x

Kalah Tipis dari Turki U-20, Shin Tae-yong Bongkar Kelemahan Timnas U-20

Kamis, 27 Oktober 2022 06:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Timnas Indonesia U-20 vs Turki U-20 di laga uji coba.

FOOTBALL265.COMTimnas Indonesia U-20 harus menelan kekalahan saat menantang tuan rumah, Timnas Turki U-20 pada laga uji coba, Rabu (26/10/22) di Manavgat Atatürk Stadyumu. Skuad Garuda Nusantara kalah tipis dengan skor 1-2.

Turki U-20 langsung unggul cepat di babak pertama setelah Ayberk Kaygisiz mencetak gol di menit ke-16. Tuan rumah kemudian menggandakan skor pada menit ke-78 lewat aksi Semih Kilicsoy.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 hanya mampu memperkecil ketertinggalan pada akhir babak kedua, setelah Dony Tri Pamungkas bobol gawang Turki U-20 pada menit 90+1.

Pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong mengatakan laga berjalan sengit. Ini jadi pelajaran penting bagi para pemain, sekaligus sedikit gambaran soal calon lawan dari Eropa yang bisa saja di hadapi di Piala Dunia U-20 2023.

Secara keseluruhan dia cukup puas karena anak asuhnya bermain rapi terutama babak pertama. Kekalahan dari Turki U-29 bukan masalah, justru jadi bahan evaluasi yang bagus.

Baca Juga

"Memang hari ini kami kalah 1-2 dari Turki. Di babak pertama kami bermain cukup baik dan ini memang pertama pertandingan adaptasi melawan tim Eropa. Dari pertandingan hari ini memang beberapa pemain dapat menit bermain," kata Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu melihat masih ada beberapa kekurangan dari Timnas U-20. Lini depan kurang tajam dan juga transisi bertahan yang masih kecolongan saat Turki U-20 lakukan serangan balik cepat.

"Masalah memang dari penyerangan dan memang ada counter attack dari lawan yang harusnya kami siapkan antisipasi dengan baik," tuturnya.

Baca Juga

Sementara itu, Dony Tri Pamungkas mengaku kecewa tidak bisa bantu Timnas U-20 raih hasil maksimal. Dia berjanji akan bekerja lebih keras di latihan supaya ke depan tampil lebih baik.

"Memang dari hasil mengecewakan tapi anak-anak akan berusaha lagi supaya lebih baik lagi ke depan," ujarnya.


1. Negara Lanjutan TC Timnas U-20

Timnas Indonesia U-20 vs Turki U-20 di laga uji coba.

Pemain muda milik Persija Jakarta tersebut menilai kerja sama tim di Timnas U-20 masih kurang. Mereka seharusnya bisa berkomunikasi lebih baik dan lantang di dalam lapangan, sehingga bisa meminimalisir kesalahan.

"Mungkin hanya kurang komunikasi saja," jelas Dony secara singkat.

Ini adalah uji coba kedua Timnas U-20 selama melakukan pemusatan latihan di Turki. Sebelumya, Marselino Ferdinan dkk, menang 2-1 atas klub lokal, Cakallikli Spor pada 24 Oktober lalu.

Pemusatan latihan dan uji coba lawan Turki U-20 merupakan bagian dari persiapan skuad Garuda Nusantara untuk tampil di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Ada 34 pemain yang dibawa Shin Tae-yong selama TC di Turki dan nantinya lanjut di Spanyol. Nantinya ada satu nama tambahan yang akan menyusul yakni kiper Cahya Supriadi.

Selama di Turki, Tim U-20 dijadwalkan menjalani sejumlah laga uji coba. Selain Turki U-20 dan Cakallikli Spor, calon lawan lainnya adalah Timnas Moldova U-20, dan serta satu klub lokal lainnya.

Pada laga berikutnya, Timnas U-20 akan melawan Moldova pada 1 dan 4 November 2022. Laga tersebut rencananya disiarkan langsung oleh televisi nasional.

TurkiBola InternasionalShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini