x

5 Bek Asal Prancis yang Sukses Bersama Chelsea, Fofana Selanjutnya?

Rabu, 31 Agustus 2022 20:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bek Leicester City, Wesley Fofana, saat berselebrasi usai mencetak gol di laga pramusim kontra Hull City (20/07/22). (Foto: Reuters/Ed Sykes)

FOOTBALL265.COM – Berikut 5 bek asal Prancis yang berhasil menuai kesuksesan bersama Chelsea. Akankah Wesley Fofana bisa melanjutkan tren positif itu?

Jelang penutupan bursa transfer musim panas 2022, Chelsea mengumumkan resmi menggaet Wesley Fofana dari Leicester City.

Baca Juga

Hal ini diketahui dari unggahan klub berjuluk The Blues itu di media sosial. Dalam unggahannya, Chelsea melampirkan foto Wesley Fofana dengan jersey kebanggaan klub asal London Barat tersebut.

Melansir dari laman resminya, Chelsea mengikat bek berusia 21 tahun itu dengan kontrak jangka panjang, yakni selama 7 tahun.

Hanya saja, untuk biaya transfer yang dikeluarkan diyakini berkisar 75 juta poundsterling saja, termasuk bonus di dalamnya.

Baca Juga

“Kami senang kami dapat membawa salah satu talenta paling menarik di Eropa ke Chelsea dan semakin memperkuat area skuat kami, baik untuk musim ini dan banyak lagi yang akan datang,” ujar Todd Boehly selaku pimpinan Chelsea.

Fofana pun tak sabar untuk tampil bersama klub barunya. Ia bahkan telah menargetkan trofi bersama Chelsea di masa-masa yang akan datang.

“Saya di sini untuk memenangkan trofi – Liga Champions, Liga Premier, Piala FA, Piala Carabao, semuanya. Saya datang ke sini untuk menang dan klub dibangun untuk memenangkan trofi, jadi saya di sini untuk melanjutkannya,” ucap Fofana.

Baca Juga

Datangnya Fofana sendiri dan impiannya meraih trofi pun seakan meneruskan sejarah apik Chelsea bersama bek-bek asal Prancis.

Sebelum Fofana, Chelsea kerap mendatangkan bek asal Prancis dan berhasil menuai kesuksesan. Siapa saja bek-bek tersebut?


1. Bek Asal Prancis yang Pernah Berseragam Chelsea

Legenda Chelsea, Frank Leboeuf era 1996–2001.

1. Frank Leboeuf

Frank Leboeuf merupakan bek tengah asal Prancis pertama yang didatangkan Chelsea. Ia datang pada musim panas 1996 dari Strasbourg.

Pria yang berhasil membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 ini diketahui membela Chelsea selama 5 tahun.

Total 197 penampilan dibuatnya bersama Chelsea di berbagai ajang, dengan raihan dua gelar Piala FA, satu gelar UEFA Cup Winners Cup, UEFA Super Cup, dan Piala Liga Inggris.

Baca Juga

2.  Marcel Desailly

Gerbong Prancis di lini belakang Chelsea berlanjut saat Marcel Desailly hadir di Stamford Bridge pada musim panas 1998 dari AC Milan.

Desailly datang dengan status juara Piala Dunia 1998. Sedangkan di Chelsea, ia berhasil membawa Prancis juara Euro 2000. Ia sendiri bermain bagi The Blues selama 6 tahun.

Selama 6 tahun membela Chelsea, Desailly mampu mempersembahkan satu gelar UEFA Super Cup dan satu gelar Piala FA bagi The Blues.

Baca Juga

3. William Gallas

William Gallas juga merupakan bek tengah Prancis yang pernah membela Chelsea dan meraih kesuksesan, kala dirinya diboyong dari Marseille pada 2001.

Total 5 musim dihabiskan Gallas bersama Chelsea, di mana ia mencatatkan 225 penampilan bagi klub asal London Barat tersebut.

Dalam kurun waktu 5 musim tersebut, Gallas mampu membawa Chelsea meraih 2 gelar Liga Inggris dan satu gelar Piala Liga Inggris.


2. Bek Prancis Lainnya

Kurt Zouma, pemain Chelsea.

4. Kurt Zouma

Usai vakum cukup lama, Chelsea kembali memboyong bek tengah asal Prancis pada diri Kurt Zouma pada musim dingin 2014 dari Saint-Etienne.

Saat tiba di Stamford Bridge 6 bulan kemudian, Kurt Zouma langsung menjadi pilar di lini belakang Chelsea bersama sang legenda, John Terry.

Baca Juga

Zouma bertahan di Chelsea selama 7 musim dan mampu meraih kesuksesan dengan 1 gelar Liga Champions, 2 gelar Liga Inggris, 1 gelar UEFA Super Cup, 1 gelar Piala Liga Inggris.

5. Malang Sarr

Bek tengah asal Prancis yang didatangkan Chelsea sebelum Fofana adalah Malang Sarr. Sayangnya, kiprahnya tak begitu lama di Stamford Bridge.

Usai datang dengan status bebas transfer pada musim panas 2020, Malang Sarr sempat dipinjamkan ke FC Porto, sebelum dimainkan Chelsea pada musim 2021/22.

Baca Juga

Meski kini dirinya telah didepak ke AS Monaco, Malang Sarr mengecap sukses bersama Chelsea, dengan menjuarai Piala Dunia Antarklub pada Februari 2022 lalu.

ChelseaLeicester CityLiga InggrisWesley FofanaOne Football

Berita Terkini