x

3 Hal 'Serba' Uang yang Bikin AC Milan Pusing Perpanjang Kontrak Rafael Leao

Kamis, 22 September 2022 14:47 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rafael Leao saat merayakan golnya untuk AC Milan. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, mengalami kesulitan dalam memperpanjang kontrak Rafael Leao.

Seperti diketahui, Rossoneri belum lama ini memang disibukkan dengan upaya perpanjangan kontrak sejumlah pemainnya setelah bursa transfer musim panas berakhir.

Baca Juga

Sebelumnya, klub sudah berhasil menahan beberapa amunisi penting seperti Sandro Tonali dan Rade Krunic.

Dengan memberi Rade Krunic dan Sandro Tonali perpanjangan kontrak, AC Milan sudah selangkah lebih maju dalam mengamankan aset-aset penting mereka musim ini.

Apalagi, perpanjangan kontrak pemain adalah prioritas klub setelah menyelesaikan fokus mereka di bursa transfer musim panas lalu.

Baca Juga

Sejumlah pemain anyar didatangkan sedangkan beberapa lainnya dilepas, namun di sisi lain AC Milan juga perlu mempertahankan apa yang mereka punya.

Terlebih, para pemain seperti Rade Krunic dan Sandro Tonali juga bagian penting di skuad Rossoneri yang memenangkan takhta Liga Italia musim lalu.

Hanya saja, membujuk pemain untuk bertahan tentu bukan perkara mudah. Hal ini pula yang menjadi batu sandungan AC Milan dalam memperpanjang kontrak Rafael Leao.

Baca Juga

Lantas apa yang membuat urusan pemain asal Portugal ini rasa-rasanya cukup seret dengan AC Milan?

Simak ulasannya berikut, yang uniknya semua 'berbau' uang.


1. Rafael Leao Minta Gaji Tinggi di AC Milan?

Rafael Leao saat merayakan golnya untuk AC Milan. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

Bukan isu baru dalam drama perpanjangan kontrak Rafael Leao di AC Milan, atau bahkan pemain mana pun di muka bumi ini.

Sang agen yakni Jorge Mendes kabarnya menginginkan kontrak berdurasi lima tahun baru dengan nilai 7 juta euro (sekitar Rp103,5 miliar) bersih per musim.

Baca Juga

Akan tetapi, AC Milan memberi penawaran di angka 4,5 juta euro (Rp66,5 miliar). Isu inilah yang kemudian membuat kedua belah pihak tidak kunjung menemukan titik kesepakatan.

Berdasarkan laporan Gazzetta Dello Sport, Rafael Leao saat ini mengantongi 1,5 juta euro (Rp22,1 miliar) plus bonus setiap tahunnya.

Kenaikan yang lumayan ke angka 7 juta euro tersebut pun tidak ayal membuat AC Milan pusing tujuh keliling.

 
Baca Juga

Meski di sisi lain, Rafael Leao telah membuktikan kualitas dan kapasitasnya sebagai pemain andal di skuad Stefano Pioli dalam beberapa waktu terakhir.

Padahal setelah datang dari Lille pada 2019, pemain yang kini berusia 23 tahun itu tidak langsung membawa dampak signifikan bagi Rossoneri.

Rafael Leao menjalani debut di Serie A Liga Italia pada 25 Agustus, menggantikan Samu Castillejo dalam kekalahan tandang 0-1 dari Udinese.

Baca Juga

Selang beberapa waktu sejak kedatangannya dari Lille, penampilan yang tidak konsisten membuatnya dilabeli sebagai talenta yang mentah dan meragukan untuk klub sebesar AC Milan.

Namun waktu pada akhirnya menjawab keraguan publik terhadap Rafael Leao. Dalam formasi awal AC Milan yang menjuarai Liga Italia, ia jadi salah satu pemain kunci yang paling menentukan.


2. Hal Memusingkan Lainnya

Rafael Leao saat merayakan golnya untuk AC Milan. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

Kasus dengan Sporting Lisbon

Selain urusan gaji, hal ‘berbau’ uang lain yang bisa membuat AC Milan sulit memperpanjang kontrak Rafael Leao adalah kasusnya dengan sang mantan klub, Sporting Lisbon.

Pada 2018, ia mengakhiri kontraknya secara sepihak dengan raksasa Liga Portugal tersebut, sebelum angkat kaki secara gratis ke Lille dan merapat ke AC Milan pada 2019.

Baca Juga

Pada Maret 2020, Rafael Leao diperintahkan membayar Sporting Lisbon 16,5 juta euro (Rp244,1 miliar) oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga Portugal, karena dianggap memutus kontrak kerja secara tidak sah.

Alhasil, AC Milan sebagai pemilik Rafael Leao saat ini pun kena getahnya. Mereka harus membantu sang pemain membayar kompensasi ke Sporting Lisbon tersebut.

Ketika masih ada permintaan gaji yang harus dipikir, AC Milan juga harus berkutat dengan kompensasi yang jumlahnya tidak sedikit tersebut.

Baca Juga

Chelsea

Tidak dapat dipungkiri bahwa klub-klub Liga Inggris memang punya daya tarik tersendiri bagi siapa saja pemain yang mereka minati di bursa transfer.

Belum lama ini, Rafael Leao pun tahu seperti apa rasanya menjadi incaran salah satu klub terkaya di Liga Inggris, Chelsea.

Meski upaya kubu Todd Boehly untuk mendatangkan Rafael Leao di bursa transfer musim panas ini gagal, ada kabar yang menyebut mereka belum menyerah dan akan kembali berjuang Januari nanti.

Baca Juga

Bahkan, mereka tidak segan memberi sang pemain gaji berlimpah, sesuai keinginan Rafael Leao tapi sulit diwujudkan AC Milan.

Berdasarkan laporan Sempre Milan, klub asal London tersebut sanggup membayar sang pemain di angka 6-9 juta euro per tahun.

ChelseaAC MilanLiga ItaliaRafael LeaoBerita Liga ItaliaOne Football

Berita Terkini