x

Stadion Gelora Bung Tomo Batal Gelar Piala Dunia U-20? Begini Jawaban PSSI

Selasa, 16 Agustus 2022 17:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Salah satu venue Piala Dunia U-20, Gelora Bung Tomo (GBT) dapat banyak catatan dari FIFA saat dilakukan inspeksi beberapa waktu lalu.

FOOTBALL265.COM - Salah satu venue Piala Dunia U-20, Gelora Bung Tomo (GBT) dapat banyak catatan dari FIFA saat dilakukan inspeksi beberapa waktu lalu. 

Stadion klub Persebaya Surabaya di kompetisi Liga 1 itu disebut bisa saja gagal jadi tuan rumah jika tak segera berbenah. 

Baca Juga

Perwakilan FIFA, menyoroti masalah utama stadion tersebut, yakni lalu lintas menuju venue.

Lalu bau dari TPA Benowo yang kini sudah teratasi setelah ditutup dengan geomembran dan dilakukan penyemprotan anti bau secara rutin.

Tak hanya itu, FIFA juga meminta adanya pembangunan tangga lapangan, pemasangan permanen area kamera, penambahan area difabel, dan penambahan genset cadangan.

Baca Juga

Menanggapi rumor yang beredar, Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan lantas menjelaskan jika GBT sejauh ini masih jadi salah satu pilihan venue.

Belum ada keputusan dari FIFA jika Stadion GBT batal menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2023, dan PSSI masih terus lakukan komunikasi.

Baca Juga

"Belum (ada keputusan), nanti kita tunggu perkembangan dari FIFA, kita harus ada surat resmi dari FIFA. Enam-enamnya masih dalam form di FIFA," kata Ketum PSSI.

"Apapun hasilnya, itu hak FIFA untuk bisa menentukan venue di mana. Yang jelas kita sudah maksimal mempersiapkannya," imbuhnya.


1. 6 Stadion Terbaik

Salah satu venue Piala Dunia U-20, Gelora Bung Tomo (GBT) dapat banyak catatan dari FIFA saat dilakukan inspeksi beberapa waktu lalu.

Untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang, PSSI telah resmi mengajukan sebanyak enam stadion terbaik yang ada di Indonesia. 

Selain GBT, ada lima stadion lainnya yakni Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Jakabaring (Palembang).

Baca Juga

Stadion GBT yang memiliki kapasitas 46.806 itu juga baru selesai direnovasi untuk keperluan Piala Dunia U-20 2023.

Tapi ternyata FIFA menilai masih ada beberapa kekurangan yang harus segera diperbaiki demi kenyamanan para perserta negara.

FIFA secara resmi telah mengumumkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia akan berlangsung pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Akan ada 24 negara yang bertarung, termasuk Indonesia. 

Baca Juga

2. Optimis

Salah satu venue Piala Dunia U-20, Gelora Bung Tomo (GBT) dapat banyak catatan dari FIFA saat dilakukan inspeksi beberapa waktu lalu.

Delegasi FIFA, Roberto Grassi yang merupakan Direktur Kompetisi Usia Muda FIFA juga telah lakukan inspeksi pada Juni lalu di enam stadion di Indonesia untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023. 

Dia memuji persiapan yang dilakukan, meski ada beberapa hal yang harus ditingkatkan untuk memenuhi standar FIFA. 

"Masih ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi semua ini cukup menjanjikan dengan melihat bagaimana segala sesuatunya terbentuk. 

"Saya yakin bersama dengan panitia penyelenggara lokal, kami dapat menghasilkan turnamen yang sangat baik," ujar Grassi. 

PSSI sangat optimis bisa menjadi panitia lokal yang sukses untuk Piala Dunia U-20 2023. Federasi telah bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai pihak untuk menjamin kelancaran event dua tahunan itu. 

FIFAPSSIPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalStadion Gelora Bung Tomo

Berita Terkini