x

Deretan Fakta Jelang Big Match Liverpool vs Man City: Semesta Tak Berpihak pada The Reds!

Minggu, 16 Oktober 2022 14:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain Liverpool Virgil van Dijk dan pemain Manchester City Kevin De Bruyne di Liga Inggris, Minggu (10/04/22). Foto: REUTERS/Phil Noble

FOOTBALL265.COM – Berikut deretan fakta yang menghiasi laga jelang Big Match Liga Inggris (Premier League) 2022/23 antara Liverpool vs Manchester City.

Pekan ke-11 Liga Inggris 2022/23 akan menggelar laga bertajuk Big Match saat dua tim teratas, Liverpool dan Manchester City, saling berhadapan, Minggu (16/10/22) malam WIB.

Baca Juga

Duel ini disebut duel Big Match mengingat rivalitas kedua tim sejak musim 2017/18 hingga musim 2021/22 lalu. Setiap musimnya, Liverpool dan Manchester City saling adu sikut untuk menjadi yang terbaik.

Karena rivalitas sengit antara kedua tim dalam lima musim terakhir ini membuat laga nanti diprediksi akan berlangsung panas.

Liverpool yang menjadi tuan rumah, akan berusaha sekuat tenaga untuk mencuri kemenangan atas rival terberatnya itu.

Baca Juga

Pasalnya, Liverpool tengah membutuhkan ‘Turning Point’ untuk mengembalikan performanya di Liga Inggris musim ini menyusul raihan 10 poin dari delapan laga yang dijalani.

Kondisi pincang Liverpool ini berbanding terbalik dengan Man City yang tengah menggebu-gebu sejak awal musim 2022/23 dimulai.

Sejak awal musim, Man City mampu bertengger di papan atas dan menjadi tim paling subur di Liga Inggris 2022/23 sejauh ini dengan torehan 33 gol.

Baca Juga

Tak pelak, laga yang akan berlangsung malam nanti pun akan berjalan timpang, setidaknya bagi Liverpool selaku tuan rumah.

Meski begitu, tak ada salahnya melihat deretan fakta jelang laga Liverpool vs Manchester City nanti. Akankah The Reds punya peluang?


1. Fakta Liverpool vs Man City

Proses gol Trent Alexander-Arnold di laga Liverpool vs Manchester City (30/07/22). (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

1. Rekor Buruk Liverpool

Meski berstatus tuan rumah, Liverpool dilanda rekor buruk dalam duelnya melawan Manchester City di kancah Liga Inggris.

Dalam lima pertemuan terakhirnya melawan Man City di Liga Inggris, Liverpool tak pernah menang dengan catatan tiga kali imbang dan dua kekalahan.

Parahnya lagi, status tuan rumah tak menjamin Liverpool bisa menang. Karena Man City mampu merengkuh empat poin dalam dua lawatan terakhirnya ke Anfield.

Baca Juga

2. Rekor Apik Liverpool

Meski dilandar rekor buruk, Liverpool dan Jurgen Klopp juga dinaungi rekor apik saat menghadapi Manchester City yang ditukangi Pep Guardiola.

Liverpool tercatat setidaknya mampu mencetak minimal dua gol di empat laga terakhir melawan Man City di seluruh kompetisi.

Hebatnya lagi, Liverpool punya rekor apik kala melawan juara bertahan Liga Inggris, dengan memenangkan 22 laga. Bahkan, Anfield juga terbilang angker, di mana The Reds tak pernah kalah dalam 13 laga terakhirnya di kandang melawan juara bertahan.

Baca Juga

3. Man City yang Moncer

Bertandang ke Anfield, Man City tak hanya punya rekor mentereng atas Liverpool, melainkan punya rekor mentereng di Liga Inggris.

Dalam 37 pertandingan terakhirnya di Liga Inggris, Man City memiliki rekor 16 kemenangan dan 5 hasil imbang atas lawan-lawannya.

Sedangkan di laga tandang, Man City tak terkalahkan dalam 22 laga tandang dengan catatan 16 kemenangan dan 6 hasil imbang.


2. Fakta Lainnya

Manchester City vs Liverpool di Semifinal Piala FA (Reuters/Tony Obrien)

4. Man City Bisa Teruskan Tren?

Jelang duel melawan Liverpool, Man City punya catatan mentereng dengan menjadi tim yang paling sering mencetak gol terlebih dulu atau gol pembuka di Liga Inggris 2022/23.

Total Man City telah 8 kali mencetak gol pembuka di Liga Inggris musim ini, unggul atas 19 kontestan Liga Inggris musim 2022/23 ini.

Baca Juga

Di sisi lain, Liverpool justru menjadi tim kedua yang paling sering kebobolan lebih dulu yakni dengan enam kali kebobolan dari lawannya.

5. Mo Salah vs Haaland, Siapa yang Bersinar?

Mohamed Salah akan menjadi tumpuan Liverpool di laga kontra Man City, mengingat rekor apik yang dimilikinya kala melawan The Cityzens.

Baca Juga

Dalam lima laga kandang terakhir Liverpool melawan Man City, Mo Salah mampu mencetak empat gol ke gawang lawannya tersebut.

Di sisi lain Erling Haaland akan menjadi tumpuan. Sebab, dirinya telah mencetak 15 gol di Liga Inggris 2022/23 sejauh ini dalam 9 laga saja.

LiverpoolManchester CityMohamed SalahAnfield StadiumLiga InggrisErling Braut HaalandOne Football

Berita Terkini