x

Semesta Mendukung Aubameyang Sukses di Chelsea, Akankah Kutukan Nomor 9 Berakhir?

Jumat, 2 September 2022 18:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pierre-Emerick Aubameyang mengenakan nomor punggung 9 di Chelsea. (Foto: Chelsea FC)

FOOTBALL265.COM – Pierre-Emerick Aubameyang seakan didukung semesta untuk sukses bersama Chelsea. Namun, akankah hal ini mematahkan kutukan nomor punggung 9?

Usai terus dikaitkan sepanjang bursa transfer musim panas, Pierre-Emerick Aubameyang resmi meninggalkan Barcelona dan bergabung Chelsea di Deadline Day.

Baca Juga

Kepindahan ini dikonfirmasi oleh kedua klub, yang telah merampungkan dokumen kepindahan di detik-detik terakhir penutupan bursa transfer.

Chelsea mengumumkan bahwa penyerang asal Gabon itu resmi bergabung dengan durasi kontrak dua tahun atau hingga 2024 mendatang.

Sedangkan Barcelona mengonfirmasi kepindahannya ke Chelsea dengan biaya sebesar 12 juta euro atau setara dengan Rp177 miliar.

Baca Juga

Tak cukup dengan biaya 12 juta euro, ada tumbal dalam kepindahan Aubameyang ini, yakni Marcos Alonso dari Chelsea ke Barcelona.

Disebutkan bahwa demi melancarkan transfer Aubameyang, Chelsea rela memutus kontrak Alonso dengan kesepakatan bersama agar dirinya bisa bergabung Barcelona.

Terlepas dari hal tersebut, kepindahan Aubameyang ke Chelsea sendiri memiliki sisi unik. Sisi unik tersebut adalah penyerang berusia 33 tahun ini memilih nomor keramat yakni nomor 9.

Baca Juga

Namun penggunaan nomor kutukan itu berbanding terbalik dengan sejarah Chelsea yang bisa mendukung Aubameyang untuk sukses.

Akankah semesta mendukung Aubameyang dan Chelsea untuk mematahkan kutukan nomor 9 di Stamford Bridge?


1. Kutukan Nomor 9

Ekspresi kekecewaan Romelu Lukaku di laga Chelsea vs Wolves pada pekan ke-36 Liga Inggris

Kutukan nomor punggung 9 di Chelsea bukanlah isapan jempol belaka. Sejak kedatangan Roman Abramovich, nomor punggung itu selalu membuat pemain yang menggunakannya tampil di bawah standar.

Dari Hernan Crespo hingga terakhir Romelu Lukaku harus merasakan kutukan dari nomor punggung ini, sehingga melempem bersama The Blues.

Bahkan pelatih Chelsea saat ini, Thomas Tuchel, berkelakar bahwa nomor 9 di The Blues adalah nomor terkutuk, sehingga tak ada yang mau memakainya di awal musim 2022/2023 ini.

Baca Juga

“Itu (nomor 9) kutukan. Orang-orang mengatakan kepada saya nomor 9 adalah kutukan!,”ujar Tuchel dilansir dari Give Me Sport pada Agustus 2022 lalu.

“Semua orang yang lama ketimbang saya di klub berkata ‘Anda tahu, dia menggunakan nomor 9 dan tidak mencetak gol dan lainnya menggunakan nomor 9 dan tak mencetak gol juga’,” lanjut Tuchel.

Contoh terbaru adalah Romelu Lukaku. Usai moncer dengan Inter Milan dan punya catatan gol apik di Chelsea, penyerang berpaspor Belgia ini malah melempem saat menggunakannya.

Baca Juga

Dengan adanya kutukan itu, banyak pihak yang heran dengan keputusan Aubameyang menggunakan nomor punggung tersebut.

Walaupun Aubameyang telah teruji di Liga Inggris dengan torehan 68 gol dari 128 penampilan, sama seperti Lukaku, tetap saja kutukan nomor 9 menghantuinya.

Di tengah keraguan ini, Aubameyang ternyata didukung semesta untuk sukses bersama Chelsea. Apa saja tanda-tanda dirinya bakal sukses itu?


2. Semesta Mendukung Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang mengenakan nomor punggung 9 di Chelsea.

Tanda-tanda alam bahwa Aubameyang akan sukses di Chelsea terlihat dari sejarah. Setidaknya ada 3 tanda mengapa semesta mendukungnya sukses di Stamford Bridge.

Tanda pertama adalah kiprah terbaik Aubameyang. Selama karier sepak bolanya, catatan terbaiknya hadir saat dilatih oleh pelatih Chelsea saat ini, Thomas Tuchel.

Aubameyang dilatih oleh sederet pelatih ternama seperti Jurgen Klopp dan Arsene Wenger. Tapi catatan terbaiknya hadir bersama Tuchel, yakni dengan 79 gol dari 95 pertandingan.

Baca Juga

Tanda kedua adalah kesuksesan para penyerang asal Afrika bersama Chelsea. Percaya atau tidak, The Blues terbilang tak pernah meraup kesuksesan bersama penyerang asal benua hitam.

Para penyerang asal Afrika yang pernah membela Chelsea di era Premier League adalah Mark Stein, George Weah, Didier Drogba, Salomon Kalou, Samuel Eto’o, dan Demba Ba.

Semuanya tergolong sukses dalam kiprahnya di Stamford Bridge, baik dalam mencetak gol dan memberikan trofi bergengsi bagi Chelsea, kendati jarang ada yang menggunakan nomor 9.

Baca Juga

Tanda ketiga adalah kesuksesan Chelsea dalam merekrut para pemain yang ‘dibuang’ Arsenal. Entah mengapa, The Blues selalu menuai sukses bersama pemain buangan rivalnya itu.

Sebut saja Ashley Cole, Cesc Fabregas, dan Olivier Giroud. Ketiganya mampu nyetel di Chelsea dan memberikan sumbangan gelar bergengsi.

Tanda-tanda ini seakan menjadi jawaban semesta akan kepindahan Aubameyang ke Chelsea. Namun pertanyaan utamanya adalah, apakah semesta juga akan mendukungnya mematahkan kutukan nomor 9?

ChelseaBarcelonaPierre-Emerick AubameyangThomas TuchelIn Depth SportsOne Football

Berita Terkini