x

Soroti Nasib Apes Persib Bandung, Eks Legenda Firman Utina Tantang Magis Luis Milla!

Kamis, 1 September 2022 18:40 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Soroti nasib apes Persib Bandung, legenda timnas Firman Utina tantang magis Luis Milla!

FOOTBALL265.COM – Persib Bandung baru saja menelan pil pahit kekalahan usai kebobolan lima gol atas PSM Makassar di pekan ketujuh Liga 1 2022/23, Senin (29/08/22) malam.

Nasib apes skuad Maung Bandung itu menambah catatan buruk skuad Ciro Alves dkk selama ajang Liga 1 musim 2022-2023 digelar. Hal ini rupanya dapat sorotan dari sejumlah figur sepak bola, salah satunya FIrman Utina.

Baca Juga

Hasil yang didapat pada pertandingan pekan ketujuh kompetisi Liga 1 menjadi kekalahan keempat sekaligus terbesar bagi skuat Persib pada musim ini.

Pasalnya, laga antara Maung Bandung kontra Juku Eja Senin (29/08/22) kemarin, merupakan debut perdana Luis Milla usai dititahkan sebagai pelatih anyar Persib.

Kendati begitu, sangat wajar jika para Bobotoh mengharapkan hasil manis pada laga Liga 1 pekan ketujuh itu.

Baca Juga

Namun sayangnya, realita tak sesuai ekpetasi. Seolah berlindung di balik kata ‘masih beradaptasi’, debut pertama Luis Milla menghasilkan first impression yang tentu mengecewakan Bobotoh.

Sebagai legenda Timnas Indonesia sekaligus eks pemain Persib Bandung, Firman Utina ikut berkomentar soal kegagalan mantan klubnya itu.

Baca Juga

Tak menampik, Firman Utina beranggapan bahwa baginya kekalahan tersebut salah satunya lantaran imbas dari proses transisi dari Robert Alberts ke Luis Milla.

“Menurut saya sebagai mantan pemain, di Persib kan banyak pemain baru juga sedangkan pelatih putus kontrak di tengah jalan, otomatis pelatih baru harus diberi kesempatan untuk menjalin chemistry di antara pemain,” ujar Firman Utina kepada INDOSPORT di selang acara press conference Indonesia 11 2022/2023 Football Trading Card Brand Collaboration, Selasa (30/03/22), di bilangan Jakarta Pusat.


1. Tantangan untuk Luis Milla

Pelatih anyar Persib Bandung, Luis Milla, dikenalkan manajemen kepada media di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (22/08/22).

Seperti yang diketahui, Robert Rene Alberts belum lama ini mengundurkan diri jadi pelatih Maung Bandung usai didemo oleh ribuan Bobotoh di Graha Persib Bandung, pada Rabu (10/08/22).

Aksi Bobotoh itu terjadi setelah hasil pertandingan yang kurang memuaskan di kompetisi Liga 1 2022/23.

Baca Juga

Puncaknya, hasil mengecewakan terjadi pada pekan kedua dan ketiga, setelah Persib gagal meraih kemenangan ketika melawan Madura United dan Borneo FC, membuat Maung Bandung kala itu berada di peringkat dua terbawah, unggul satu poin dari juru kunci Persis Solo.

Ribuan Bobotoh menggelar aksi di Graha Persib untuk menuntut pemecatan Robert Rene Alberts dan perbaikan sistem ticketing kepada manajemen.

Beberapa hari setelah aksi, Persib Bandung melalui laman resminya menyampaikan bahwa Robert Rene Alberts telah mengundurkan diri sebagai pelatih Maung Bandung.

Baca Juga

Tak berselang lama, Maung Bandung pun langsung mendapatkan pengganti Robert Alberts, yakni Luis Milla yang saat ini tengah mendapat banyak sorotan dari para Bobotoh.

Menyoroti soal kedatangan Luis Milla, Firman Utina berpendapat bahwa sang pelatih anyar Maung Bandung itu terlebih dahulu harus mengenali kultur sepak bola di tanah air.

“Nah tantangan bagi Luis Milla, dia terlebih dahulu harus mengetahui kultur dan jarak tempuh dari satu daerah ke daerah lain. Karena kemarin saya dengar bahwa Luis Milla sempat sakit akibat kelelahan di perjalanan, jadi tidak bisa dampingi tim Persib,” jelas Firman Utina.

Baca Juga

“Banyak faktor yang bisa jadi alasan, tapi bagi saya orang awam atau penonton di sana mereka tidak mengenal hal itu. Maka harusnya dari pemainnya sendiri juga harus menyiapkan diri untuk selalu tampil lebih maksimal,” sambungnya.

Soal adaptasi, hal itu tentu dikatakan Firman Utina merupakan suatu langkah yang harus dilakukan antara Luis Milla dan para pemain dengan gesit.

Firman Utina juga menuturkan bahwa sejatinya tak mudah bagi seorang pelatih anyar melatih pemain-pemain sepak bola, baik pemain yang dating dari tim nasional ataupun pemain muda lokal di Liga 1, termasuk klub Persib Bandung.

Persib BandungFirman UtinaPSM MakassarBobotohLuis MillaMaung BandungLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini