x

Nasib Jordi Amat dan Sandy Walsh Abu-abu, Naturalisasi Shayne Pattynama Dibahas 9 November

Sabtu, 5 November 2022 07:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

FOOTBALL265.COM - Sekjen PSSI, Yunus Nusi menyampaikan pihaknya sedang berusaha agar naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh rampung bulan ini. Keduanya hanya menunggu jadwal dari Kemenkumham untuk sumpah WNI.

Seperti diketahui, Jordi Aamat dan Sandy Walsh telah melewati sejumlah proses naturalisasi. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian kapan tanggal pasti keduanya jalani kewajiban terakhir tersebut.

Baca Juga

"Mudahan-mudahan secepatnya, kita juga berharap demikian. Kita lagi tunggu, mudah-mudahan secepatnya beres," kata Yunus Nusi.

PSSI juga belum mendapat informasi dari Kemenkumham, apakah Sandi dan Jordi menjalani sumpah WNI di Indonesia atau bisa secara online. Federasi hanya bisa menunggu jadwal dari Kemenkumham.

"Nanti ada keputusan dari Kemenkumham untuk mereka," tutur Sekjen PSSI.

Baca Juga

Sebelumnya, DPR RI telah menyetujui pengajuan naturalisasi Jordi dan Sandy lewat sidang paripurna pada 20 September 2022. keduanya juga dapat persetujuan dari Komisi III dan Komisi X DPR RI.

Setelah direstui DPR RI, berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh dikembalikan ke Setneg (sekretariat negara) dan tinggal menunggu Kepres dan disumpah jadi WNI. 

Pemberian kewarganegaraan untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan Pasal 20 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Baca Juga

Keduanya dapat persetujuan atas dasar pada kepentingan negara atau jasa yang luar biasa dari seseorang sehingga negara dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya, yaitu prestasi di bidang olahraga.


1. Naturalisasi Shayne Pattynama

Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI

Jordi Amat lahir dan besar di Spanyol, tapi punya darah Indonesia dari neneknya. Dia bahkan diakui sebagai generasi ketiga (cucu) dari Raja M.D Kansil dari Kerajaan Siau, Sulawesi Utara.

Kini Jordi Amat bermain untuk klub Malaysia, Johor Darul Takzim. Sebelumnya dia sudah cicipi Liga Inggris, Spanyol hingga Belgia. 

Baca Juga

Sementara Sandy Walsh merupakan pemain kelahiran Belanda. Dia memilik garis keturunan Indonesia dari ibuny, dimana kakek nenek dari pihak ibu berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. 

Sandy kini bermain untuk klub kasta teratas Liga Belgia, KV Mechelen. Dia mahir dimainkan diposisi bek kanan.

Lebih lanjut, Sekjen PSSI menyampaikan tahapan naturalisasi untuk satu pemain lainnya yakni Shayne Pattinama akan segera dibahas dalam rapat DPR RI. Dalam website DPR RI, hal tersebut akan dibahas pada 9 November mendatang.

Baca Juga

"Rencana yang Shane Pattynama akan segera dengan DPR RI tanggal 9 kalau di website DPR. Kalau di website seperti itu, berarti akan demikian," jelas Yunus Nusi.

Dalam website DPR RI, pembahasan permohonan pertimbangan kewarganegaraan RI atas nama Shayne ElianJay Pattynama dijadwalkan pukul 10:00 WIB pada 9 November 2022. 

PSSINaturalisasiBola InternasionalSandy WalshYunus NusiShayne PattynamaJordi Amat

Berita Terkini