x

Legenda Barcelona Jagokan 2 Negara Afrika Tampil di Final Piala Dunia 2022, Siapa Mereka?

Kamis, 17 November 2022 04:36 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Penyerang Kamerun, Vincent Aboubakar merayakan golnya ke gawang Burkina Faso (06/02/22). (Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

FOOTBALL265.COM - Mantan penyerang Barcelona yang saat ini menjadi ketua PSSI-nya Kamerun, Samuel Eto'o menjagokan 2 negara Afrika tampil di final Piala Dunia 2022.

Mantan pemain tim nasional Kamerun tersebut menyebutkan bahwa tim-tim asal Afrika akan membuat sejarah dengan mendominasi Piala Dunia 2022 yang akan digelar pada 20 November mendatang.

Bahkan Samuel Eto'o menilai negaranya, Kamerun bakal mengalahkan Maroko di partai final nanti. Jadi, secara tak langsung, ia memprediksi Kamerun akan menantang Maroko di partai puncak.

Bahkan ia juga memprediksi negara mana saja yang akan lolos ke babak 16 besar. Negara tersebut adalah Senegal, Iran, Argentina, Tunisia, Jerman, Belgia, Ghana, Kamerun, Inggris, Qatar, Perancis, Polandia, Maroko, Spanyol, Portugal, dan Brasil.

Sebelumnya, tim Afrika telah menjadi tampil reguler di edisi reguler sebelumnya. Tak ada tim dari benua hitam tersebut belum ada yang pernah mencapai babak 4 besar.

Baca Juga

Tercatat hanya ada tiga tim asal benua Afrika yang pernah mencapai perempat final, yakni Kamerun pada 1990, Senegal 2002, dan Ghana 2010 silam.

Di sisi lain, penyerang yang meraih 2 kali treble winner tersebut bermain 4 kali dalam gelaran Piala Dunia timnas Kamerun. Ia juga kan datang ke Qatar untuk mendukung timnas Kamerun.

Baca Juga

“Afrika selalu memiliki potensi untuk mencapai kesuksesan di Piala Dunia, tetapi kami tidak selalu menunjukkan wajah terbaik hingga saat ini," kata Eto'o.

Eto'o meninlai bahwa tim asal Afrika telah bertahun-tahun memperoleh banyak pengalaman. Jadi ia berpendapat bahwa mereka akan berbicara banyak di Piala Dunia nanti.

Ia menambahkan bahwa kali ini tim asal Afrika tak hanya berpartisipasi di Piala Dunia, melainkan akan memenangkannya. Eto'o sangat percaya diri terkait peluang tim Afrika.

Baca Juga

1. Kamerun Siap Juara

Profil Timnas Kamerun. (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)

Samuel Eto'o sendiri berhasil mencatatkan total 56 gol dalam 118 pertandingan bagi tim nasional Kamerun di semua kompetisi mulai 1997 hingga 2014 silam. 

Perlu diketahui, saat ini Samuel Eto'o menjabat sebagai presiden federasi sepak bola di negaranya, yakni Kamerun. Ia berkeinginan untuk menciptakan negaranya menjadi negara terkuat di sepak bola dunia.

Selain itu, ia memiliki keinginan yang sangat kuat pada timnasnya, Kamerun yang saat ini berada di ranking ke-43 di dunia. Kamerun sendiri sempat menjadi juara ketiga di Piala Afrika Februari 2022 lalu.

Di gelaran Piala Afrika tersebut, tim nasional Kamerun kalah di babak semifinal setelah dikalahkan oleh tim nasional Mesir melalui babak adu penalti.

Sementara itu, pada Piala Dunia 2022, Kamerun berada di grup D bersama dengan tim nasional Brasil, Serbia, dan Swiss. Grup yang cukup berat bagi Kamerun.

Baca Juga

Di sisi lain, terdapat lima tim yang mewakili benua Afrika dalam gelaran Piala Dunia 2022, yakni Maroko, Kamerun, Tunisia, Senegal, dan Ghana. 

Timnas Maroko diharapkan oleh Samuel Eto'o untuk berada di partai final Piala Dunia bersama dengan Kamerun. Adapun Tunisia tergabung dalam Grup F bersama Belgia, Kanada, dan Kroasia.

Baca Juga

Sementara itu, mantan kapten timnas Brasil memprediksi negaranya akan menjuarai Piala Dunia kali ini dengan mengalahkan timnas Perancis di partai final.

Bahkan pemain yang tampil di 3 final Piala Dunia secara beruntun tersebut memprediksi bahwa sebelum Brasil sampai final, mereka akan mengalahkan Argentina di semifinal.

Bahkan ia memprediksi Jerman, Belgia, Portugal, dan Belanda akan mencapai ke babak perempat final. Selain itu, Cafu juga mengatakan Iran akan finis kedua di Grup B.

Baca Juga

Sumber: ESPN

KamerunSamuel Eto'oMarokoPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini