x

Tak Ada Uji Coba, Pemain PSS Sleman Diajak Latihan Fisik Keliling Kaliurang

Minggu, 13 November 2022 12:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
PSS Sleman melakukan latihan fisik dengan bersepeda mengelilingi Kaliurang. Foto:PSS Sleman.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga 1 2022-2023, PSS Sleman, memberi penyegaran dengan meniadakan uji coba pada pekan ini. Sebagai gantinya, Jihad Ayoub dkk. diajak latihan fisik keliling kawasan Kaliurang.

Lima uji coba sudah dilakoni PSS Sleman selama terhentinya kompetisi Liga 1 2022-2023. Terakhir, mereka uji coba melawan Nusantara United di Stadion Kebogiro Boyolali, 4 November 2022 lalu.

Namun, agenda uji coba ternyata tak dijalani pada pekan ini. Program latihan fisik yang biasa dilakukan dengan berlari, kini diganti dengan bersepeda.

Rute bersepeda yang dilakoni para pemain PSS Sleman juga tidak mudah. Mereka melintasi kawasan wisata Kaliurang yang naik turun, dengan start dan finis di Lapangan Baratan, Candibinangun.

"Biasanya adalah latihan fisik di lapangan dengan berlari. Namun, Sesi kali ini diganti dengan bersepeda bersama.

Baca Juga

Biasanya saya melihat orang sepedaan ini enak, tapi ternyata tanjakannya lumayan berat," kata gelandang PSS, Kim Kurniawan, Jumat (11/11/22).

Selama kompetisi Liga 1 2022-2023 terhenti imbas Tragedi Kanjuruhan, PSS Sleman punya waktu untuk mempererat chemistry. Maklum saja, PSS melakukan pergantian pemain signifikan pada musim ini.

Baca Juga

Chemistry bisa terbangun dari uji coba dan latihan. Selama sebulan ini, chemistry antarpemain semakin erat. Bersepeda juga bisa menambah kebersamaan pemain.

"Menurut saya kegiatan ini sangat bagus karena bisa mencakup beberapa hal yang penting untuk tim. Baik dari segi aktivitas dan kebersamaan antarpemain," tutur Kim Kurniawan.

"Jadi latihannya dapat, fisiknya dapat, keseruannya juga dapat. Bagus buat tim, kebersamaan serta kekompakan dapat juga," lanjut mantan pemain Persib Bandung ini.

Baca Juga

1. Latihan Sekaligus Refreshing

PSS Sleman melakukan latihan fisik dengan bersepeda mengelilingi Kaliurang. Foto:PSS Sleman.

Menurut Kim Kurniawan, sebuah hal tepat bahwa PSS Sleman menetapkan sepedaan di kawasan wisata Kaliurang untuk program peningkatan fisik.

Program ini bisa sejenak menjadi refreshing setelah berbulan-bulan beraktivitas bersama di lapangan. Kim menilai rute ini sangat menarik dalam memperkuat otot-otot pemain.

"Menurut saya bersepeda menjadi hal yang berbeda untuk dilakukan di akhir pekan selain uji tanding. Saya melihat juga teman-teman cukup senang dengan adanya kegiatan ini karena sekaligus bisa menyapa warga Sleman," papar Kim Kurniawan.

Padukan Piknik-Latihan

Selama ini, para pemain PSS Sleman memang gemar diajak piknik sekaligus menjalani latihan. Pada masa pramusim lalu, pelatih Seto Nurdiyantoro menggelar latihan fisik di pantai Depok, Bantul.

Pasir pantai membuat langkah para pemain terasa berat. Hal itu bisa membuat otot kaki para pemain semakin kuat.

Baca Juga

Sementara belum lama ini, para pemain diajak piknik dengan outbound di Magelang. Para pemain diajak menyusuri sungai Elo yang memiliki pemandangan indah serta menantang.

Pilar asal Brasil, Mychell Chagas, mengaku senang dengan kegiatan outbound yang digelar PSS Sleman. Menurutnya, dari momen seperti ini, kebersamaan antarpemain akan tercipta.

Baca Juga

"Kegiatan ini memberikan pembelajaran untuk menguatkan hubungan antar pemain serta penyegaran kembali untuk kerja yang lebih baik ke depannya. Kita semua berjuang untuk satu warna kebanggaan, inilah keluarga besar PSS," jelas Mychell.

Variasi program yang dihadirkan Seto Nurdiyantoro diharapkan bisa membuat PSS Sleman menjadi tim perbeda ketika kompetisi Liga 1 2022-2023 berlanjut.

Belum diketahui kapan kompetisi Liga 1 2022-2023 akan dilanjutkan. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada Selasa (15/11/22) nanti, akan menjadi salah satu penentu kapan kompetisi berjalan lagi.

Baca Juga
PSS SlemanKim KurniawanLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini