x

Setelah Piala Dunia 2022, Steven Gerrard Bisa Gantikan Gareth Southgate di Timnas Inggris

Selasa, 25 Oktober 2022 16:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mantan pemain Liverpool dan Timnas Inggris, Steven Gerrard. Foto: REUTERS/Hannah Mckay.

FOOTBALL265.COM - Setelah dipecat Aston Villa, Steven Gerrard berpeluang gantikan Gareth Southgate di Timnas Inggris selepas Piala Dunia 2022.

Skenario inilah yang belakangan jadi topik pembicaraan sejumlah kalangan jelang perhelatan Piala Dunia ke-22 di Qatar bulan November nanti.

Baca Juga

Seperti diketahui, Gareth Southgate belakangan dihujani kritik pedas usai menjadikan The Three Lions tim pesakitan di UEFA Nations League.

Tidak tanggung-tanggung, Harry Kane dkk bahkan harus terdegradasi ke Liga B, yang terbilang cukup memprihatinkan bagi timnsa sekelas Inggris di level UEFA.

Kegagalan Gareth Southgate di UEFA Nations League pun seperti menghapus rapor apiknya dalam semalam - berhasil membawa Timnas Inggris ke final Euro 2020.

Baca Juga

Karena nilai setitik, rusak susu sebelanga. Meski begitu, sang manajer sadar bahwa kritik dan respons adalah bagian dari kehidupannya sebagai seorang juru taktik.

Tentu saja, kini fokus utamanya dalam waktu dekat adalah mendampingi Timnas Inggris melaju sejauh mungkin di Piala Dunia 2022.

Namun di tengah kegiatannya mempersiapkan tim, suksesor Sam Allardyce tersebut justru ‘diganggu’ dengan kemungkinan tidak sedap bahwa dirinya mungkin akan lengser sepulang dari Qatar.

Baca Juga

Dalam beberapa waktu belakangan, publik sudah ramai dengan desas-desus calon pengganti yang tepat bagi Gareth Southgate di Timnas Inggris.

Kini, daftar namanya pun bertambah panjag dengan kehadiran Steven Gerrard yang baru mengakhiri kariernya bersama Aston Villa.


1. Gareth Southgate Lengser setelah Piala Dunia 2022?

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Meski nampak sebagai ide agak di luar nalar untuk saat ini, apalagi ketika Gareth Southgate masih menjabat dan sedang bersiap ke Piala Dunia 2022, kemungkinan tersebut bukan mustahil terjadi.

Bahkan, mantan pemain Timnas Inggris yakni Darrent Bent memberi dukungan untuk Steven Gerrard sebagai kandidat pengganti Gareth Southgate.

Baca Juga

“Saya tidak akan kaget apabila dia [Gerrard] jadi salah satu kandidat manajer selanjutnya,” demikian kata Darrent Bentkepada talkSPORT Drive.

“Saya tidak mengatakan dia harus mendapatkannya, namun Anda tahu kan bagaimana FA. Mereka suka dengan orang-orang yang sudah berada di sistem,” tambahnya lagi.

Ya, ucapan Darrent Bent tersebut cukup masuk akal dengan situasi Steven Gerrard saat ini, di mana ia adalah jebolan skuad Timnas Inggris yang bermain di generasi emas mereka beberapa tahun lalu.

Baca Juga

Sejumlah mantan rekan seangkatannya yang terjun ke dunia kepelatihan pun, belum banyak yang mencapai level terbaik seperti dirinya di tim yang mereka asuh.

Sebut saja beberapa di antaranya John Terry, Wayne Rooney, atau Frank Lampard yang belum lama ini juga menuai kritik di Everton.

Sementara itu, meski belum bisa membawa Aston Villa keluar dari kubangan kesengsaraan, Steven Gerrard sudah pernah menyumbang gelar Liga Primer Skotlandia untuk Rangers pada 2020-2021.

Baca Juga

Kecenderungan FA terhadap orang dalam yang sudah mereka kenal lama pun, akan membuka pintu yang lebih lebar bagi Stevie G untuk jadi suksesor Gareth Southgate.

Soal kapannya, publik mungkin harus menunggu rapor Gareth Southgate dan Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 dulu.


2. Menanti Nasib Gareth Southgate

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Jelang Piala Dunia 2022, Gareth Southgate memang sedang disibukkan dengan daftar pemain yang ingin ia bawa ke Qatar.

Ia masih punya waktu hingga 13 November untuk menyerahkan daftar squad Timnas Inggris, dengan jumlah minimal 23 pemain dan maksimal 26.

Baca Juga

Raihan The Three Lions di Qatar, bisa jadi jawaban atas kelangsungan nasib Gareth Southgate di pos yang ia duduki saat ini.

Tentu saja, pelatih berusia 52 tahun tersebut berharap bisa membawa anak-anak asuhnya tampil di final dan meraih gelar juara - yang sudah mereka dambakan sejak tahun 1966 silam.

Tidak ayal, Piala Dunia 2022 bakal jadi ajang yang sangat dinanti-nantikan bagi seluruh suporter The Three Lions di seluruh dunia, dan terutama masyarakat Inggris.

Baca Juga

Jika Gareth Southgate, yang kontraknya baru akan kedaluwarsa pada 2024, ternyata diganti setelah Piala Dunia 2022, Steven Gerrard tentu bukan calon yang buruk untuk menggantikannya.

Selain sudah dikenal FA, ia telah mencatatkan 114 caps untuk Timnas Inggris saat masih aktif sebagai pemain.

Timnas Inggris di Piala Dunia 2022

Sebagai informasi, Timnas Inggris tergabung di Grup B bersama Iran, Wales, dan Amerika Serikat.

Baca Juga

Grup ini pun belakangan jadi sorotan setelah muncul tuntutan kepada FIFA untuk mendiskualifikasi Iran dari kompetisi. Gara-garanya ada klaim yang menyebut mereka turut menyuplai senjata ke Rusia.

Bahkan, CEO Shakhtar Donetsk, Sergei Palkin, menyarankan tempat Iran di Piala Dunia 2022 diganti saja dengan Ukraina.

Sumber: talkSPORT

Steven GerrardPiala Dunia 2022Gareth SouthgateTimnas InggrisBola Internasional

Berita Terkini