x

Kontrak Segera Berakhir, Park Hang-seo Siap Tinggalkan Vietnam demi Latih Timnas Korea Selatan U-20

Kamis, 6 Oktober 2022 13:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Park Hang-seo tampaknya mulai membuka peluang untuk melatih Timnas Korea Selatan U-20 saat kontraknya sebagai juru taktik Timnas Vietnam berakhir tahun depan.

FOOTBALL265.COM – Park Hang-seo tampaknya mulai membuka peluang untuk melatih Timnas Korea Selatan U-20 saat kontraknya sebagai juru taktik Timnas Vietnam berakhir tahun depan.

Seperti diketahui, Park Hang-seo sebentar lagi sampai di penghujung kontraknya bersama Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), tepatnya pada akhir Januari 2023 mendatang.

Baca Juga

Kedua belah pihak rencananya akan bertemu pada akhir bulan Oktober 2022 mendatang, guna membahas perpanjangan kontrak.

Di sisi lain, Park Hang-seo dan tangan kanannya, Lee Young-jin, justru telah mendapat tawaran dari Federasi Sepak Bola Korea (KFA) untuk menangangi Timnas Korea Selatan U-20.

Tawaran ini datang bukan tanpa alasan. Pelatih Korea U-20 saat ini, Kim Eun-jung belum mampu memenuhi target yang diinginkan KFA.

Baca Juga

Padahal tahun depan, Korea Selatan U-20 bakal berlaga di ajang Piala Asia U-20 2023 yang dijadwalkan akan berlangsung di Uzbekistan.

Situasi mulai memanas ketika Ketua Umum VFF, Le Khanh Hai, mengklaim sampai saat ini pihaknya belum menerima surat resmi terkait minat Korea Selatan memboyong Park Hang-seo.

“Kami belum menerima pengumuman resmi mengenai hal ini. Park Hang-seo juga sangat profesional, jika ada masalah terkait kontrak dia akan membicarakannya terlebih dahulu,” ungkap ketua umum VFF.

Baca Juga

Kendati belum ada surat resmi dari KFA yang ingin merekrut Park Hang-seo, rumor ini tentunya bakal memengaruhi kesetiaan sang juru taktik terhadap Vietnam.

Park Hang-seo sebelumnya memang sempat mengikrarkan kesetiaannya terhadap Timnas Vietnam, yang sudah tangangi dalam lima tahun terakhir.


1. Park Hang-seo Buka Peluang Latih Korea Selatan U-20

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Terutama, dengan adanya Piala AFF 2022 pada Desember-Januari mendatang, Park jelas akan fokus membina timnya demi mempertahankan gelar juara di ajang tersebut.

“Bersama Timnas Vietnam, saya telah memenangkan sejumlah gelar tetapi bagi saya keinginan untuk menaklukkan turnamen masih sama kuat,” ujar Park Hang-seo dilansir dari Soha.

Baca Juga

“Pada bulan Oktober (nanti), agen saya akan menemui VFF guna membahas kontrak. Secara pribadi, saya ingin memfokuskan seluruh waktu saya di Piala AFF 2020,” tegasnya.

Namun, bukan tidak mungkin Park Hang-seo bakal mengakhiri kontraknya bersama Vietnam awal tahun depan demi mengambil kesempatan melatih Timnas Korea Selatan.

“Ini mungkin kali terakhir saya bersama tim Vietnam atau mungkin tidak. Semuanya masih belum bisa ditebak. Tapi bagaimanapun, saya ingin melakukan yang terbaik yang saya bisa di turnamen ini.”

Baca Juga

Sekadar informasi, ajang Piala Asia U-20 2023, yang diikuti Korea Selatan U-20, juga bakal diikuti oleh Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong. 

Shin Tae-yong sendiri sebelumnya juga menjadi pelatih Timnas Korea Selatan, tetapi ia melatih tim senior bukan U-20 seperti tawaran yang datang kepada Park Hang-seo. 

Sementara Park Hang-seo tidak akan tampil di ajang Piala Asia U-20 tersebut karena dia hanya fokus menangani Timnas Vietnam senior.

Baca Juga

Timnas Vietnam U-20, yang juga salah satu peserta, saat ini dilatih oleh Dinh The Nam.

Piala Asia U-20 2023 akan jadi kesempatan Timnas Indonesia U-20, Vietnam U-20, dan Korea Selatan U-20 memperebutkan tiket ke putaran final Piala Dunia U-20 yang berlangsung di tahun yang sama di Indonesia.


2. Iri Kesuksesan Timnas Indonesia, Vietnam U-20 Segera Rekrut Kompatriot Shin Tae-yong?

Pelatih Vietnam, Dinh The Nam soal lawan Indonesia dan pemain yg diwaspadai. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT

Iri dengan kesuksesan Timnas Indonesia, Timnas Vietnam U-20 diusulkan untuk merekrut kompatriot Shin Tae-yong, pelatih berpaspor Korea Selatan.

Banyak yang menyesalkan mengapa VFF (federasi sepak bola Vietnam, setara PSSI) menggunakan pelatih lokal Dinh The Nam.

Padahal, saat ini pelatih Timnas Vietnam U-23, Gong Oh-kyun sedang menganggur dan bisa ditarik ke tim U-20 jika diperlukan. B

Dilansir dari media Vietnam, Bongda.com, masyarakat Vietnam menyesalkan mengapa federasi tidak menunjuk Gong Oh-kyun, eks asisten Shin Tae-yong, untuk jadi pelatih.

"Berbicara tentang pelatih Dinh The Nam, dia nyaris tak berdaya saat menyampaikan (strategi) kepada pemain dalam suasana seperti itu (stadion full)," tertulis di Bongda.

Baca selengkapnya: Piala Asia U-20: Iri Kesuksesan Timnas Indonesia, Vietnam U-20 Segera Rekrut Kompatriot Shin Tae-yong?

Korea SelatanBola InternasionalTimnas VietnamPark Hang SeoBerita Timnas IndonesiaPiala Asia U-20 2023

Berita Terkini