x

8 Laga Liga 1 Sudah Mainkan 4 Kiper, Pelatih Persib Bandung: Itu Normal

Jumat, 9 September 2022 17:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Persib Bandung sudah menurunkan empat penjaga gawangnya, pada delapan pertandingan yang dilakoni di kompetisi Liga 1, pelatih kiper pun angkat bicara. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Persib Bandung sudah menurunkan empat penjaga gawangnya, pada delapan pertandingan yang dilakoni di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Pada pertandingan pekan pertama dan kedua, Persib menurunkan Fitrul Dwi Rustapa di posisi penjaga gawang, kemudian pekan ketiga kiper skuad Maung Bandung disisi oleh Teja Paku Alam.

Baca Juga

Pada pekan keempat hingga ketujuh, Persib memasang penjaga gawang senior I Made Wirawan dan memasuki pekan kedelapan giliran Reky Rahayu mendapatkan kesempatan untuk bermain.

Menurut pelatih penjaga gawang Persib, Luizinho Passos, rotasi di posisi penjaga gawang merupakan hal yang biasa dalam sepak bola. Apalagi, dia menilai saat itu merupakan momen yang tepat untuk melakukan rotasi.

"Itu normal di sepak bola dan dalam waktu yang singkat, keempat kiper sudah bermain," kata Passos saat ditemui di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (07/09/22).

Baca Juga

Lebih lanjut Passos menuturkan, pada pertandingan yang sudah dilakoni kompetisi Liga 1 2022-2023, skuad Maung Bandung banyak kebobolan. Hal itu, pasti memengaruhi mental seorang penjaga gawang.

Sehingga, untuk mengembalikan mental dan kepercayaan diri penjaga gawang, dia melakukan perubahan komposisi di posisi dengan harapan pemain yang diberikan kesempatan bisa menampilkan permainan terbaiknya.

"Saya melakukan rotasi di penjaga gawang, karena ini momen yang tepat. Kami banyak kemasukan gol dan keempat kiper punya perbedaan mental," ungkapnya.

Baca Juga

"Sehingga yang lain butuh istirahat mengembalikan mental mereka. Karena kemasukan banyak gol tidak bagus untuk mentalitas mereka," ujar Passos menambahkan.

Pada pertandingan pekan kedelapan Liga 1 2022-2023, menghadapi RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (04/09/22), Persib menurut Reky Rahayu.


1. Debut Manis Reky Rahayu

Pertandingan Persib Bandung vs RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (04/09/22).

Pertandingan menghadapi RANS Nusantara FC tersebut, menjadi debut bagi Reky Rahayu di kompetisi Liga 1 2022-2023. Dalam laga itu, dia hanya kemasukan satu gol, setelah sempat menahan tendangan penalti Wander Luiz.

Menurut Passos, pada pertandingan tersebut Reky tampil cukup bagus, meski begitu pelatih asal Brasil ini menilai masih ada kekurangan dari Reky yang harus dibenahi agar penampilan lebih baik lagi.

Baca Juga

"Saya di laga terakhir menurunkan Reky dan tentu saja dia masih banyak yang harus diperbaiki tentunya," kata Passos.

Evaluasi dan pembenahan tersebut menurut Passos, dilakukan bukan kepada Reky saja, namun kepada seluruh penjaga gawang yang dimiliki oleh skuat Maung Bandung.

"Semua kiper yang memainkan pertandingan dengan baik tetap harus ada pembenahan, itu yang jadi filosofi saya mengenai latihan penjaga gawang," jelasnya.

Baca Juga

Passos merasa optimis, penampilan penjaga gawang Persib salah satunya Reky Rahayu bisa lebih baik lagi dan kepercayaan dirinya semakin meningkat pada pertandingan selanjutnya di kompetisi Liga 1 2022-2023.

"Saya rasa untuk pertandingan berikutnya Reky bisa menampilkan yang lebih baik dan bermain lebih percaya diri," ujarnya.

"Karena tidak mudah bagi kiper ketika tim tidak dalam performa yang bagus, lalu harus turun berlaga seperti yang Reky lakukan pada laga terakhir kami," jelasnya.

Baca Juga

Peluang Reky Rahayu untuk tampil pada pertandingan selanjutnya di kompetisi Liga 1 2022-2023 cukup besar, meski begitu dia bakal memantau dulu persiapan dan kesiapan pemainnya.

Sebagai informasi, pada pertandingan selanjutnya di kompetisi Liga 1 2022-2023 skuad Maung Bandung bakal menghadapi tuan rumah Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (11/09/22). 

"Tapi bagi saya dia bermain dengan bagus, bagus ketika mengamankan crossing, tampil dengan mental yang kuat juga. Saya harap pada laga berikutnya melawan Arema dia bisa bermain lebih baik lagi," harapnya. 


2. Luis Milla Sebut Beberapa Pemain Persib Masih Cedera

Pertandingan Persib Bandung vs RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (04/09/22).

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, membeberkan kondisi terkini timnya menjelang pertandingan pekan ke-9 Liga 1 Indonesia 2022-2023 kontra Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (11/9/22).

Menurut Luis Milla, masih ada beberapa anak asuhnya yang mengalami cedera dan kemungkinan bakal absen saat menghadapi Arema FC, antara lain Victor Igbonefo dan kiper Teja Paku Alam. 

"Kami masih memiliki masalah pada Victor. Kami juga tahu Teja sama-sama memiliki masalah," kata Luis Milla setelah memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (8/9/22).

Mantan pelatih timnas Indonesia ini menambahkan, Ricky Kambuaya juga masih menjalani program pemulihan mengingat sebelumnya sang pemain mengalami cedera di bagian pergelangan kaki.

"Selain itu, pemain lain yang masih bermasalah dengan kebugaran adalah Ricky Kambuaya karena cedera engkelnya," ucap Luis Milla menambahkan.

Meski masih menjalin program pemulihan, kans Ricky Kambuaya dibawa ke Malang untuk persiapan menghadapi Arema FC tetap terbuka. Luis Milla akan terus memantau kondisi dan kesiapan skuat Persib Bandung sebelum berangkat.

Baca Selengkapnya: Jelang Lawan Arema FC, Luis Milla Sebut Beberapa Pemain Persib Masih Cedera

Persib BandungReky RahayuLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Luiz Fernando Silva Passos

Berita Terkini