x

3 Pesaing Berat Manchester City untuk Takhta Juara, setelah Kalah Perdana di Liga Inggris

Senin, 17 Oktober 2022 14:06 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Manchester City sudah terbukti bisa ditekuk di awal musim Liga Inggris (Premier League) 2022-2023. Foto: Reuters/Carl Recine.

FOOTBALL265.COM - Manchester City sudah terbukti bisa ditekuk di awal musim Liga Inggris (Premier League) 2022-2023.

Adalah Liverpool yang jadi pembawa mimpi buruk Erling Haaland dkk pada pekan ke-11 yang laganya berlangsung pada Minggu (16/10/22) malam.

Baca Juga

Manchester City yang tentu saja diunggulkan karena penampilan mereka yang ‘baik-baik’ saja saat awal musim ini, ternyata takluk di tangan Liverpool, tim penghuni papan tengah klasemen.

Aksi solo Mohamed Salah di babak kedua sudah cukup membungkam The Citizens di Anfield sehingga poin penuh pun berhasil diraih.

Apabila ini adalah kemenangan tuan rumah yang ketiga di Liga Inggris, laga semalam di sisi lain adalah kekalahan perdana tim tamu setelah mencatatkan sembilan kemenangan dan dua hasil imbang.

Baca Juga

Setelah terpelesetnya Manchester City, publik tentu akan sangat bergairah menanti seperti apa peta persaingan di Liga Inggris musim ini dalam beberapa waktu ke depan.

Anak-anak asuh Pep Guardiola mungkin kandidat terkuat untuk meraih mahkota juara seperti tahun-tahun sebelumnya, apalagi mereka saat ini sudah kedatangan seorang Erling Haaland.

Akan tetapi, yang namanya kompetisi harus memiliki kompetitor yang bakal bersaing demi sebuah kemenangan.

Baca Juga

Lantas, siapa saja yang terbilang cukup layak jadi pesaing berat Manchester City untuk merengkuh gelar raja Liga Inggris musim ini?

Mungkinkah Liverpool, yang meski terseok-seok ternyata mampu membungkam musuh bebuyutan mereka itu semalam?


1. Liverpool Masih Bisa Saingi Manchester City

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Meski saat ini sedang terseok-seok di Liga Inggris meski berstatus runner-up musim lalu, Liverpool pada dasarnya masih layak jadi pesaing terberat Manchester City pada 2022-2023 ini.

Buktinya, mereka adalah tim pertama yang berhasil membuat para pemain Pep Guardiola tertunduk lesu karena kalah di pertandingan.

Baca Juga

Sebelum ini, raihan terbaik para kontestan liga untuk menumbangkan The Citizens hanya mentok di hasil imbang, yang mana dilakukan oleh Newcastle United (3-3) dan Aston Villa (1-1).

Cukup mengagetkan memang, mengingat dua tim tersebut bukan kontestan yang sering bertengger di papan atas klasemen.

Akan tetapi, perjuangan mereka dalam mengimbangi permainan The Citizens berbuah cukup manis dengan menahan sang petahana meraup lebih banyak poin.

Baca Juga

Liverpool sendiri untuk saat ini masih terus berbenah usai ditinggal Sadio Mane dan dilanda ‘kutukan’ tujuh tahun masa kepelatihan Jurgen Klopp.

Bukan tidak mungkin, The Reds bisa bangkit dalam beberapa waktu ke depan dan menyodok naik ke papan teratas klasemen.

Bagaimanapun juga, mereka bukanlah tim kecil yang bisa dihempas dengan mudah meski berada di tepi jurang sekalipun.

Baca Juga

Peluang Liverpool menjadi pesaing terberat Manchester City juga didukung fakta sejarah bahwa dua tim ini sudah sering besaing ketat memperebutkan peringkat satu klasemen.

Bahkan yang teranyar, musim lalu Manchester City tampil sebagai juara Liga Inggris setelah unggul satu angka saja dari Liverpool. Bahkan, gelar mereka tersebut harus ditentukan sampai pekan terakhir kompetisi.

 

2. Arsenal dan Tottenham Hotspur

Mikel Arteta sedang meraih kesuksesan bersama Arsenal. Foto: Marc Atkins/Getty Images.

Arsenal

Mikel Arteta nampaknya saat ini sedang tersenyum melihat anak-anak asuhnya masih menghuni puncak klasemen Liga Inggris 2022-2023.

Sampai tulisan ini dibuat, The Gunners belum goyah di pucuk dengan raihan 27 poin dari 10 laga yang sudah dilalui.

Baca Juga

Tidak ayal, dengan situasi mereka saat ini, Bukayo Saka dkk layak menjadi penantang gelar liga yang harus diwaspadai Manchester City.

Hanya saja, Arsenal wajib waspada lantaran mereka sudah sering merasakan ‘kutukan’ juara paruh musim: berjaya hingga Desember kemudian lengser setelah Natal.

Namun sejauh ini sepak terjang Arsenal sebagai pemuncak klasemen terbilang cukup baik lantaran hanya kalah satu kali.

Baca Juga

Mereka juga mencatatkan sembilan kemenangan dengan tanpa satu pun hasil imbang. Akankah The Gunners akhirnya jadi juara Liga Inggris lagi setelah sekian lama?

“Kesabaran Mikel tidak hanya mengubah tim, tetapi juga klub. Ini adalah faktor tersendiri dan mereka saat ini sudah jadi penantang,” ucap Pep Guardiola seperti diwartakan laman Manchester World.

Yang jelas, Manchester City tentu siap menjegal cita-cita mulia tersebut dengan terus memepet Arsenal di posisi runner-up, sambil menanti momen yang tepat untuk melancarkan kudeta.

Baca Juga

Tottenham Hotspur

Spurs adalah ahlinya ‘tim hore’ yang selalu konsisten memeriahkan perburuan gelar Liga Inggris dari masa ke masa. Akan tetapi, mungkin saja hal tersebut bakal berubah musim ini di tangan Antonio Conte.

Kini bertengger di peringkat 3 klasemen, Spurs tentu berharap tren apik selalu menyertai mereka di setiap pertandingan musim ini.

Apalagi, Pep Guardiola juga telah mengiyakan mereka sebagai salah satu kandidat yang sangat layak menantang Manchester City dalam perburuan takhta juara.

LiverpoolManchester CityLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini