x

Hasil Liga 1: PSM Makassar vs Arema FC, Penalti Berbuah 3 Poin buat Tuan Rumah

Sabtu, 20 Agustus 2022 18:03 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Indra Citra Sena
Hasil pertandingan PSM Makassar vs Arema FC (BRI Liga 1).

FOOTBALL265.COM - Berikut hasil pertandingan Liga 1 Indonesia yang mempertemukan PSM Makassar vs Arema FC pada Sabtu (20/8/22). Tuan rumah menang berkat penalti.

Pasukan Juku Eja berhasil meneruskan tren positif dengan menggebuk Arema FC 1-0 di Stadion Gelora B.J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan.

Baca Juga

Kedua tim terlihat bermain dengan komposisi pemain yang berbeda dari biasanya. PSM Makassar tidak memainkan Wiljan Pluim dan Donald Bissa pada laga kali ini.

Sedangkan Arema FC sendiri memutuskan untuk mencadangkan kiper utamanya, Adilson Maringa, digantikan oleh Teguh Amiruddin yang dijadikan starter. 

Memasuki menit ke-15, Arema mendapatkan peluang melalui Gian Zola melalui skema serangan balik. Sayang, Gian Zola terlalu terburu-buru melepaskan tendangannya sehingga hanya menghasilkan goal kick bagi Arema FC.

Baca Juga

PSM Makassar mendapatkan peluang emasnya melalui sepakan dari Agung Mannan. Namun Teguh Amiruddin yang masuk menggantikan Adilson Maranga mampun menangkap tendangan tersebut. 

Skuat Juku Eja kembali mendapatkan peluang emas melalui umpan Rizky Eka yang disambut dengan tandukan dari Ramadhan Sananta. Namun tandukannya lemah sehingga bola jatuh di pelukan Teguh Amiruddin. 

PSM akhirnya mendapat penalti setelah Bagas Adi Nugroho melanggar Everton. Yuran Fernandes yang dipercaya menjadi eksekutor berhasil membawa PSM Makassar unggul di menit ke-40.

Baca Juga

Teguh Amiruddin hampir saja melakukan salah antisipasi, usai tendangan keras Rizky Eka Pratama menyulitkan lini pertahanan Arema FC dan hanya menghasilkan corner kick. 

Hingga wasit membunyikan peluit tanda turun minum, skor 1-0 bagi keunggulan PSM Makassar tidak berubah.


1. Jalannya Babak Kedua

Hasil pertandingan antara PSM Makassar vs Arema FC (BRI Liga 1).

Di babak kedua ini, Arema yang ingin mengejar ketertinggalan langsung melakukan rotasi pemain dengan memasukkan Dedik Setiawan, Evan Dimas, dan Ilham Udin Armaiyn sekaligus. 

Sejak peluit babak kedua dimulai, pasukan Eduardo Almeida langsung tancap gas mendominasi jalannya pertandingan dengan langsung melancarkan serangan cepat.

Baca Juga

Berkali-kali peluang didapatkan oleh Arema FC sejak awal babak kedua, namun sayang tampaknya kali ini Dewi Fortuna masih belum berpihak kepada skuad Singo Edan.

Masuknya Evan Dimas mengubah ritme permainan Arema FC. Di menit ke-53, ia mampu membuat lini pertahanan PSM Makassar 'was-was' melalui skema sepak pojok melaluinya.

Namun sayang tidak ada pemain yang menyambut umpan tersebut sehingga hanya menghasilkan goal kick. PSM Makassar yang tak ingin terus-terusan berada di dalam tekanan mencoba menyerang melalui skema serangan balik cepat. 

Baca Juga

Memasuki menit ke-62, PSM akhirnya mendapatkan peluang melalui skema sepak pojok. Namun sayang bagi Yuran Fernandes yang gagal memanfaatkan umpan dari Muhammad Arfan setelah tandukkannya tidak mengarah ke gawang Arema FC.

Mohammad Arfan mencoba peruntungannya dengan melakukan tendangan dari luar kotak penalti saat pertandingan memasuki menit ke-71. Namun bola tersebut masih jauh dari jangkauan gawang Arema FC yang dikawal oleh Teguh Amiruddin.

Arema kembali mencoba menyerang melalui Abel Camara saat pertandingan memasuki menit ke-79. Namun penampilan apik dari Yakob Sayuri yang masuk di babak kedua ini berhasil menggagalkan peluang dari striker Arema tersebut.

Baca Juga

Hingga babak kedua usai, skor 1-0 tetap bertahan bagi keunggulan PSM Makassar. Dengan hasil ini, skuad Juku Eja berhasil merangkak naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan torehan poin yang sama dengan Madura United, yaitu 13 poin.

Sementara itu, Arema FC harus puas bertengger di posisi ke-8 klasemen sementara dengan torehan 7 poin.


2. Susunan Pemain Kedua Tim

Hasil pertandingan PSM Makassar vs Arema FC (BRI Liga 1).

PSM Makassar (3-4-3): Muhammad Reza Pratama, Erwin Gutawa, Yuran, A. Mannan, B. Cesar, M. Arfan, A. Raehan, Rizky Eka Pratama, Dzaky Asraf, Ramadhan Sananta, Everton

Pelatih: Bernardo Tavares

Arema FC (4-5-1): Teguh Amiruddin, Rizky Dwi Febrianto, Sergio Silva, Bagas Adi Nugroho, Johan Alfarizi, Jayus Hariono, Renshi Yamaguchi, Gian Zola, Adam Alis, Dendi Santoso, Abel Camara

Pelatih: Eduardo Almeida

PSM MakassarLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini