x

Proses Naturalisasi Berjalan Alot, 'Senior' Marc Klok Berpesan untuk Sandy Walsh cs

Jumat, 2 September 2022 18:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain naturalisasi Indonesia, Marc Klok, memberikan semangat kepada dua calon pemain naturalisasi Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat, Jumat (02/09/22).

FOOTBALL265.COM - Pemain naturalisasi Indonesia, Marc Klok, memberikan semangat kepada dua calon pemain naturalisasi Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat, Jumat (02/09/22).

Marc Klok sejatinya turut senang karena proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat akan segera rampung.

Baca Juga

Proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah mendapat restu dari DPR RI.

Namun untuk sampai tahap mendapat restu dari DPR RI, proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat tidaklah mudah.

Mereka berdua harus melalui proses yang berliku yang dimulai sejak tahun lalu. Bahkan PSSI harus sampai mengirimkan perwakilannya ke Negeri Belanda untuk melengkapi dokumen yang diminta.

Baca Juga

Ribetnya dalam menjalani proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat pun mendapat support dari pemain naturalisasi Persib Bandung, Marc Klok.

"Kalau dia (Sandy Walsh dan Jordi Amat) punya proses tidak mudah juga untuk naturalisasi saya tahu semua. Saya bicara banyak sama mereka," ucap Marc Klok.

"Saya senang akhirnya hampir selesai dan mereka bisa bergabung," jelas Marc Klok.

Baca Juga

Klok pun berharap ketika naturalisasinya rampung, Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa langsung bisa memberikan banyak manfaat untuk Timnas Indonesia seperti dirinya.

"Saya senang untuk mereka bergabung dengan kita, semoga mereka adaptasi baik, kasih yang terbaik untuk negara ini."

"Kasih yang terbaik untuk timnas dan untuk negara ini," kata Marc Klok. 


1. Jordi Amat dan Sandy Walsh Bentar Lagi Jalani Sumpah WNI

Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

Komisi X DPR RI resmi menyetujui naturalisasi dua pemain yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keputusan itu dibuat pada rapat kerja dengan Menpora, Zainudin Amali, dan PSSI di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/9/22).

Sebelum diputuskan, Menpora dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memaparkan terkait dasar hukum dan alasan naturalisasi kedua pemain tersebut.  

Baca Juga

Jordi dan Sandy dilaporkan memiliki garis keturunan dari nenek dan kakeknya. Secara teknis dan kualitas, keduanya dibutuhkan oleh timnas dan memang direkomendasikan oleh pelatih Shin Tae yong.

“Kedua pemain ini memiliki kakek dan nenek yang lahir di Indonesia, yakni di Purworejo dan Makassar,” ujar Menpora Zainudin Amali.

Setelah mendengar penjelasan Menpora dan Ketua PSSI, berbagai fraksi kemudian menyampaikan pandangan, catatan, dan persetujuan terhadap proses naturalisasi tersebut.

Baca Juga

“Dengan ini Komisi X DPR menyetujui terkait naturalisasi pemberian kewarganegaraan terhadap Jordi Amat dan Sandy Walsh,” ungkap Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, selaku pimpinan rapat. 

Setelah disetujui Komisi X DPR RI, proses naturalisasi Jordi dan Sandy tinggal selangkah lagi. Keduanya tinggal menunggu surat keputusan dari Presiden Joko Widodo lalu mengucapkan sumpah WNI di Kantor Kemenkumham.

Sebelumnya, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh juga telah mendapatkan persetujuan dari Komisi III DPR RI.

Baca Juga

“Saya ucapkan selamat, sebentar lagi jadi WNI. Semoga Sandy dan Jordi bisa membawa timnas Indonesia berprestasi di kompetisi mendatang," ucap Syaiful Huda, Ketua Komisi X DPR RI.

"Publik sepak bola Indonesia sangat berharap Sandy dan Jordi bisa memberi yang terbaik bagi prestasi Timnas Indonesia," lanjutnya.


2. Elkan Baggott dan Sandy Walsh Terancam Absen di Piala AFF 2022

Elkan Baggott, pemain keturunan yang membela Timnas Indonesia.

PSSI berencana memanggil pemain naturalisasi dan yang bermain di luar negeri untuk Piala AFF 2022. Namun, rencana Timnas Indonesia ini berpotensi tak berjalan sepenuhnya. 

Setidaknya ada sembilan nama yang bisa dipakai pada kejuaraan akhir tahun. Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani.

Saat ini, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh telah disetujui Komisi III DPR RI. Keduanya tinggal menunggu rapat dengar pendapat berikutnya yakni dengan Komisi X DPR RI pada 1 September 2022 nanti. 

Jika sudah selesai, berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh akan dikembalikan ke Setneg dan Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Kepres (Keputusan Presiden). Terakhir, pemain akan diambil sumpah sebagai WNI.

Lalu ada juga Shayne Pattynama yang berkasnya sudah berada di Setneg. Jika tak ada halangan, ketiganya jadi WNI dalam waktu dekat dan bermain di Piala AFF 2022.

Baca Selengkapnya: Elkan Baggott dan Sandy Walsh Terancam Absen di Piala AFF 2022, Begini Respons PSSI

NaturalisasiLiga IndonesiaSandy WalshMarc KlokJordi Amat

Berita Terkini