x

Barcelona Mulai Solid, Ter Stegen Puji Xavi Setinggi Langit

Rabu, 7 September 2022 12:13 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Kiper Inter Milan, Marc Andre ter Stegen melakukan selebrasi usai laga pada laga kedua fase grup Liga Champions di Camp Nou, Kamis (03/10/19).

FOOTBALL265.COM - Kemenangan Barcelona 3-0 atas Sevilla cukup memberikan atmosfer positif di kubu skuat asuhan Xavi Hernandez. Salah satunya datang dari sang kiper, Marc-Andre ter Stegen.

Seusai pertandingan antara Sevilla vs Barcelona yang dihelat di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan pada Minggu (04/09/22) kemarin, kiper Timnas Jerman itu mengemukakan pemikirannya soal kinerja Xavi sebagai pelatih.

Baca Juga

Kiper berusia 30 tahun itu mengaku sangat puas dengan kinerja Xavi Hernandez sejak ditunjuk menjadi pelatih Blaugrana pada tanggal 6 November 2021 lalu.

Ter Stegen mengatakan bahwa ide Xavi sebagai pelatih sangat jelas dan sudah lama Barcelona tidak punya pelatih seperti itu.

“Dia sudah memulihkan apa yang kami inginkan. Dia melakukannya dengan spektakuler, kami berjuang untuk rekan setim dan seluruh tim mendukung kami di lapangan,” ucap ter Stegen dikutip dari Football Espana.

Baca Juga

Sosok Xavi memang diagung-agungkan tidak hanya oleh Presiden klub Barcelona, Joan Laporta, tapi juga oleh pemain dan para fans Blaugrana di seluru dunia.

Padahal jika melihat pengalaman melatihnya di usia yang baru menginjak 42 tahun, tidaklah banyak. Sebelum melatih Barca, dia hanya punya pengalaman melatih skuat senior klub Qatar, Al Sadd.

Namun, para pemain dan fans langsung menyambut positif kembalinya Xavi ke Camp Nou sebagai pelatih menggantikan Ronald Koeman.

Baca Juga

Kedatangan Xavi pun bisa dibilang langsung memberi dampak positif untuk skuat Barcelona yang sempat terseok-seok di Liga Spanyol 2021/2022 kemarin.

Dengan 26 pertandingan tersisa di Liga Spanyol musim lalu, Xavi mempersembahkan 17 kemenangan, lima hasil imbang dan empat kali kalah. Hal ini pula yang membuat Ter Stegen optimis pada perjalanan klub di musim 2022/2023.


1. Ter Stegen Optimis dengan Barcelona di Musim 2022/2023

Marc-Andre ter Stegen dalam laga Barcelona vs Osasuna

Masih dari ter Stegen, dia kembali mengungkapkan optimisme pada perjalanan Barcelona di musim 2022/2023 setelah start musim yang apik.

“Saya sangat senang dengan cara kami melangkah, bermain di atas lapangan, dan kami harus tetap seperti ini ke depannya,” kata ter Stegen soal penampilan Barca secara keseluruhan.

Baca Juga

Barcelona memang sempat menuai kritikan dari para pengamat usai hasil imbang tanpa gol di laga perdana Liga Spanyol 2022/2023 menghadapi Rayo Vallecano.

Namun, mereka mampu bangkit dan langsung mengamuk di markas Real Sociedad dengan kemenangan telak 1-4 di laga kedua.

Hingga laga pekan keempat, mereka terus meraih kemenangan termasuk ketika menghadapi Valladolid dan terakhir, Sevilla.

Baca Juga

Dari empat laga yang sudah dimainkan di Liga Spanyol musim ini, Barcelona memang menunjukkan perkembangan signifikan. Dengan mencetak 11 gol dan hanya kebobolan satu gol saja.

Dengan statistik mentereng tersebut, ter Stegen yang hampir sepanjang musim lalu menuai kritikan mulai mendapatkan pujian.

Menurut Opta, ter Stegen punya catatan sudah mengamankan sebanyak delapan tembakan lawan dari empat laga perdana Liga Spanyol musim ini.

Baca Juga

“2022 sudah menjadi tahun yang baik. Banyak hal yang berubah, terutama di barisan pertahanan dan itu sangat membantu saya,” ucap ter Stegen lagi.

Jika ter Stegen benar-benar kembali ke performa terbaiknya, ini akan menjadi pertanda baik untuk Barcelona yang sedang mencoba untuk kembali bangkit.


2. Xavi: Barcelona Bakal Tampil Beda di Liga Champions

Aksi Xavi Hernandez kala memimpin Barcelona di laga kontra Atletico Madrid (06/02/22). (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Jelang pertandingan perdana di Grup C Liga Champions 2022/23, antara Barcelona vs Viktoria Plzen, Xavi Hernandez mengaku akan tampil beda.

Laga perdana di Liga Champions antara kedua tim tersebut akan tersaji di markas Barcelona, Stadion Spotify Camp Nou, pada Kamis (08/09/22) pukul 02.00 WIB.

Melansir dari Football Espana, merasa percaya diri dengan penampilan anak asuhnya, Xavi telah mengkonfirmasi bahwa dirinya akan membuat perubahan dalam laga perdana Liga Champions.

“Ya, akan ada rotasi. Kalender sangat menuntut, kami membutuhkan orang-orang untuk memiliki menit bermain, ada kelelahan setelah pertandingan melawan Sevilla.”

“Kami memiliki skuat yang besar dan kami harus melakukan rotasi. Itulah idenya,” ungkap entrenadoor asal Spanyol, Xavi Hernandez.

Baca selengkapnya: Xavi Hernandez Siap Uji Nyali dan Barcelona Bakal Tampil Beda di Laga Perdana Liga Champions

BarcelonaXavi HernandezMarc-Andre ter StegenLiga Spanyol

Berita Terkini