x

Spektakuler di Man United vs West Ham, Spanyol Sesali Tidak Bawa David de Gea ke Piala Dunia 2022?

Selasa, 1 November 2022 04:52 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
Luis Enrique selaku pelatih timnas Spanyol mungkin saat ini menyesali kenapa ia merilis skuat bayangan Spanyol untuk Piala Dunia 2022 terlalu cepat. Foto: REUTERS/Craig Brough

FOOTBALL265.COM - Luis Enrique selaku pelatih timnas Spanyol mungkin saat ini menyesali kenapa ia merilis skuat bayangan Spanyol untuk Piala Dunia 2022 terlalu cepat.

Pasalnya jika ia menunggu selama beberapa hari saja maka mungkin ia tidak akan melewatkan kualitas David de Gea yang kembali tokcer bersama Manchester United.

Baca Juga

Pada Jumat (28/10/22) lalu daftar 55 pemain sementara untuk mempersiapkan Piala Dunia 2022 di Qatar bocor.

Untuk pos penjaga gawang, Enrique memanggil tidak kurang dari 5 pemain yakni Robert Sanchez (Brighton and Hove Albion), Kepa Arrizabalaga (Chelsea), David Raya (Brentford), David Soria (Getafe), dan Unai Simon (Atheltic Bilbao).

Hanya saja nama De Gea tidak ada meski ia punya paling banyak caps dibandingkan kelima stopper pilihan tadi dengan 45 penampilan bersama La Furia Roja.

Baca Juga

Dalam beberapa musim terakhir mungkin performa pria 31 tahun itu memang tidak dalam level tertinggi namun ia jelas belum habis sehingga pantas untuk tidak dipanggil ke turnamen pertama Spanyol sejak Piala Dunia 2014.

Hal tersebut kemudian De Gea buktikan sendiri dalam penampilan terbarunya untuk United di ajang Liga Inggris kontra West Ham pada Minggu (30/10/22) lalu.

Eks Atletico Madrid itu mengantarkan timnya meraih tripoin sekaligus nirbobol dengan catatan 4 penyelamatan.

Baca Juga

Dua diantaranya sangat krusial karena terhitung peluang besar dari tembakan Kurt Zouma da Declan Rice di penghujung babak kedua sehingga gol semata wayang Marcus Rashford cukup untuk membuat United menang.

Oleh situs penyedia data WhoScored, De Gea diberi ponten 7,55. Apresiasi yang tidak kalah besar juga ditunjukkan oleh fans The Red Devils yang menobatkannya sebagai man of the match.


1. Lebih Baik dari Andalan Spanyol?

David de Gea, kiper Manchester United. Foto: REUTERS/Craig Brough

Setelah partai Manchester United vs West Ham, publik kemudian ramai-ramai mempertanyakan keputusan Spanyol meninggalkan David de Gea.

Benar jika kemampuan distribusi bolanya tidak terlalu menonjol namun di bawah asuhan Erik ten Hag, kelemahan tersebut perlahan tertutup.

Baca Juga

De Gea mulai lebih aktif dalam melepas umpan panjang. Data dari Squawka menunjukkan jika dari 12 penampilan Liga Inggris kini ia telah melakukan 175 percobaan dengan akurasi 33,71%,

Simon yang belakangan ini menjadi pilihan utama di Spanyol memang punya tingkat ketepatan sedikit lebih baik, 36,59%, namun itu hanya karena ia hanya mencoba 123 kali long ball.

Dari sumber yang sama, terlihat juga De Gea masih lebih baik dalam tugas dasar seorang kiper yakni menggagalkan peluang lawan. Sebanyak 27 penyelamatan sudah ia buat.

Baca Juga

Sementara itu Simon baru 16 kali dengan rata-rata keberhasilan 57,14%. Masih kalah dibanding De gea yang mencapai 62,79%.

"De Gea? Bagi saya seorang kiper tugas utamanya adalah menjaga gawangnya. Ia pemain luar biasa. Kemampuan distribusinya sangat baik dan musim ini terus diasahnya. Itu semua tergantung apakah pemain lain membuka opsi atau tidak," beber Ten Hag soal De Gea di 2022/2023.

"Saya senang dengan performanya. Usianya baru 31 tahun dan masih bisa berkembang menjadi lebih baik," tambahnya lagi.

Baca Juga

Bersama David de Gea, Manchester United kini tengah menikmati tiga kala kandang beruntun tanpa kebobolan untuk kali pertama sejak Juni 2020.

Mungkin sebaiknya Spanyol mengoreksi lagi skuat sementara mereka untuk Piala Dunia 2022 sebelum semuanya terlambat.

Sumber: Four Four Two, Squawka

Manchester UnitedSpanyolPiala Dunia 2022

Berita Terkini