x

Jadi Topskor Kualifikasi Piala Asia U-17, Arkhan Kaka Ungkap Arti Selebrasi Ala Bambang Pamungkas

Kamis, 6 Oktober 2022 06:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Timnas Indonesia vs UEA di Stadion Pakansari, Rabu (05/10/22).

FOOTBALL265.COM - Striker Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka Putra jadi pahlawan saat kalahkan Uni Emirat Arab di laga kedua Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Rabu (05/10/22) di Stadion Pakansari. Dua golnya antarkan skuad Garuda Asia menang 3-2.

Arkhan mencetak gol pertama ke gawang Uni Emirat Arab pada menit ke-30. Lalu gol kedua dilesakan di babak kedua, tepatnya menit ke-54. 

Baca Juga

Dua gol tambahan itu menempatkan Arkhan jadi topskor sementara di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Pemain 15 tahun itu sebelumnya cetak empat gol ketika Timnas Indonesia U-17 kalahkan Guam U-17 dengan skor 14-0. 

Menariknya, ketika jebol gawang UEA, Arkhan melakukan selebrasi ikonik ala topskor Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas. 

Bambang Pamungkas memang dikenal puya selebrasi gol dengan mengayunkan tangan secara perlahan dari belakang, ke bawah dan ke depan atas.

Baca Juga

Menurut Arkhan, selebrasi itu dilakukannya secara spontan. Tapi, dia juga menghormati sosok Bambang Pamungkas dan jadikan panutan. 

"Soal selebrasi, itu spontan dan refleks saja. Sebab Pak Bambang dulu tandem ayah saya di Timnas Indonesia. Jadi saya menghargai beliau," ujar Kaka.

Arkhan Kaka merupakan putra dari mantan striker Timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Purwanto. Sang ayah pernah berduet dengan Bambang Pamungkas di Timnas Indonesia dan Persija pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.


1. Tak Berambisi Jadi Top Skor

Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Timnas Indonesia vs UEA di Stadion Pakansari, Rabu (05/10/22).

Meski telah cetak enam gol dalam dua laga di Kualifikasi Piala Asia U-17, Arkhan tidak berambisi jadi top skor. Baginya, dia harus tampilkan permainan terbaik dan bantu Timnas U-17 raih kemenangan.

Target utama Arkhan Kaka adalah membawa Timnas U-17 lolos babak utama Piala Asia U-17 2023. Mereka harus menyusul seniornya yakni Timnas U-20 dan tim senior yang telah pastikan tiket Piala Asia

Baca Juga

"Kalau buat saya, target gol itu gak utama. Yang penting adalah membawa Timnas U-17 lolos ke Piala Asia," tegasnya. 
Penampilan apik Arhan dan Timnas U-17 juga dilandasi keinginan untuk persembahkan kado bagi korban tragedi Stadion

Kanjuruhan. Mereka ingin berikan sedikit kegembiraan, setelah masa kelam sepak bola Tanah Air. 

"Itu juga buat kami lebih termotivasi.  Semoga ke depan sepak bola kita lebih baik lagi," tuntas pemilik nomor punggung 8 itu. 

Baca Juga

Setelah bawa Timnas U-17 menang atas Guam dan UEA. Arkhan Kaka dkk harus kembali bersiap karena masih ada dua laga tersisa yakni melawan Palestina dan Malaysia. 

Kemenangan atas UEA membawa Timnas U-17 ke puncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Skuad Garuda Asia raih enam poin dari dua laga atau sama dengan UEA tapi unggul head to head dan selisih gol. 


2. Komentar Bima Sakti

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti dan manajer Timnas, Sumardji di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

Timnas Indonesia U-17 menang tipis atas Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor tipis 3-2 di laga kedua Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Rabu (05/10/22) di Stadion Pakansari, Cibinong. 

Pelatih Timnas U-17, Bima Sakti mengatakan timnya sempat melakukan kesalahan di babak pertama, sehingga skornya bisa disamakan UEA. Beruntung, Arkhan Kaka dkk, lebih tenang di babak kedua dan berhasil cetak gol tambahan. 

Baca selengkapnya: Timnas Indonesia U-17 Kalahkan UEA dan Puncaki Klasemen, Begini Komentar Bima Sakti

Uni Emirat ArabBola InternasionalKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17Arkhan Kaka

Berita Terkini