x

Bungkam Mulut Pengkritik, Roberto Mancini Bongkar Kunci Sukses Italia Kalahkan Inggris

Sabtu, 24 September 2022 15:25 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Italia, Roberto Mancini bongkar kunci kemenangan yang diraih oleh Gli Azzurri atas Inggris dalam Grup A1 UEFA Nations League 202/23. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

FOOTBALL265.COM – Pelatih Italia, Roberto Mancini, bongkar kunci kemenangan yang diraih oleh Gli Azzurri atas Inggris dalam Grup A1 UEFA Nations League 202/23.

Pasalnya dalam laga lanjutan UEFA Nations League antara Italia vs Inggris di Stadion Giuseppe Meazza pada Sabtu (24/09/22) dini hari WIB, Gli Azzurri menang dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga

Hal tersebut tidak terlepas dari peran sang pelatih Italia, Roberto Mancini karena berhasil menggunakan skema yang tepat kala menghadapi The Three Lions.

Dalam pertandingan tersebut, Roberto Mancini menerapkan formasi 3-5-2, dan mengesampingkan skema 4-3-3 yang pernah digunakan sebelumnya.

Alasan awal allenatore asal Italia menggunakan formasi tersebut adalah karena cederanya Ciro Immobile, yang selalu menjadi bomber andalannya, serta tidak ada pemain sayap yang tepat.

Baca Juga

Sehingga, pelatih berusia 57 tahun tersebut tersebut memasang due Giacomo Raspadori, dan Gianluca Scamacca di lini terdepan Gli Azzurri.

Melansir dari Football Italia, menurut Mancini salah satu kunci kemenangan yang diraih timnya adalah dengan formasi yang digunakan mampu memberi lebih banyak soliditas dalam bertahan.

“Ini adalah sistem yang memberi kami lebih banyak soliditas dalam pertahanan, tetapi terkadang bisa membuat kami terlalu banyak melakukan peregangan,” ungkapnya.

Baca Juga

“Kami berusaha menjaga tim seketat mungkin. Kami tidak memiliki pemain yang tepat untuk sayap, jadi saya membuat keputusan untuk bermain (dengan) 3-5-2, walaupun Immobile sudah fit,” jelasnya.

Selain itu, dengan kemenangan tersebut, Italia membuka peluang untuk bisa melangkah ke fase selanjutnya. Sehingga Roberto Mancini memberikan tanggapannya atas hasil positif yang diraih.


1. Jadi Kepuasaan Tersendiri bagi Mancini

Gianluca Mancini (kiri) saat mendapat arahan dari pelatihnya di Timnas Italia, Roberto Mancini.

Dengan kemenangan yang diraih, Timnas Italia saat ini menempel ketat Hongaria, yang secara mengejutkan bertengger di puncak klasemen dengan raihan 10 poin.

Sementara Gli Azzurri berada di posisi kedua, membukukan 2 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 1 kekalahan, dengan mengumpulkan torehan delapan poin.

Baca Juga

Sehingga, pertandingan putaran terakhir UEFA Nations League Grup A1, antara Italia vs Hungaria akan menjadi laga penentuan untuk memperebutkan puncak klasemen.

Sedangkan, menurut Roberto Mancini, modal paling penting dalam menjalani pertandingan bukanlah sistem taktis, melainkan semangat yang dimiliki oleh tim.

Selain itu, Mancini juga berharap agar Immobile mampu segera sembuh pada hari Senin, sehingga mampu membela negaranya saat laga melawan Hungaria.

Baca Juga

“Sistem taktis tidak sepenting semangat tim dan kami (mampu) meraih hasil positif hari ini,” ujar Mancini dikutip dari Footbal Italia.

“(Ciro) Immobile mengalami sedikit masalah, tidak ada yang serius, kami berharap dapat memulihkannya pada hari Senin.”

Baca Juga

Di sisi lain, pelatih kelahiran Jesi pada 27 November 1964 tersebut juga mengakui kemenangan atas Inggri menjadi kepuasan tersendiri baginya.

“Selalu memuaskan untuk mengalahkan Inggris, tetapi terutama setelah masa sulit yang kami alami baru-baru ini, itu menghilangkan sedikit tekanan dan itu penting,” pungkas Roberto Mancini.


2. Southgate Dicerca Fans Sendiri

Pelatih Timans Inggris, Gareth Southgate.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, dicerca fans sendiri setelah The Three Lions dibekuk Italia dengan skor tipis 1-0 di UEFA Nations League.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Italia asuhan Roberto Mancini dan Inggris asuhan Gareth Southgate sempat bertemu saat bentrok final Euro 2020.

Laga ini sudah menjadi laga panas yang sarat kontroversi, seperti pemain Timnas Inggris bernama Bukayo Saka yang bajunya ditarik oleh Giorgio Chiellini demi menggagalkan counter-attack The Three Lions.

Baca selengkapnya: UEFA Nations League: Inggris Gagal Balas Dendam dan Degradasi, Southgate Dicerca Fans Sendiri

InggrisItaliaRoberto ManciniBola InternasionalUEFA Nations League

Berita Terkini