x

Roberto Mancini Bongkar Tim yang Paling Berjasa bagi Timnas Italia

Selasa, 11 Oktober 2022 18:19 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Juni Adi
Pelatih Gli Azzurri, Roberto Mancini membeberkan salah satu tim Liga Italia (Serie A) yang paling berjasa bagi tim nasional.

FOOTBALL265.COM – Pelatih Gli Azzurri, Roberto Mancini membeberkan salah satu tim Liga Italia (Serie A) yang paling berjasa bagi tim nasional.

Sebagaimana diketahui Timnas Italia harus susah payah untuk bisa menjadi juara Grup A3 UEFA Nations League, yang dilakoni pada jeda Internasional kemarin.

Baca Juga

Atas keberhasilan tersebut, menurut Roberto Mancini ada satu tim dari Liga Italia, yang secara tidak langsung membantu kesuksesan Gli Azzurri.

Melansir dari DAZN, sosok tim yang dimaksudkan oleh pelatih kelahiran Jesi, Italia pada 27 November 1964 tersebut adalah Napoli.

Menurut Mancini, Il Partinopei memiliki skuat tim yang sangat baik, disertai dengan pemain berkualitas selama bebrapa tahun belakangan.

Baca Juga

Sehingga, tim yang bermarkas di Stadion Diego Armando Maradona merupakan penyumbang pemaian terbanyak, selain Inter Milan.

Tercatat, saat ini total ada 4 pemain Napoli yang memperkuat Gli Azzurri. Mereka adalah Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Alessio Zerbin, dan tokoh utama kesuksesan Italia, Giacomo Raspadori.

“Napoli telah memiliki tim yang sangat baik dan pemain yang bagus selama bertahun-tahun,” ungkap pelatih Italia,Roberto Mancini.

Baca Juga

“Juga tahun ini mereka telah memulai dengan sangat baik bahkan jika jeda Piala Dunia akan sulit untuk dikelola, tetapi ada semua karakteristik untuk membuat musim yang penting.”

Selain itu, Roberto Mancini juga menjelaskan kunci kemenangan Italia, ketika mampu mengalahkan Inggris di matchday kelima.


1. Roberto Mancini Bongkar Kunci Sukses

Gianluca Mancini (kiri) saat mendapat arahan dari pelatihnya di Timnas Italia, Roberto Mancini.

Pelatih Italia, Roberto Mancini juga membongkar kunci kesuksesan yang diraih oleh timnya saat berlaga di ajang UEFA Nation League beberapa pekan lalu.

Menurut Mancini, keberhasilan yang diraih oleh Gli Azzurri dalam ajang tersebut, tidak terlepas dari tepatnya skema yang diterapkan.

Baca Juga

Secara khusus, Allenatore asal Italia tersebut menekankan dalam laga melawan Inggris di matchday kelima UEFA Nations League Grup A3.

Pelatih berusia 57 tahun tersebut, menjelaskan bahwa dengan skema yang tepat, anak asuhnya bisa menampilkan permainan impresif, plus mampu menang

Pasalnya, dalam laga melawan The Three Lions, Mancini kembali menerapkan formasi 3-5-2. Serta, mengesapingkan skema yang selalu diterapkan dalam laga-laga sebelumnya, 4-3-3.

Baca Juga

Perubahan yang dilakukan oleh Roberto Mancini dinilai berhasil. Mengingat, Gli Azzurri mampu memenangkan pertandingan, meski dengan skor tipis 1-0.

Selain itu, Mancini mempercayakan lini serang Italia kepada dua pemain muda yakni, Giacomo Raspadori dan Gianluca Scamacca.

Hal tersebut juga dinilai jarang dilakukan oleh Roberto Mancini. Mengingat, dirinya selalu mengandalkan Ciro Immobile sebagai striker tunggal.

Baca Juga

“Ini adalah sistem yang memberi kami lebih banyak soliditas dalam pertahanan, tetapi terkadang bisa membuat kami terlalu banyak melakukan peregangan,” ujar Roberto Mancini.

“Kami berusaha menjaga tim seketat mungkin. Kami tidak memiliki pemain yang tepat untuk (bek) sayap, jadi saya memutuskan untuk bermain (dengan) 3-5-2, meski Immobile sudah fit” pungkasnya.


2. Roberto ManciniMasih Belum Puas

Pelatih Italia Roberto Mancini. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

Timnas Italia memastikan diri lolso ke semifinal UEFA Nations League setelah mampu mengalahkan Hungaria 2-0.

Italia finis di singgasana Grup 3 Liga A UEFA Nations League (UNL) musim 2022/23. Gli Azzurri baru saja mengalahkan tuan rumah Hungaria, dua gol tanpa balas di Puskas Arena, Budapest, Selasa (27/9) dini hari WIB.

Kubu tamu tampil efektif memanfaatkan peluang yang diciptakan. Sebaliknya, skuat Magyars sempat beberapa kali menebar ancaman.Namun para gladiator negeri pizza, disiplin menahan gempuran lawan.

Pelatih Italia, Roberto Mancini bereaksi.Meski timnya menang dengan skor meyakinkan, ia belum sepenuhnya puas. Masih ada sesuatu yang harus diperbaiki.

"Kami tampil luar biasa selama 70 menit. Saya tidak terlalu menyukai (penampilan kami) di 20 menit terakhir," kata allenatore 57 tahun ini, dikutip dari uefa.com.

Baca selengkapnya: Mancini Masih Belum Puas dengan Performa Timnas Italia Meski Lolos Semifinal UEFA Nations League

ItaliaSerie A ItaliaRoberto ManciniNapoliLiga Italia

Berita Terkini