x

4 Pelatih Korban Kebrutalan Liga Inggris, Chelsea Punya 1 Nama Selain Thomas Tuchel

Kamis, 8 September 2022 18:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Thomas Tuchel di laga Dinamo Zagreb vs Chelsea di Liga Champions. Foto: REUTERS/Antonio Bronic.

FOOTBALL265.COM – Eks pelatih Chelsea, Thomas Tuchel ternyata bukan satu-satunya korban kebrutalan Liga Inggris, ada empat pelatih lain yang juga mendapat pemecatan mengejutkan.

Kabar mengejutkan hadir dari Chelsea, yang baru-baru ini memecat Thomas Tuchel yang mampu mendapatkan gelar Liga Champions 2020-2021.

Baca Juga

Pemecatan Tuchel terasa mengagetkan, mengingat The Blues cukup banyak berkorban di bursa transfer musim panas dengan menggelontorkan dana sebesar 270 juta pound.

Namun, manajemen Chelsea tampak tak sabar dan memecat Tuchel selepas mengalami kekalahan perdana di Liga Champions dari Dinamo Zagreb dengan skor tipis 0-1.

Todd Boehly selaku pemilik Chelsea bahkan cenderung tak peduli dengan apa yang sudah dilakukan oleh Tuchel, karena memecat sang pelatih beberapa saat setelah musim dimulai.

Baca Juga

Meski demikian, tak hanya Tuchel yang menjadi korban kebrutalan manajemen klub Liga Inggris, masih ada empat pelatih lainnya yang sebelumnya jadi korban.

Tak hanya Tuchel, ada satu pelatih Chelsea lainnya yang juga jadi korban kebrutalan manajemen, yang menandakan klub London Barat ini tak ramah pada juru taktiknya.

Claudio Ranieri

Salah satu pelatih karismatik Italia ini dikenal dan punya nama besar usai membawa Leicester City menjadi juara Liga Inggris di 2016.

Baca Juga

Prestasi inilah yang mungkin dibanggakan oleh Claudio Ranieri di sisa kariernya dan kini belum menangani klub manapun usai hengkang dari Watford pada akhir musim kompetisi silam.

Namun demikian, pengalaman buruk nyatanya sempat didapat Ranieri di musim setelah Leicester City menjuarai Liga Inggris kala itu.


1. Chelsea Pecat Carlo Ancelotti

Selebrasi Carlo Ancelotti usai membawa Real Madrid juara Liga Champions 2021/22 (29/05/22). (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

The Thinkerman dipecat usai tak mampu membawa The Foxes bersaing di Liga Inggris, meskipun Leicester City dibawanya lolos penyisihan grup Liga Champions

Carlo Ancelotti

Sejarah kepelatihan Chelsea di bawah kepemimpinan taipan Rusia, Roman Abramovic memang tragis, karena dikenal kerap gonta-ganti juru taktik.

Baca Juga

Namun demikian, pemecatan terparah justru dialami salah satu pelatih hebat Eropa, Carlo Ancelotti yang dipecat Chelsea pada 2011.

Kala itu, Ancelotti mampu meraih gelar Liga Inggris dan Piala FA di musim perdananya menangani Chelsea, sebelum kemudian hanya finis kedua di musim keduanya.

Namun demikian, catatan apik ini rasanya tak cukup meyakinkan Roman Abramovich yang kemudian memecat Ancelotti dan menggantikannya dengan pelatih muda Portugal, Andre-Villas Boas yang menangani Chelsea di awal musim 2011/2012.

Les Reed

Baca Juga

Pelatih Inggris ini dikenal sebagai salah satu pelatih dengan karier terpendek di Liga Inggris, lantaran menangani Charlton Athletic pada 2006 kurang dari dua bulan.

Hal ini terjadi manakala Charlton baru memecat Iain Dowie yang membawa klub tampil buruk di Liga inggris.

Kebijakan kurang populer yang ditunjukkan Les Reed kemudian membuat Charlton memecatnya dan langsung mengambil pelatih baru.


2. Nigel Pearson

Roberto Mancini dan Nigel Pearson calon pengganti Claudio Ranieri sebagai pelatih Leicester City.

Watford menjadi tim yang setidaknya nyaris sama dari Chelsea dalam memecat pelatih, karena mereka membuat Nigel Pearson hengkang hanya dua pertandingan sebelum akhir musim 2019.

Pearson menjadi salah satu orang yang ikut andil membuat Watford nyaris saja bertahan, lantaran masih berjarak tiga poin di atas zona degradasi.

Malangnya, manajemen Watford kemudian menendangnya dan mengganti dengan pelatih baru yang membuat mereka kalah dalam dua pertandingan final Liga Inggris.

Baca Selengkapnya: Tancap Gas! Chelsea Langsung Dekati Graham Potter Usai Pecat Thomas Tuchel

ChelseaCarlo AncelottiClaudio RanieriLiga Primer InggrisThomas TuchelLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini