk guna memberi pertolongan.

Baca Juga

Sempat melanjutkan pertandingan, meski pada akhirnya rasa sakit membuatnya tak bisa bertahan lebih lama dan ditarik keluar digantikan Muhammad Ferrari.

Arkhan Fikri

Cederanya Marselino Ferdinan menjadi berkah tersendiri bagi pemain lain, salah satunya adalah Arkhan Fikri. 

Ia tampil apik untuk menjadi pengganti peran Marselino di lini tengah. Tugasnya menyuplai bola ke lini depan dan juga menjegal kreativitas lawan, mampu diembannya dengan baik.

Ia juga kerap mambantu lini depan dengan muncul dari second line untuk memecah kebuntuan, dengan tendangan keras akuratnya.

Sosoknya mengingatkan para pecinta sepak bola Nasional dengan Muhammad Hargianto pada Piala AFF U-19 2013 lalu.


3. Rabbani Tasnim

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Myanmar Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

Rabbani Tasnim merupakan pemain kelahiran Bekasi pada 26 Mei 2003 atau 19 tahun silam. Bakatnya tercium saat ia mengikuti turnamen U-14, dan masuk dalam skuad Indonesia yang tampil di ajang Gothia Cup di Swedia pada 2018 lalu.

Pemain berpostur 1,8 meter ini mampu tampil apik di ajang Gothia Cup 2018 di Swedia, dengan membukukan satu gol.

Baca Juga

Perjalanan Rabbani Tasnim tidak begitu saja moncer tampil di sebuah turnamen. Ia sebelumnya menimba ilmu di SKO Ragunan, dan kini bergabung dengan salah satu klub Liga 1 Borneo FC sejak 2021 lalu.

Dilansir dari Transfermarkt, Rabbani Tasnim sempat mencicipi debut senior bersama Borneo FC, yakni kala tampil di Piala Menpora 2021 melawan Persija Jakarta.

Selama bergabung dengan Timnas Indonesia U-19, Rabbani Tasnim sudah beberapa kali mengikuti pemusatan latihan (TC) salah satunya di Turki.

Baca Juga

Kiprahnya selama mengikuti pemusatan latihan dan uji coba membuat pelatih Shin Tae-yong terkesan dengan talentanya, dan dibawa masuk dalam daftar pemain Piala AFF U-19 2022.

Dengan penampilannya sejauh ini, besar kemungkinan Rabbani Tasnim dipilih kembali oleh Shin Tae-yong untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Di Piala AFF U-19 2022 sendiri dirinya tampil cukup produktif dengan kemasan 4 gol bersama kompatriotnya, Hokky Caraka dalam daftar pencetak gol terbanyak atau top skorer.

VietnamThailandTimnas Indonesia U-19TRIVIAMarselino FerdinanArkhan FikriPiala AFF U-19 2022Cahya SupriadiRabbani Tasnim

Berita Terkini