x

5 Fakta Mencengangkan Jelang Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar di Piala AFF U-16 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 10:06 WIB
Editor: Juni Adi
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam pada laga fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (06/08/22).

FOOTBALL265.COM -  Berikut sejumlah fakta menarik jelang pertemuan Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022 hari ini.

Duel seru tersaji di pertandingan babak semifinal Piala AFF U-16 2022 antara tuan rumah Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Rabu (10/08/22) malam WIB.

Baca Juga

Skuad Garuda Asia melaju ke babak semifinal setelah mereka tampil apik di babak penyisihan grup, lolos dengan status juara Grup A.

Dari tiga pertandingan, Timnas Indonesia U-16 berhasil menyapu bersih semua laga dengan kemenangan alias belum tersentuh kekalahan.

Mereka menang atas Filipina 2-0 di pertandingan perdana Grup A Piala AFF U-16 2022, lalu pesta gol atas Singapura dengan skor 9-0, dan terakhir menang 2-1 atas tim kuat Vietnam.

Baca Juga

Nilai sempurna 9 poin membawa Timnas Indonesia U-16 lolos ke babak semifinal dengan status juara grup.

Di semifinal mereka akan ditantang oleh kuda hitam Myanmar, yang lolos setelah mampu bertengger di puncak klasemen akhir grup C.

Kiprah Myanmar di ajang ini cukup mengejutkan. Mereka mengalahkan Australia di partai perdana, lalu menahan imbang 1-1 Malaysia dan menang atas Kamboja 1-0.

Meski begitu, pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti menyatakan timnya siap menghadapi partai semifinal Piala AFF U-16 2022 hari ini.

Baca Juga

Bima bahkan sudah siap dengan situasi apa pun, termasuk jika laga harus diselesaikan lewat babak adu tendangan penalti.

"Ya, yang pasti semua pelatih mempersiapkan untuk 90 menit atau penalti. Kita sudah latihan juga. Yang paling penting mental. Kita kepengennya ya menang dalam 90 menit, pasti semuanya sama," kata Bima dalam sesi konferensi pers sebelum laga.

Bima mengaku sudah memberikan tugas khusus kepada asistennya di Timnas Indonesia U-16 untuk memantau pertandingan Myanmar. Ia pun sudah mengantongi kunci permainan mereka.

"Untuk Myanmar, saya sudah tugaskan asisten pelatih untuk melihat permainan mereka di babak penyisihan. Mereka tim yang bagus," kata Bima.

Jelang pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 vs Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022 berikut beberapa fakta menariknya:


1. Sapu Bersih Kemenangan

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam pada laga fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (06/08/22).

Timnas Indonesia U-16 satu-satunya tim yang mampu meraih kemenangan sempurna di babak penyisihan grup Piala AFF U-16 2022, sebelum memastikan diri lolos ke semifinal.

Tiga pertandingan dilaluinya dengan kemenangan. Pertama Timnas Indonesia U-16 melibas Filipina dengan skor 2-0.

Baca Juga

Laga perdana  itu sejatinya bisa berakhir dengan skor telak, karena Timnas Indonesia U-16 mampu menciptakan sejumlah peluang tapi belum bisa dimanfaatkan.

Buruknya penyelesaian akhir melawan Filipina, mampu dibenahi oleh pelatih Bima Sakit. Hal itu terlihat di partai kedua melawan Singapura.

Timnas Indonesia U-16 meraih kemenangan telak dengan skor 9-0. Semua pemain tampil bersinar tapi satu nama jadi bintang lapangan yakni Nabil Asyura dengan mencetak tiga gol.

Baca Juga

Mental juara Timnas Indonesia U-16 semakin terasah ketika berhadapan dengan Vietnam di partai ketiga.

Mereka menang tipis 2-1. Padahal Timnas Indonesia U-16 sempat tertinggal lebih dahulu di babak pertama. Lewat gol Nguyen Chong Phoung menit ke-41.

Akan tetapi di babak kedua, Timnas Indonesia U-16 bermain lebih baik. Hasil mereka berbalik unggul jadi 2-1 melalui gol Arkhan Kaka dan Nabil Asyura.

Baca Juga

Nama terakhir yang kembali bersinar karena mencetak gol penentu kemenangan, membuat Nabil Asyura masuk dalam jajaran top skor.

Dengan 4 gol bersama pemain Timor Leste, Alexandro Lemos dan pemain Vietnam, Phan Thanh Duc Thien.

Timnas Indonesia U-16 Paling Produktif

Timnas Indonesia U-16 jadi negara yang paling subur di Piala AFF U-16 2022 sejauh ini. Total mereka sudah mengoleksi 13 gol.

Adapun nama-nama yang sudah menyumbang gol untuk Merah Putih di ajang ini adalah Nabil Asyura (4 gol), Arkhan Kaka (2 gol), Kafiatur Rizky (2 gol).

Lalu ada I Komang Ananta Krisna, Hanif Ramadhan, Riski Afrizal, dan Waily Marifat yang masing-masing mencetak satu gol. Satu gol lainnya dibuat oleh pemain Filipina, alias gol bunuh diri.


2. Timnas Indonesia U-16 Paling Kokoh

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam pada laga fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (06/08/22).

Timnas Indonesia U-16 selain sangat produktif, mereka juga sangat solid di lini pertahanan. Dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni, mereka baru kebobolan satu gol.

Satu gol itu terjadi saat Timnas Indonesia U-16 melawan Vietnam di pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A, dengan kemenangan 2-1 untuk Skuad Garuda Asia.

Catatan kebobolan Indonesia lebih baik ketimbang Thailand dan Laos di Grup B yang dua kali kebobolan.

Pemain Timnas Indonesia U-16 Masuk Top Skor

Ada satu pemain Timnas Indonesia U-16 yang namanya bersinar di Piala AFF U-16 2022 ini, dia adalah Nabil Asyura.

Pemain asal Payakumbuh, Sumatera Barat itu telah mencetak 4 gol dalam tiga pertandingan.

Ia dipepet dengan dua nama lainnya yang saat ini juga punya koleksi 4 gol, yakni Alexandro Lemos dari Timor Leste dan Phan Thanh Durc Thien dari Vietnam.

Akan tetapi karena Timor Leste tak bisa lolos ke semifinal, persaingan hanya datang dari Phan Thanh Durc Thien karena The Young Golden Star masih berkiprah di Piala AFF U-16 2022 ini.

Myanmar Tampil Mengejutkan

Timnas Myanmar U-16 tampil mengejutkan di Piala AFF U-16 2022 ini. Mereka di laga perdana mampu mengalahkan favorit juara Australia dengan skor 3-2.

Selain itu, Myanmar juga sukses menahan imbang 1-1 Malaysia, sebelum di laga terakhir menang 1-0 atas Kamboja dan lolos ke babak semifinal.

MyanmarTimnas Indonesia U-16Bola InternasionalOne FootballPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini