x

3 Pemain Keturunan Berpotensi Susul Ivar Jenner ke Timnas U-20, Siap Naturalisasi?

Senin, 14 November 2022 12:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Calon pemain naturalisasi, Ivar Jenner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki.

FOOTBALL265.COM - Berikut adalah tiga pemain keturunan yang berpotensi menyusul Ivar Jenner dan Justin Hubner ke Timnas Indonesia U-20. Siap naturalisasi?

Sebagaimana diketahui, sudah ada dua pemain yang menjalani proses naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20.

Mereka adalah Ivar Jenner dan Justin Hubner, yang sudah bergabung dalam TC skuat Timnas U-20 bersama Shin Tae-yong.

Walau proses naturalisasi masih berjalan, di mana Jenner dan Hubner juga masih belum resmi jadi WNI, namun mereka sudah tampil dalam dua laga uji coba terakhir di Turki.

Mereka ikut diturunkan dalam laga uji coba kontra Baerum SK, Jumat (11/11/22) dan laga melawan Al-Adalah FC, Minggu (13/11/22) lalu.

Baca Juga

Justin Hubner bahkan dipercaya untuk mengeksekusi tendangan bebas dari dalam kotak penalti Al-Adalah FC, walau akhirnya ia gagal menuntaskan peluang menjadi gol.

"Saya sangat senang bisa mendapatkan kesempatan main bersama teman-teman. Saya berharap bisa ikut membanggakan Indonesia," ucap Justin Hubner via PSSI.

Baca Juga

"Saya sangat bangga dan gembira bisa berada di sini. Ayo kita lakukan bersama," timpal Ivar Jenner, pilar muda FC Utrecht.

Melihat keterbukaan Timnas Indonesia U-20 pada Ivar Jenner dan Justin Hubner, alhasil ada tiga pemain keturunan lainnya yang diduga tertarik untuk naturalisasi jadi WNI.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga pemain keturunan yang berpeluang untuk menyusul Ivar Jenner dan Hubner, sebagai pemain naturalisasi di Timnas U-20.

Baca Juga

1. 1. Tristan Gooijer

Pemain Ajax U-17, Tristan Gooijer saat mendapat penghargaan. Ia berpotensi untuk di-naturalisasi guna memperkuat Timnas Indonesia U-20.

Tristain Gooijer (18 tahun) merupakan salah satu nama pemain keturunan Indonesia yang cukup mentereng di level Eropa.

Sebab, Tristan Gooijer diketahui bermain untuk tim junior Ajax Amsterdam, salah satu tim terbesar dan bersejarah di liga Belanda.

Pemain yang berposisi sebagai fullback ini sudah pernah tampil di UEFA Youth League bersama Ajax Amsterdam U-19. Tristan juga bisa bermain di posisi lain, yakni bek tengah

Beberapa waktu lalu, utusan PSSI yang bertugas mengurus pemain naturalisasi, Hamdan Hamedan, menuliskan komentar menarik di akun Instagram Tristan Gooijer.

Hal ini menjadi pertanda, bahwa Tristan Gooijer merupakan salah satu target utama PSSI untuk di-naturalisasi, untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia U-20 nantinya.

Baca Juga

2. Delano van der Heijden

Delano van der Heijden (18 tahun), pemain keturunan yang saat ini tergabung di skuat Feyenoord Rotterdam U-21, juga menjadi salah satu target naturalisasi Timnas U-20.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini memang sudah sempat bermain di Timnas Belanda kelompok U-16 dan U-18.

Baca Juga

Sejauh ini, Delano sudah mencatatkan tujuh gol dan tiga assist dari tujuh pertandingan. Dia juga mencetak hattrick saat Feyenoord menjegal ADO Den Haag dengan skor 7-3.

Diketahui, Timnas Indonesia U-20 juga akan tampil di Piala Dunia U-20 2023, di mana klub-klub besar akan memantau ajang ini untuk mencari bibit unggul pemain muda.

Jika Delano mau dinaturalisasi dan tampil apik bagi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023, bukan tidak mungkin ia akan mendapat tawaran dari klub-klub besar.

Baca Juga

2. 3. Miliano Jonathans

Delano van der Heijden (21), pemain muda berdarah Indonesia di Eropa

Miliano Jonathans (18 tahun) diketahui memiliki status yang lebih 'wah' dari dua pemain sebelumnya, karena kini Jonathans telah menembus tim utama Vitesse Arnhem.

Miliano Jonathans turun sebagai pemain pengganti, saat Vitesse Arnhem bermain melawan Sparta Rotterdam, walau akhirnya tim harus tumbang dengan skor telak 0-4.

Saat itu, Miliano Jonathans mencatatkan penampilan selama delapan menit di pekan ke-14 Liga Belanda 2022/23. Barangkali, hal ini yang membuat STY tertarik padanya.

Sejauh ini, Miliano Jonathans juga sudah mencatatkan enam penampilan. Dari semua aksinya itu, Jonathans melesakkan satu gol dan satu assist untuk Vitesse Arnhem U-21.

Jonathans menjadi pemain yang paling berpengalaman dibandingkan para calon pemain naturalisasi Timnas U-20 lainnya.

NaturalisasiTimnas IndonesiaIn Depth SportsTristan GooijerIvar JennerBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Justin Quincy Hubner

Berita Terkini