x

Kerja Sama dengan Klub Raksasa Liga Belanda, PSSI Akan Kirim Pemain Muda

Kamis, 20 Oktober 2022 16:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri bertemu perwakilan klub Liga Belanda, Feyenoord Rotterdam. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri, menjelaskan bahwa salah satu klub Liga Belanda (Eredivisie), Feyenoord Rotterdam, sudah mengajukan nota kesepakatan atau MoU untuk kerja sama pembinaan pemain muda. 

Beberapa waktu lalu, Indra Sjafri berada di Belanda. Ia memantau pemain keturunan yang diproyeksikan untuk memperkuat timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Indra Sjafri juga bertemu perwakilan dua klub raksasa Liga Belanda, Feyenoord Rotterdam dan Ajax Amsterdam. 

Mereka membahas kerja sama terkait pengelolaan akademi, kurikulum sepak bola, dan potensi pemain Indonesia merumput di dua klub tersebut atau Liga Belanda.

“Kami menjajaki kerja sama kemarin Feyenoord yang sudah mengajukan MoU. Yang lain kami lapor dulu ke Kesekjenan nanti akan tindaklanjuti bentuk kerja samanya,” kata Indra Sjafri, Kamis (20/10/22).

Baca Juga

“Tapi poin poin teknis sudah saya sampaikan. Kerja samanya untuk usia muda, khusus peluang pemain muda untuk bermain di sana,” imbuhnya.

Indra Sjafri tertarik mengajak Ajax dan Feyenoord untuk bekerja sama, dengan harapan kedua klub dapat memberikan masukan terhadap filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia). 

Selain Ajax dan Feyenoord, delegasi PSSI juga menyambangi federasi sepak bola Belanda, KNVB. Mereka menjalin komunikasi dengan Manajer Hubungan Internasional, Michael van der Star, serta dua kolega yang membidangi tim nasional dan pemasaran.

Baca Juga

PSSI dan KNVB bertukar ide terkait best-practices di bidang dcouting, coach education, youth development, sepak bola wanita dan pengelolaan Timnas. 

Kedua pihak tak lupa menjajaki kemungkian menggelar pemusatan latihan (TC) di Belanda serta pertandingan uji coba antara timnas Indonesia U-20 melawan Belanda U-20.


1. 4 Calon Naturalisasi

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri bertemu perwakilan klub Liga Belanda, Feyenoord Rotterdam. (Foto: PSSI)

Sementara itu, terkait pantauan pemain muda keturunan untuk timnas U-20, Indra Sjafri telah menyerahkan empat nama kepada pelatih Shin Tae-yong. Mengerucut dari tadinya 11 nama.

Sayangnya, Indra Sjafri belum bersedia membocorkan nama atau identitas empat pemain pilihan tersebut. Meski disinggung nama Ivar Jenner dan Justin Hubner, Dirtek PSSI tak bergeming.

Indra Sjafri menegaskan, pemain yang dipilih sudah sesuai kriteria dan kebutuhan Shin Tae-yong. Apabila ada perubahan atau tambahan, maka PSSI menunggu keputusan juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Baca Juga

Lebih lanjut, Indra Sjafri belum menjabarkan secara detail apakah empat pemain itu 100 persen mau membela timnas Indonesia. Harus ada tahapan komunikasi berikutnya, sampai benar-benar fix, baru akan diumumkan ke publik. 

Berdasarkan informasi yang didapat INDOSPORT, pemain pilihan Shin Tae-yong merupakan grade A atau kualitasnya sudah teruji di klub. 

Baca Juga

Sebelumnya ada tiga pemain keturunan yang sempat dipanggil ikut latihan menjelang Piala AFF U-19 2022. Mereka adalah Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel.

Akan tetapi, kabarnya Shin Tae-yong belum puas dengan kemampuan ketiga nama itu. Sehingga, dia memutuskan untuk mengajukan nama baru ke PSSI.

BelandaPSSIIndra SjafriAjax AmsterdamFeyenoordTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaOne Football

Berita Terkini