x

Resmi, FIFA Batalkan Laga Brasil vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 16:31 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akhirnya resmi membatalkan laga Brasil vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

FOOTBALL265.COM – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) akhirnya resmi membatalkan laga Brasil vs Argentina di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Duel Brasil dan Argentinan sendiri kala itu terjadi di Sao Paulo, Senin (06/09/21). Pertandingan tersebut sebenarnya sudah berjalan selama lima menit, akan tetapi setelah itu terhenti.

Baca Juga

Pertandingan tersebut tiba-tiba dihentikan lantaran adanya intervensi Ototritas Kesehatan Brasil (Anvisa) dan kepolisian setempat.

Mereka dialporkan menemukan adanya empat pemain Argentina yang melanggar protokol kesehataan saat kasus lonjakan Covid-19 sedang tinggi.

Keempat pemain Argentina tersebut diantaranya Emiliano Martinez, Amiliano Bendia, Giovani Lo Celso dan Cristian Romero.

Baca Juga

Sebenarnya, FIFA juga telah mendorong agar pertandingan di antara kedua kesebelasan bisa dijadwalkan ulang bulan depan.

Meskipun begitu, faktanya pertandingan antara Brasil dan Argentina yang dijadwalkan ulang dasarnya tidak akan memberikan efek berarti bagi kedua kesebelasan.

Baik Brasil maupun Argentina sendiri telah memastikan diri mereka lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar akhir tahun ini.

Baca Juga

Meski FIFA meminta untuk dijadwalkan ulang, pihak Konfederasi Brasil dan Argentina justru sama-sama menentang permintaan FIFA itu.

Mereka berargumen bahwa resiko cedera dan skorsing terlalu tinggi jika dilaksanakan dua bulan sebelum Piala Dunia 2022 dimulai.


1. Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar Diundur

Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar

Selain menjadwalkan ulang pertandingan Brasil dan Argentina, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) juga dilaporkan membuat perubahan terkait jadwal Piala Dunia 2022 Qatar.

Dilansir dari Marca, FIFA sedang memikirkan dan mempertimbangkan untuk meindahkan tanggal pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga

Piala Dunia 2022 yang sebelumnya dipastikan akan bergulir tanggal 21 November 2022 akan mengalami perubahan tanggal.

Perubahan tersebut didasari atas adanya tradisi yang sudah berlangsung sejak Piala Dunia di Jerman tahun 2006.

Tradisi tersebut berupa laga peresmian dan pembukaan yang seharusnya dimainkan pertama kali oleh tim tuan rumah.

Baca Juga

Jadwal saat ini, sebelum tuan rumah Qatar bertanding, laga Belanda vs Senegal dan Inggris vs Iran akan terlebih dahulu dilaksanakan.

Atas pertimbangan tradisi yang telah berlangsung turun-temurun di Piala Dunia, akhirnya pertandingan yang sebelumnya serentak dimulai tanggal 21 November 2022 akan digeser menjadi tanggal 20 November 2022.

Pada tanggal 20 November 2022 tuan rumah Qatar akan memulai pertandingan pertama mereka sekaligus menjadi pembukaan dan peresmian turnamen.

Baca Juga

Sedangkan, pertandingan antara Belanda vs Senegal akan tetap dilaksanakan di tanggal 21 November 2022 disusul pertandingan Inggris vs Iran.


2. UEFA Bela Hak-hak LGBT dan Pekerja

Logo Piala Dunia 2022

Jelang bergulirnya event sepak bola akbar Piala Dunia 2022, UEFA menyempatkan diri untuk mengunjungi Qatar untuk yang ketiga kalinya, guna menjamin hak-hak LGBT dan pekerja di sana.

Dalam kunjungan tersebut, pihak UEFA menemui Asosiasi Sepak Bola Qatar, Organisasi Buruh Internasional (ILO), Kementerian Ketenagakerjaan Qatar, Komite Tinggi untuk Pengiriman dan Warisan, dan beberapa pihak lainnya.

Pertemuan ini dilakukan dengan tujuan agar sepak bola menjadi sarana positif untuk perubahan yang lebih baik lagi.

Dalam pertemuan tersebut, UEFA membahas tentang hak-hak LGBT. UEFA meminta agar adanya jaminan yang diberikan kepada para penggemar yang membawa bendera pelangi.

UEFA menjamin bahwa hak-hak LGBT akan terjamin, tanpa mengurangi rasa hormat terhadap kebudayaan lokal yang ada di Qatar. 

Baca Selengkapnya: Piala Dunia 2022: 'Menyatroni' Qatar, UEFA Bela Hak-hak LGBT dan Pekerja

ArgentinaFIFABrasilPiala Dunia 2022Bola Internasional

Berita Terkini