x

Termasuk Qatar, 3 Negara Kuda Hitam yang Diprediksi Lolos Penyisihan Grup Piala Dunia 2022

Senin, 24 Oktober 2022 17:41 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Prediksi tiga negara kuda hitam yang berpotensi lolos dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 bulan November mendatang. Tuan rumah bisa buat kejutan?

FOOTBALL265.COM – Prediksi tiga negara kuda hitam yang berpotensi lolos dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 bulan November mendatang. Tuan rumah bisa buat kejutan?

Hanya tinggal beberapa pekan, gelaran sepak bola tertinggi antar negara yakni Piala Dunia 2022 akan segera dimulai.

Baca Juga

Qatar yang bakal jadi tuan rumah penyelenggara, disebut telah menggelontorkan dana mencapai $220 miliar USD untuk mempersiapkan diri pada ajang empat tahunan ini.

Total dana tersebut digunakan Qatar untuk membangun infrastruktur pertandingan, mulai dari stadion bertaraf FIFA hingga tempat latihan para peserta Piala Dunia 2022.

Dengan terpilih sebagai tuan rumah, Timnas Qatar pun berhasil pecahkan rekor yakni tampil kali pertama di gelaran Piala Dunia sepanjang sejarah.

Baca Juga

Zona Asia sendiri mengirimkan enam wakil termasuk Qatar pada edisi kali ini. Tim-tim tersebut antara lain Australia, Iran, Jepang, Saudi Arabia serta Korea Selatan.

Walau kerap jadi pelengkap, namun kekuatan sepak bola Asia saat ini sudah mulai banyak kemajuan dan sering menyulitkan para peserta dari kawasan Eropa maupun Amerika Latin.

Bahkan pada tahun 2018 lalu, Timnas Jepang untuk kali ketiga dalam sejarah mereka, sukses lolos babak 16 besar Piala Dunia usai menjadi runner up dibawah Kolombia.

Baca Juga

Pada Piala Dunia 2022 nanti, sejumlah negara yang dianggap kuda hitam pun diprediksi bakal bisa buat kejutan dengan lolos dari penyisihan grup.

Lantas tim mana sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Serbia

Pemain Serbia Aleksandar Mitrovic merayakan gol ketiga mereka dengan Dusan Vlahovic REUTERS-Marko Djurica

Negara pertama adalah Serbia. Sejatinya pada tahun 1930 hingga 1990 atau saat masih bernama Yugoslavia, kekuatan sepak bola Serbia terbilang kuat di Eropa.

Terbukti, mereka mampu dua kali menempati urutan keempat Piala Dunia pada 1930 dan 1962. Tetapi saat terpecah dan menjadi negara sendiri yakni Serbia, kekuatan skuad The Eagles alami penurunan.

Baca Juga

Di Piala Dunia 2018 lalu, Serbia pun hanya finish di peringkat tiga setelah kalah dari Brasil dan Swis pada babak penyisihan grup.

Namun pada Piala Dunia 2022 kali ini, Serbia punya peluang cukup besar untuk lolos ke babak 16 besar, lantaran mereka punya materi pemain yang sedang on fire sepanjang musim 22/23.

Pada Piala Dunia nanti, Serbia akan mengandalkan duet striker tajam Eropa yakni Aleksandar Mitrovic serta Dusan Vlahovic.

Baca Juga

Selain itu, nama-nama tenar seperti Sergej Milinkovic-Savic, Nikola Milenkovic, Filip Kostic dan Dusan Tadic juga diprediksi bakal jadi tumpuan Serbia meraih kemenangan.

Wales

Berikutnya ada Wales. Negara yang jadi bagian Inggris Raya ini juga berpotensi buat kejutan dengan lolos dari penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Sepanjang sejarahnya, Wales memang bukan negara unggulan di Piala Dunia. Bahkan mereka baru dua kali lolos ke putaran final, setetal terakhir kali terjadi pada tahun 1958 silam.

Baca Juga

Pada Piala Dunia 2022, Wales tergabung di Grup B bersama Iran, Inggris serta Amerika Serikat. Dari ketiga lawan tersebut, peluang Gareth Bale cs untuk menang minimal saat hadapi Iran serta Amerika terbilang besar.

Apalagi sejak empat tahun terakhir sepak bola Wales alami perkembangan. Bahkan di Piala Eropa 2016, The Dragons mampu melangkah hingga babak semifinal.

Dengan mengandalkan sejumlah muka lama seperti Gareth Bale, Kieffer Moore dan Aaron Ramsey, membuat Wales punya peluang untuk lolos ke 16 besar sebagai runner up.


2. Qatar

Pemain Chili Gary Medel beraksi dengan pemain Qatar Abdelaziz Hatim REUTERS-Lisa Leutner

Terakhir adala Timnas Qatar. Sang tuan rumah gelaran Piala Dunia 2022 ini juga punya peluang untuk lolos dari babak penyisihan grup, meski secara kekuatan tidak terlalu diunggulkan.

Tergabung di Grup A, Qatar harus menghadapi lawan-lawan tangguh seperti Ekuador, Senegal serta Belanda. Berkaca dari kekuatan skuad, jelas Belanda merupakan musuh paling sulit buat Qatar.

Baca Juga

Namun jika Qatar mampu mengalahkan Ekuador dan Senegal, peluang mereka untuk lolos ke 16 besar sebagai runner up akan terbuka lebar.

Sepanjang tahun 2022, Qatar terlihat sangat serius mempersiapkan diri jelang Piala Dunia 2022 dengan melakoni sejumlah laga uji coba.

Hasilnya pun terbilang positif. Dari 18 pertandingan, skuad arahan Felix Sanchez tersebut hanya telan tiga kekalahan, bahkan mereka mampu mengalahkan Bulgaria dan Ghana.

Pada 27 September lalu, Qatar juga berhasil menahan imbang salah satu tim yang jadi kekuatan di Amerika Selatan, tempat Ekuador dan Senegal bernaung yakni Chile dengan skor 2-2.

Berkaca dari statistik tersebut ditambah faktor dukungan tuan rumah serta adaptasi cuaca yang lebih gampang, membuat Qatar punya peluang besar untuk mengalahkan Ekuador dan Senegal serta lolos dari penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Piala DuniaQatarPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022Prediksi Piala Dunia 2022

Berita Terkini