x

Elkan Baggott Starter, Gillingham FC Dibantai Charlton Athletic di EFL Trophy

Kamis, 1 September 2022 12:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bek timnas Indonesia, Elkan Baggott jadi starter di Gillingham FC, saat menghadapi Charlton Athletic tapi gagal membawa timnya menang di ajang EFL Trophy.

FOOTBALL265.COM – Bek timnas Indonesia, Elkan Baggott kembali jadi pilihan utama di Gillingham FC, saat menghadapi Charlton Athletic di laga perdana EFL Trophy.

Elkan Baggott kembali ditunjuk menjadi starter saat Gillingham FC melawan Charlton Athletic di ajang EFL Trophy bertajuk Papa John’s Trophy , di Stadion The Valley, Kamis (01/09/22) dinihari WIB.

Baca Juga

Gillingham tidak bisa berkutik menghadapi Charlton Athletic. Secara statistik, tim tamu hanya mampu mencatatkan 39 persen kepemilikan bola dengan dua tembakan tepat sasaran (shot on target).

Salah satu shot on target itu datang di menit kesembilan, di mana Alex MacDonald memiliki peluang besar untuk membuat Gillingham unggul lebih dulu.

Bermula dari gelandang Williams berlari untuk membongkar pertahanan Charlton dan memberikan umpan terobosan untuk Alex MacDonald.

Baca Juga

MacDonalds kemudian membawa bola ke tepi kotak sebelum menembak gawang. Upayanya mengarah ke sudut bawah gawang tetapi melebar dari tiang.

Petaka Gillingham pun dimulai ketika Charlton melakukan counter-attack dengan Miles Leaburn memotong umpan kiper Gillingham Jake Turner yang niatnya mau diarahkan ke bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott.

Dalam skema dua lawan satu, Leaburn memberikan umpan ke Daniel Kanu. Untungnya, Turner bisa memotong upaya umpan silang tersebut.

Setelah gagal di upaya tersebut, Charlton memberi ancaman untuk Gillingham lewat skema sepak pojok yang berujung gol bunuh diri Gillingham pada menit ke-15.

Baca Juga

Dari umpan sepak pojok, Diallang Jaiyesimi membawa bola melintasi kotak. Striker Gills, Lewis Walker, niatnya mau menyapu bola tetapi justru memasukkannya ke gawangnya sendiri.

Gillingham tertinggal 1-0 dari Charlton. Selepas itu, Charlton justru semakin mendominasi permainan hingga babak pertama fase penyisihan grup EFL Trophy berakhir.


1. Elkan Baggott Gagal Manfaatkan Peluang

Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott gagal membawa timnya Gillingham FC memetik kemenangan di EFL Trophy

Babak II

Dalam posisi tertinggal 1-0, Gillingham justru semakin tak berkutik menghadapi Chalrton. Alhasil, pada menit ke-52, pertahanan Elkan Baggott dkk kembali jebol lewat aksi Aaron Henry.

Jake Turner awalnya menahan tendangan bebas dari luar kotak, tetapi tuan rumah berhasil merebut kembali bola tersebut. Aaron Henry yang berada di tepi area penalti  memasukkan bola ke sudut bawah.

Baca Juga

Tak berapa lama, Charlton kembali menggarami luka Gillingham dengan gol ketiga. Adalah Miles Leaburn yang melesakkan bola ke sudut bawah tiang gawang Gills.

Gillingham sendiri sejatinya nyaris membalaskan satu gol pada menit ke-75 lewat Mikael Mandron yang datang dari bangku cadangan di akhir babak pertama.

Mandron mencoba memasukan bola dengan cara mengolongi Nathan Harness, namun kiper Charlton berhasil menyelamatkan gawang dengan kakinya.

Baca Juga

Empat menit berselang, giliran bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott mendapatkan peluang untuk mengubah papan skor pada menit ke-79.

Menerima umpan dari Dom Jefferies, Baggott menggiring bola, dan melepaskan tendangan sedikit di depan kotak penalti, tapi sepakan kaki kirinya masih menyamping tipis di sisi gawang. 

Skor 3-0 hingga akhir babak kedua tidak mengalami perubahan memastikan Gillingham kalah di pertandingan tersebut.

Secara keseluruhan, pelatih Gillingham Neil Harris membuat empat pergantian pemain di pertandingan melawan Charlton. Elkan Baggott sendiri tetap dipercaya untuk bermain selama 90 menit.

Baca Juga

Hasil ini juga membuat Gillingham tidak mampu mencetak gol dalam enam pertandingan berturut-turut.

Terakhir kali Gillingham membobol gawang lawan terjadi saat mengalahkan Wimbledon 2-0 di babak pertama Piala Liga Inggris pada 10 Agustus.


2. Susunan Pemain:

Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott. Toto: Herry Ibrahim/Football265.com

Charlton Athletic: Harness, O’Connor (Dench 67’), Barker, Ness, Chin (Bakrin 81’), Payne, Henry (Williams 82’), Forster-Caskey, Jaiyesimi, Leaburn (Ladapo 85’), Kanu (Campbell 66’)

Gillingham: Turner, Alexander, Wright, Baggott, Law, Williams (Jefferies 46’), MacDonald, Lee (Tutonda 63’), Kashket (Mandron 46’), Adelakun (Reeves 46’), Walker

Timnas IndonesiaLiga InggrisBola InternasionalElkan BaggottGillingham FC

Berita Terkini