x

Gelar Ratas, Presiden Jokowi Minta Percepat Persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Kamis, 8 September 2022 16:43 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2023.

FOOTBALL265.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo langsung memerintahkan jajaran kabinetnya untuk mempercepat persiapan Piala Dunia U-20 di Indonesia, Kamis (08/08/22).

Hal ini diutarakan saat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2023, di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca Juga

Dalam rapat ini juga turut dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, serta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Tadi baru saya diadakan Rapat Terbatas yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden."

Baca Juga

"Membahas tentang persiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIFA U-20 World Cup Tahun 2023 yang akan datang," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam keterangan pers usai mengikuti Ratas.

Zainudin mengungkapkan, di dalam Ratas Presiden Jokowi meminta jajaran terkait untuk memastikan kesiapan Piala Dunia U-20.

Baca Juga

Kesiapan tersebut meliputi mulai dari infrastruktur hingga peralatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh FIFA.

"Bapak Presiden memutuskan [menginstruksikan] kepada kami menteri-menteri terkait untuk segera melakukan langkah-langkah memenuhi apa yang dikehendaki oleh FIFA," ujarnya.


1. Sejumlah Kekurangan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2023, di Istana Merdeka, Jakarta.

Sebelumnya, FIFA telah melakukan inspeksi ke Indonesia pada bulan Juni 2022 dan menemukan masih terdapat sejumlah kekurangan yang harus segera dilengkapi seperti kondisi infrastruktur dan kebutuhan peralatan.

FIFA mengharapkan kekurangan tersebut dapat dilengkapi selambat-lambatnya pada bulan Oktober 2022.

Baca Juga

"Bapak Presiden memberikan arahan kepada kami untuk segera memperbaiki itu karena kita ada deadline. Kira-kira sekitar Oktober, FIFA akan melihat," pungkas Zainudin Amali.

Sebagai informasi, Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni dan diikuti 24 negara peserta termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Hingga saat ini sudah ada sembilan negara lain yang lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 yakni Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Israel, Italia dan Slovakia.

Baca Juga

2. Doa dan Dukungan Masyarakat

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2023.

FIFA sendiri telah meluncurkan logo resmi Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia.

Terasa istimewa karena dirilis bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/8/22).

Peluncuran logo resmi Piala Dunia U-20 2023 disambut antusias Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Dia berharap Indonesia terus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik.

Menpora lantas meminta dukungan masyarakat Indonesia agar Piala Dunia U-20 2023 nanti berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

"Semua yang sudah disepakati antara Pemerintah Indonesia dengan FIFA akan kami laksanakan sesuai aturan-aturan yang berlaku. Mohon doa dan dukungan masyarakat, khususnya para penggemar sepak bola di Tanah Air," ungkap Menpora.

Baca selengkapnya: Logo Resmi Piala Dunia U-20 Diluncurkan, Menpora Jamin Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah

FIFAPSSIPiala Dunia U-20JokowiTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini