x

Piala AFF: Terusir dari GBK, Timnas Indonesia Diminta Cari Stadion Lain

Rabu, 2 November 2022 21:14 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Menpora Zainudin Amali. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia dipastikan tidak akan bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta dalam ajang Piala AFF 2022.

Hal ini diutarakan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Alasannya, Gelora Bung Karno harus steril untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Baca Juga

Piala AFF 2022 sendiri kembali menggunakan format home-away. Sehingga, timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah sebanyak dua kali.

Di Piala AFF 2022, timnas Indonesia bergabung dalam Grup A bareng Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang play-off antara Brunei Darussalam vs Timor Leste.

Sayang, timnas Indonesia tidak bisa menjamu tamunya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Hal ini ditegaskan oleh Menpora Zaiinudin Amali.

Baca Juga

"Tidak boleh. Pokoknya begitu sudah mulai masuk Kementerian PUPR untuk merenovasi, SUGBK sudah ditujukan untuk Piala Dunia U-20 2023," ungkap Zainudin Amali.

Zainudin Amali menambahkan, timnas Indonesia bisa mencari stadion alternatif lain untuk dijadikan home base selama Piala AFF 2022.

Baca Juga

"Kan banyak yang nggak dipakai, seperti Stadion Pakansari, Stadion Patriot, itu kan nggak dipakai Piala Dunia," tukas Zainudin Amali.

Sekadar mengingatkan, Piala AFF 2022 dijadwalkan berlangsung pada 22 Desember hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia belum pernah juara sejak turnamen ini pertama kali digelar pada 1996 dengan nama Piala Tiger.


1. BLACKPINK Dilarang

Ketua umum PSSI, Mochammad Iriawan melanjutkan inspeksi calon stadion Piala Dunia U-20 2021. Kali ini giliran Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Di sisi lain, Zainudin Amali juga menegaskan bahwa konser girlband asal Korea Selatan, BLACKPINK, tak boleh digelar di SUGBK. Sekali lagi karena harus steril untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Girlband asal Korea Selatan, BLACKPINK, memang akan menggelar konser bertajuk Born Pink World Tour. Salah satu tujuannya adalah menyambangi Indonesia.

Baca Juga

Untuk rencana di Indonesia, konser BLACKPINK direncanakan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 11 dan 12 Maret 2023.

Namun, sepertinya konser ini urung terjadi sebab Menpora Zainudin Amali melarang stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-20 2023 itu digunakan untuk segala macam kegiatan.

Baca Juga

"Pasti enggak boleh (Stadion GBK dipakai konser). Semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan sudah disetujui oleh FIFA November ini akan mulai direnovasi," cetus Zainudin Amali di Kantor Kemenpora.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Timnas IndonesiaMenporaPiala AFFLiga IndonesiaBola IndonesiaZainudin AmaliBerita Timnas IndonesiaOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini