x

Kaget dengan Pot Drawing Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Waspadai Semua Tim Grup A

Rabu, 31 Agustus 2022 06:29 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

FOOTBALL265.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku sempat bingung karena Indonesia berada di pot ketiga untuk drawing Piala AFF 2022. Padahal sebelumnya, skuad Garuda jadi runner up di 2020 lalu.

Timnas Indonesia menempati pot tiga bersama Singapura. Pot pertama ditempati juara bertahan Thailand dan Vietnam, sedangkan pot kedua dihuni Malaysia dan Filipina.

Baca Juga

Sedangkan pot empat diisi Myanmar dan Kamboja. Adapun pot kelima dihuni Laos dan pemenang babak kualifikasi yakni Brunei Darussalam dan Timor Leste.

"Awalnya saya bingung kenapa Indonesia berada di POT ketiga pada drawing ini, namun setelah dijelaskan bahwa penilaiannya dari dua event AFF sebelumnya jadi baru paham," kata Shin Tae-yong

Baca Juga

"Saya berpikir kita di posisi pot satu. Kaget di pot tiga. Tapi mau kita pot tiga pot dua atau pot satu, kita harus siapkan tim dengan baik agar hasil jadi baik," lanjutnya.

Setelah dilakukan drawing, Indonesia menempati Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang antara  Brunei Darussalam vs Timor Leste yang ikut babak kualifikasi.

Baca Juga

Shin Tae-yong menegaskan akan mempersiapkan Timnas dengan baik. Targetnya kali ini adalah raih juara setelah kalah di final edisi sebelumnya.  

"Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022," ujar pelatih asal Korea Selatan itu. 


1. Calon Lawan Terberat

Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Menurut Shin Tae-yong, Thailand adalah lawan terberat di grup A. Tim Gajah Perang menyandang status juara bertahan Piala AFF setelah kalahkan Indonesia dengan agregat 6-2 tahun lalu. 

"Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup dan susah lawan mereka. Kita tak bisa mundur lagi, jadi harus terus berjuang mendapatkan kemenangan. Berusaha semaksimal mungkin," tuturnya. 

Baca Juga

"Tim lain seperti Filipina dan lainnya juga baik dengan begitu gak boleh lengah dan harus kerja maksimal," tuntas Shin Tae-yong. 

Sementara itu, PSSI menjadikan Piala AFF 2022 jadi ajang pemanasan bagi Timnas Indonesia sebelum tampil di Piala Asia 2023 nanti. 

Baca Juga

Piala AFF 2022 dijadwalkan mulai bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. Pada edisi Piala 2020 sebelumnya, Indonesia meraih runner-up setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand.


2. Balas Dendam

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Hasil drawing Piala AFF 2022 menempatkan timnas Indonesia di Grup A, Selasa (30/8/22). Skuad Garuda akan bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang kualifikasi (Brunei Darussalam atau Timor Leste).

Hasil drawing tersebut akan mengulang final Piala AFF edisi sebelumnya, di mana Indonesia juga bertemu Thailand. Potensi duel seru mencuat. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan timnas Indonesia siap menghadapi ajang bergengsi antar negara Asia Tenggara tersebut. Dia ingin pasukan Shin Tae-yong membalaskan kekalahan di final Piala AFF 2020. 

"Kekuatan semua negara-negara di Asia Tenggara saat ini hampir semua mengalami perkembangan," buka Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan. 

Baca selengkapnya: Piala AFF 2022: Jumpa Thailand, PSSI Usung Misi Balas Dendam Pakai Jordi Amat Cs 

Timnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini