x

Jelang Lawan Moldova, Shin Tae-yong Ungkap Satu Masalah di Timnas Indonesia U-20

Senin, 31 Oktober 2022 13:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Turki U-20. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-20 akan melawan Moldova U-20 pada laga uji coba, Selasa (01/11/22). Ini akan jadi pertandingan ketiga bagi skuad Garuda Nusantara selama jalani pemusatan latihan di Turki.

Persiapan sudah dilakukan dengan baik dan pemain bekerja keras di latihan. Tapi, ada satu hal yang jadi perhatian pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong yakni kesempatan bermain.

Baca Juga

Juru taktik 52 tahun itu mengatakan tidak semua pemain dapat menit bermain lawan Moldova U-20 pada esok hari. Akan ada rotasi karena Shin Tae-yong ingin melihat kemampuan semua anak asuhnya.

"Memang para pemain bekerja keras semuanya, tapi ada sedikit disayangkan adalah masalah kesempatan. Tidak bisa semua pemain dapat kesempatan merata," kata Shin Tae-yong dalam keterangan PSSI.

"Lawan Moldova pada tanggal 1 dan 4  (November). Untuk itu kami persiapan biar hasilnya baik," imbuhnya.

Baca Juga

35 pemain yang dibawa ke Turki dilaporkan dalam keadaan prima. Tidak ada keluhan cedera ataupun kesulitan adaptasi dengan cuaca di negara Eropa itu.

"Semua pemain aman dan kondisinya baik," tutur asisten pelatih Timnas U-20, Nova Arianto melalui pesan singkat.

Sementara itu, bek Timnas U-20, Robi Darwis mengabarkan jika mereka mengalami peningkatan signifikan selama berlatih di Turki. Fisik dan mental makin kuat dan pemain tak sabar jalani pertandingan uji coba lawan klub atau pun negara kuat di Eropa.

Baca Juga

"Alhamdullilah perkembangan luar biasa sejak latihan di Jakarta dan lajut di sini. Dari segi fisik, mental jauh lebih berkembang dan lebih baik dari sebelumnya," ujarnya.

"Tentunya persiapan mental, fisik sudah dijelaskan coach Shin dan setelah uji coba kedua kami lebih matang dan jauh lebih baik," lanjut bek Persib Bandung itu.


1. Pelajaran Penting dari Turki

Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 telah melakukan dua kali laga uji coba lawan klub lokal, Cakallikli Spor dan Timnas Turki U-20. Skuad Garuda Nusantara menang tipis atas Cakallikli Spor dengan skor 2-1 di Lapangan Kempinski Hotel Football, Antalya, Senin (24/10/22).

Lalu, tim asuhan Shin Tae-yong kalah 1-2 dari Turki U-20 pada Rabu (26/10/22) di Manavgat Atatürk Stadyumu.

Baca Juga

Shin Tae-yong mengatakan anak asuhnya mendapat pelajaran penting dari Turki U-29. Laga itu sekaligus sedikit gambaran soal calon lawan dari Eropa yang bisa saja di hadapi di Piala Dunia U-20 2023.

Juru taktik asal Korea Selatan itu melihat masih ada beberapa kekurangan dari Timnas U-20. Lini depan kurang tajam dan juga transisi bertahan yang masih kecolongan saat Turki U-20 lakukan serangan balik cepat.

Baca Juga

Pemusatan latihan di Turki dan uji coba merupakan bagian dari persiapan skuad Garuda Nusantara karena akan tampil di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

Tak hanya Turki, Timnas U-20 juga akan berlatih di Spanyol hingga 5 Desember 2022. Diharapkan pemain bisa dapat pengalaman dan tingkatkan kualitas individu maupun kerja sama tim.

Bola InternasionalMoldovaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini