x

Delano van der Heijden, Eks Timnas Belanda yang Mau Susul Ivar Jenner Naturalisasi

Jumat, 28 Oktober 2022 08:11 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Delano van der Heijden (21), pemain muda berdarah Indonesia di Eropa yang dikabarkan akan segera naturalisasi jadi WNI.

FOOTBALL265.COM - Berikut profil Delano Diego van der Heijden, eks pemain Timnas Belanda yang segera menyusul Ivar Jenner untuk naturalisasi demi Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, dua pemain muda berdarah Indonesia, Ivar Jenner dan Justin Hubner sudah bertemu dengan PSSI dan wawancara dengan Badan Intelijen Negara.

Baca Juga

Hal ini adalah proses awal untuk menjalani program naturalisasi menjadi WNI, agar bisa membela Timnas Indonesia U-20 nantinya.

Namun, bukan hanya dua pemain, pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong nampaknya ingin menambah kuota pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20.

Pasalnya, Timnas U-20 akan berkompetisi di Piala Dunia U-20 2023, sehingga perlu para pemain yang bisa bersaing dengan skuat asal Eropa hingga tim-tim unggulan Asia.

Baca Juga

Delano Diego van der Heijden menjadi salah satu nama yang diproyeksikan Shin untuk menambah kekuatan Garuda Muda U-20.

Lantas, siapakah Delano Diego van der Heijden? Benarkah ia pernah membela Timnas Belanda? Berikut INDOSPORT merangkum profil sang pemain.


Lahir di Belanda, Berdarah Maluku

Delano Diego van der Heijden merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Belanda pada 29 September 2004. Dengan demikian, saat ini ia telah berusia 18 tahun.

Baca Juga

Delano Diego memiliki darah Indonesia dari sang ibu, yang diketahui berdarah Maluku.

Sejak kecil, Delano Diego van der Heijden sudah menunjukkan ketertarikannya pada sepak bola, dan bergabung di akademi.


1. Masuk Radar Feyenoord Rotterdam

Rui Patricio melakukan penyelamatan gemilang di laga final UEFA Conference League AS Roma vs Feyenoord (26/05/22). (Foto: REUTERS/Marko Djurica)

Delano Diego van der Heijden mengawali karier sepak bolanya di salah satu tim muda ternama di Belanda, Feyenoord Rotterdam.

Dilansir dari Transfermarkt, ia bergabung ke akademi Feyenoord sejak usianya 6 tahun. Hingga saat ini, ia masih berkiprah bersama tim muda klub berjuluk De Club van Zuid itu.

Baca Juga

Sepanjang kiprahnya di Feyenoord, Delano jadi salah satu pemain yang mendapat jam terbang maksimal, hingga ia pun lulus dari akademi tim U-17 pada tahun 2020 lalu.

Semusim kemudian, Delano Diego berhasil menembus tim Feyenoord U-18, kemudian berlanjut ke tim U-21 pada tahun 2022 lalu.

Saat bermain di Feyenoord U-18, Delano yang berposisi sebagai gelandang serang dan winger tampil sebanyak 22 laga, dan mencetak 12 serta membuat 10 assist.

Baca Juga

Dipanggil ke Tim Utama Feyenoord

Prestasi apik Delano Diego di level U-18 membuat Feyenoord Rotterdam berani memasukkannya ke tim utama, yang berlaga di UEFA Conference League 2021/22.

Sayangnya, Delano Diego tak mendapat kesempatan main di tim utama, meskipun akhirnya Feyenoord berhasil menembus final UEFA Conference League 2021/22.

Meski begitu, Feyenoord sudah menandai nama Delano Diego, sehingga mereka pun memberi kontrak profesional hingga 2023.

Baca Juga

Dipanggil ke Timnas Belanda

Penampilan apik Delano Diego van der Heijden di level kelompok umur membuat pemain berdarah Maluku itu dipanggil ke Timnas Belanda U-16 dan U-18.

Namun, Delano Diego hanya tampil sekali saja bagi Timnas Belanda U-16, yakni pada 2019 lalu, dan Timnas U-18 pada 2021 lalu.


2. Mau Naturalisasi dan Bela Timnas Indonesia?

Delano van der Heijden (21), pemain muda berdarah Indonesia di Eropa

Dengan minimnya kesempatan yang Delano dapat di Timnas Belanda, ada kemungkinan jika ia menerima pinangan PSSI untuk ikut naturalisasi dan membela Garuda Muda.

Apalagi Timnas Indonesia U-20 akan tampil di Piala Dunia U-20 2023, ajang bergengsi di mana klub-klub besar akan memantau ajang ini untuk mencari bibit pemain muda.

Jika Delano mau dinaturalisasi dan tampil apik bagi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023, bukan tidak mungkin ia akan mendapat tawaran dari klub-klub besar.

Langkah itu sudah dilakukan dengan gesit oleh Ivar Jenner, rekannya sesama pemain keturunan Indonesia di Belanda, yang saat ini tercatat bermain untuk FC Utrecht U-21.

Apakah Delano Diego van der Heijden akan benar-benar menyusul Ivar Jenner sebagai pemain naturalisasi, dan membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 nanti?

BelandaPiala Dunia U-20FeyenoordNaturalisasiTimnas IndonesiaProfil Atlet dan FotoBakat Muda IndonesiaProfil Atlet MudaprofilPiala Dunia U-20 2023Ivar JennerPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20UEFA Conference League

Berita Terkini