x

Kini Pilih Negara Lain, 3 Pemain Top yang Sejatinya Bisa Bela Timnas Inggris

Minggu, 9 Oktober 2022 18:26 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Erling Haaland saat laga Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United

INDOSPORT. COM - Sejumlah pemain top sejatinya bisa memperkuat Timnas Inggris di ajang internasional. Namun mereka kini lebih memilih memperkuat negara lain.

Karier para pesepak bola profesional memang bukan hanya tertera pada level klub saja. Aksi bintang lapangan hijau di kancah internasional bersama negaranya, juga sering mendapat sorotan publik.

Khusus untuk karier di level internasional, ada sejumlah pesepak bola yang dianugerahi hak untuk memilih jalur kariernya sendiri. Hak tersebut muncul lantaran sang pemain memiliki latar belakang kewarganegaraan yang beragam.

Baca Juga

Seperti kisah beberapa pesepak bola top yang bakal INDOSPORT sajikan kali ini. Mereka sejatinya bisa saja membela Timnas Inggris di level internasional, tapi akhirnya lebih memilih memperkuat negara lain.

Latar belakang mereka berdasarkan garis keturunan ataupun tempat kelahiran, memang berkaitan erat dengan Inggris. Oleh sebab itu, mereka sebenarnya sah-sah saja bila dipercaya masuk ke skuat The Three Lions.

Namun opsi mengabdi kepada Inggris ujung-ujungnya tidak mereka ambil. Ketika memasuki jenjang karier senior, mereka memilih negara lain yang masih sesuai dengan latar belakang kewarganegaraannya masing-masing.

Padahal, jika mau membela Timnas Inggris, kemampuan mereka sangat mungkin untuk diandalkan sebagai bintang utama. Apalagi kiprah Timnas Inggris cukup konsisten bersaing di ajang-ajang bergengsi, paling dekat, Piala Dunia 2022 Qatar mendatang.

Lantas, siapa sajakah para pemain top yang sejatinya bisa membela Timnas Inggris, tapi kini lebih memilih negara lain? Simak ulasan lengkapnya berikut!


1. 1. Wilfried Zaha

Pemain Crystal Palace, Wilfried Zaha beraksi dengan Cedric Soares dari Arsenal REUTERS-David Klein

Wilfried Zaha sebenarnya pernah membela Timnas Inggris di level internasional. Kariernya di masa junior, memang merupakan salah satu andalan Timnas Inggris. 

Memasuki jenjang senior, Zaha bahkan sempat dua kali merasakan membela Timnas Inggris. Kedua momen tersebut terjadi di antara tahun 2012 dan 2013, dalam laga persahabatan internasional.

Namun Zaha akhirnya mengambil keputusan memilih negara lain sebagai jalur karier internasionalnya. Pada 2017, pemain Crystal Palace ini bergabung ke tim sepak bola Timnas Pantai Gading.

Latar belakang Zaha memang berhak memilih Pantai Gading, karena ia dahulu lahir di sana. Ketika menginjak usia 12 tahun, Zaha pindah ke London, Inggris, untuk mengembangkan talenta sepak bolanya.

Zaha memang sangat jarang mendapat kesempatan tampil bersama Timnas Inggris. Demi situasi karier level internasional yang lebih baik, ia lantas memilih membela Pantai Gading.

Sejauh ini, Zaha sudah tampil sebanyak 25 kali memperkuat Pantai Gading di laga-laga internasional. Sayangnya, Zaha gagal mengantarkan Pantai Gading merebut tiket lolos ke Piala Dunia 2022.

Reputasi Zaha sendiri dalam beberapa musim terakhir tampak mencuat sebagai winger hebat, meski cuma main di tim medioker, Crystal Palace. Tiga musim terakhirnya di Palace, Zaha selalu memberikan kontribusi vital lewat sumbangan gol-golnya.

Musim lalu, Zaha mencatatkan 14 gol dari 33 penampilan di Liga Inggris. Sementara pada awal musim 2022/23, Zaha sudah mencetak empat gol hanya dari enam laga Premier League.

Baca Juga

2. Jamal Musiala

Jamal Musiala saat laga Bundesliga Jerman antara Bayern Munchen vs Bayer Leverkusen

Reputasi Jamal Musiala sekarang mencuat sebagai salah satu talenta muda terbaik dunia. Bersama Bayern Munchen, ia tumbuh menjadi gelandang yang kreatif sekaligus tajam mencetak gol.

Lihat saja kiprahnya pada awal musim 2022/23. Delapan laga yang dimainkan di Bundesliga Jerman, Musiala berhasil mencetak lima gol serta lima assists.

Perihal karier level internasional, Musiala belakangan rajin dipanggil Timnas Jerman. Pemain berusia 19 tahun ini sudah 17 kali memperkuat Jerman di laga-laga internasional.

Padahal, Musiala sebenarnya dulu pernah merasakan karier internasional bersama Timnas Inggris. Saat masih level junior, ia merupakan andalan tim muda The Three Lions.

Musiala memang tumbuh besar di Inggris. Ia menimba ilmu sepak bola bersama akademi yang dimiliki klub top Liga Inggris, Chelsea.

Namun, Musiala tak bisa melupakan negara tempatnya lahir, yaitu Jerman. Ia lahir di kota Stuttgart sehingga ia berhak membela Timnas Jerman, seperti yang sekarang sedang dijalaninya.


2. 3. Erling Haaland

Erling Haaland saat laga Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United

Fenomemal, itulah kata yang layak untuk menggambarkan karier sepak bola Erling Haaland. Musim ini, bersama klub barunya, Manchester City, pemain berusia 22 tahun tersebut mampu tampil memukau sebagai penyerang.

Bukti nyata bisa kita lihat bersama dari koleksi golnya di Liga Inggris 2022/23. Baru memainkan sembilan laga, Haaland sudah bisa mencetak total 15 gol.

Haaland sendiri sebenarnya termasuk pemain yang bisa memperkuat Timnas Inggris. Faktor penyebabnya lantaran tempat kelahirannya memang di Inggris, tepatnya di kota Leeds.

Baca Juga

Namun Haaland tidak mengambil kesempatan buat membela Inggris di level internasional. Sejak masa junior, Haaland memilih negara asal orang tuanya, yakni Norwegia.

Kiprah Haaland bersama Norwegia tercatat telah bermain sebanyak 23 kali. Kontribusi Haaland untuk negaranya juga cukup tajam, total sejauh ini menghasilkan 21 gol.

Timnas InggrisBola InternasionalErling Braut HaalandJamal Musiala

Berita Terkini