x

Liga 1: Batal Lawan Barito Putera, PSM Sewa Pesawat Pribadi Balik ke Makassar

Selasa, 4 Oktober 2022 08:25 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
Direktur Utama klub Liga 1 PSM Makassar, Sadikin Aksa. Foto: Adriyan Adirizky R/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Kepastian batalnya laga tunda pekan keenam Liga 1 Indonesia 2022-2023 menghadapi Barito Putera memaksa PSM Makassar menyewa pesawat komersil pribadi untuk putar balik ke Kota Daeng.

Sebagaimana diketahui, duel tersebut urung digelar menyusul Tragedi Kanjuruhan yang membuat sepak bola Tanah Air sangat berduka akibat menelan ratusan korban jiwa.

Baca Juga

Tak hanya itu, dua laga sisa pekan ke-11 Liga 1 2022-2023, yaitu PSIS Semarang vs Bhayangkara FC dan big match Persib Bandung kontra Persija Jakarta juga batal digelar.

“Jadi jadwal tunda kami ya akan tertunda lagi,” ujar Direktur Utama PSM Makassar, Sadikin Aksa, kepada awak media olahraga, Minggu (2/10/22).

Pria berusia 45 tahun ini mengungkapkan bahwa tim langsung diboyong balik ke Kota Daeng dengan menyewa sebuah pesawat kompersil pribadi sesuai permintaan pelatih Bernardo Tavares.

Baca Juga

“Tadi pagi, coach meminta untuk langsung pulang ke Makassar. Memang ada rencana menyewa pesawat karena jadwal kami sangat padat,” ucap Sadikin Aksa.

“Jadi, seharusnya setelah melawan Barito Putera, kami langsung balik ke Makassar pada malam hari karena kalau menunggu hari esoknya kan pemain tak punya waktu istirahat,” cetusnya.

Baca Juga

“Pemain pasti rehat sehari untuk bertemu dengan keluarga karena bagi coach, hal tersebut sangat penting. Alasannya, keluarga lah yang memberikan dukungan paling kuat kepada pemain,” tutur Sadikin Aksa.

Sekadar informasi, duel melawan Barito Putera pada pekan keenam Liga 1 2022-2023 batal digelar karena bertepatan dengan laga PSM Makassar di final Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara kontra Kuala Lumpur City FC, 24 Agustus silam.


1. Latihan Sebelum Pulang

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin latihan di Stadion Kalegowa, Senin (25/09/22). Foto: Adriyan Adirizky R/INDOSPORT

Sementara itu, Sulaiman Abdul Karim selaku Media Officer PSM Makassar mengatakan bahwa Bernardo Tavares tetap menggelar latihan di Stadion Demang Lehman sebelum pulang ke Kota Daeng.

Pria yang telah menjabat MO sejak 2017 ini mengaku agenda tersebut adalah keinginan sang pelatih yang tetap menggunakan jatah official training meskipun laga kontra Barito Putera batal.

“Bernardo Tavares mau gelar latihan dulu di Stadion Demang Lehman sore hari sebelum malamnya pulang dengan menyewa pesawat komersil pribadi biar terbang langsung ke Makassar,” ucap Sulaiman Abdul Karim.

Baca Juga

Kepastian batalnya laga Barito Putera melawan PSM Makassar menjadi kesepakatan kedua belah pihak saat PSSI dan PT LIB belum mengambil sikap terkait masa depan Liga 1 2022-2023.

“Berdasarkan hasil dari match coordination meeting menyatakan bahwa laga yang digelar pada tanggal 3 Oktober 2022 tersebut resmi ditunda,” tulis Media Officer, Sulaiman Abdul Karim, via grup WhatsApp Pewarta PSM Makassar.

Baca Juga

Buntut Tragedi Kanjuruhan sehingga pelaksanaan Liga 1 2022-2023 terkatung-katung membuat PSM Makassar belum menentukan rencana ke depannya, salah satunya ialah agenda latihan.


2. Sampaikan Belasungkawa

Starting XI PSM Makassar vs Arema FC pada pekan kelima BRI Liga 1 2022/23. Foto: Adriyan Adirizky R/INDOSPORT

Di sisi lain, seluruh pemain, jajaran pelatih, dan manajemen klub PSM Makassar turut menyampaikan belasungkawa untuk Tragedi Kanjuruhan yang telah merenggut ratusan korban jiwa.

Pada video bernuansa hitam-putih tersebut, dua kapten yaitu M Arfan dan Wiljan Pluim plus pelatih Bernardo Tavares berharap sepak bola di Tanah Air kelak bisa terbebas dari kejadian serupa.

Barito PuteraPSM MakassarSadikin AksaLiga IndonesiaStadion KanjuruhanLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballBernardo Tavares

Berita Terkini