x

Bedah Formasi Portugal di Piala Dunia 2022: Duet Ronaldo dan Leao Bisa Bawa Gelar Juara

Jumat, 11 November 2022 11:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Bedah formasi Timnas Portugal pada gelaran Piala Dunia 2022 mendatang, duet Cristiano Ronaldo serta Rafael jadi tumpuan Selecao untuk juara.

FOOTBALL265.COM – Melihat potensi formasi yang akan digunakan Timnas Portugal pada gelaran Piala Dunia 2022 mendatang, duet Cristiano Ronaldo serta Rafael jadi tumpuan Selecao untuk juara.

Pada Kamis (10/11/22) malam waktu setempat, Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) baru saja merilis daftar 26 pemain pilihan Fernando Santos untuk diboyong ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga

Dari total pemain yang dibawa tersebut, nama mega bintang Cristiano Ronaldo masih mendapat tempat dan dipanggil Fernando Santos pada ajang Piala Dunia kali ini.

Meski tampil kurang maksimal di ajang domestik, namun pengalaman serta kepemimpinan Cristiano Ronaldo diharapkan bisa membawa skuad muda Portugal melangkah jauh.

Rekor menterengnya di Timnas Portugal juga jadi alasan mengapa Ronaldo masih jadi tumpuan buat A Selecao pada ajang empat tahunan ini.

Baca Juga

Tercatat, Cristiano Ronaldo masih menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di sepak bola internasional dengan 117 gol dalam 191 penampilan bersama Portugal.

Dengan kembali tampil di Piala Dunia 2022, membuat Cristiano Ronaldo sudah bermain di lima kompetisi Piala Dunia berbeda sejauh ini.

Berbekal pengalaman juara termasuk saat jadi kampiun di Euro tahun 2016 lalu, Cristiano Ronaldo kemungkinan masih akan dipercaya sebagai kapten dan memikul para generasi emas Portugal.

Baca Juga

Selain Ronaldo, ada sederet pemain muda yang dipanggil Fernando Santos ke Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 kali ini mulai dari Rui Patricio, Diogo Dalot, Joao Cancelo, Ruben Dias, Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Joao Felix serta bintang penuh prestasi milik AC Milan, Rafael Leao.

Pada pertandingan pertama babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Portugal akan menghadapi wakil Afrika, Ghana di Doha, Qatar pada Kamis (24/11/22) mendatang.

Bermaterikan sejumlah pemain muda ditambah Cristiano Ronaldo, akan seperti apakah formasi yang dipakai Portugal sepanjang Piala Dunia 2022 nanti? Berikut INDOSPORT coba mengulas:


1. Formasi Portugal di Piala Dunia 2022

Pepe Portugal terlihat sedih setelah pertandingan REUTERS-Denis Balibouse

Dengan materi para pemain muda dan sejumlah bintang senior eks juara Piala Eropa 2016, skuad Portugal saat ini bisa dibilang cukup seimbang dari berbagai lini.

Untuk sektor pertahanan, kiper berpengalaman sekelas Rui Patricio tampaknya bakal jadi pilihan utama lantaran dua penjaga gawang lain yakni Diogo Costa dan Jose Sa masih sangat minim pengalaman terutama di event besar internasional.

Baca Juga

Membantu tugas Rui Patricio sebagai benteng terakhir pertahanan, akan ada kuartet bek yang siap memutus serta menghadang serangan lawan.

Dari daftar pemain yang dibawa, empat bek yang mungkin jadi pilihan utama di Timnas Portugal nanti adalah Nuno Mendes, Ruben Dias, Pepe serta Joao Cancelo.

Pepe yang walau sudah berusia 39 tahun, namun pengalaman serta statistiknya yang belum menurun bersama FC Porto musim ini, membuatnya layak dapatkan tempat utama di pertahanan Portugal.

Baca Juga

Statusnya sebagai wakil kapten pun diharapkan bisa membantu bek muda Portugal untuk tetap solid menjaga gawang Os Navegadores terhindar dari kebobolan.

Bakal bermain dengan skema 4-3-3, lini tengah Portugal nantinya bakal dihuni dua holding midfielder serta satu attacking midfielder.

Dua gelandang bertahan akan jadi milki Ruben Neves serta William Carvalho. Keduanya cukup tangguh di klub masing-masing, serta sering jadi tandem gelandang bertahan di Timnas Portugal.

Baca Juga

Sementara satu pos gelandang akan ditempat Bruno Fernandes, pemain Manchester United ini diharapkan bisa berikan umpan matang ke lini depan serta ciptakan peluang lewat long shoot akurat miliknya.

Bersama Timnas Portugal, karier Bruno Fernandes terbilang cukup oke dengan catatkan 9 gol serta memberikan 8 assists dari total 48 laga di semua kompetisi.

Catatan tersebut diharapkan bisa terus berlanjut pada gelaran Piala Dunia 2022 nanti, hingga akhirnya membantu Portugal minimal lolos dari penyisihan grup.


2. Ronaldo dan Leao Jadi Tumpuan Portugal di Piala Dunia 2022

Cristiano Ronaldo dan skuad Portugal merayakan gol ke gawang Luksemburg dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Terakhir adalah lini depan, di mana tiga pemain dengan naluri gol tinggi bakal jadi senjata utama Portugal dalam meraih kemenangan di tiap laga Piala Dunia 2022.

Bertumpu pada kecepatan para sayapnya, nama Rafael Leao serta Bernardo Silva dipastikan akan mendapat tempat utama di pos winger Portugal.

Baca Juga

Rafael Leao yang dapat keuntungan usai cederanya Diogo Jota, kemungkinan jadi starter di sebelah kiri untuk membantu goal getter lewat umpan-umpan silangnya.

Sementara Bernardo Silva yang selalu ditempatkan di sisi kanan, juga bisa jadi senjata rahasia Portugal untuk mencetak gol.

Kedua sayap tersebut akan jadi penyuplai umpan untuk Cristiano Ronaldo yang kali ini tampaknya bakal dimainkan sebagai striker tunggal.

Walau sepanjang kariernya posisi asli Ronaldo adalah seorang winger, namun insting gol tajam miliknya ditambah kemampuan finishing yang tinggi, membuat Ronaldo lebih layak jadi goal getter ketimbang pemain sayap.

Formasi Portugal (4-3-3)

Pelatih: Fernando Santos

Lantas dengan formasi diatas, mampukah Portugal menjuarai Piala Dunia pertama mereka di tahun 2022 ini? Menarik dinantikan.

Cristiano RonaldoPortugalPiala DuniaPiala Dunia 2022Rafael LeaoTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini