x

Kerap Dihukum Penalti, Shin Tae-yong Keluhkan Lini Belakang Timnas Indonesia U-20

Senin, 21 November 2022 17:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Pertandingan dalam uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, meminta kepada anak asuhnya, khususnya lini pertahanan, untuk lebih tenang. Terlebih tidak melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Bukan tanpa alasan Shin Tae-yong menyoroti ketenangan para deretan pemain belakangnya. Sebab, timnas U-20 harus mengalami kerugian saat takluk dari Slovakia U-20 beberapa waktu lalu.

Timnas Indonesia U-20 takluk 1-2 dari Slovakia dalam laga uji coba yang berlangsung pada Sabtu (19/12/22) kemarin. Salah satu gol yang dilesakkan Slovakia adalah dari sepakan penalti.

Alhasil, dalam dua laga uji coba terakhir, timnas Indonesia U-20 sudah dihukum tiga penalti yang dinilai Shin Tae-yong terjadi karena kurang tenangnya para pemain belakang timnya.

Sebelum lawan Slovakia, timnas Indonesia U-20 takluk 0-6 dari Prancis U-20. Dalam laga yang berlangsung Kamis (17/11/22) itu, gawang tim Merah Putih dua kali dibobol lewat tendangan penalti.

Baca Juga

Banyaknya hukuman penalti yang didapat oleh skuat garuda Muda dalam dua laga terakhir tentu sangat disoroti oleh Shin Tae-yong.

Untuk itu dia meminta barisan pertahanan timnas Indonesia U-20 untuk tetap tenang dalam menghadapi serangan lawan.

Baca Juga

"Pemain seharusnya tidak terburu-buru," keluh Shin Tae-yong.

Namun meski begitu, Shin Tae-yong menilai kekalahan timnas Indonesia U-20 dari Slovakia tak lepas dari berat sebelahnya wasit yang memimpin.

"Namun, khusus saat melawan Slovakia, wasit sedikit memihak lawan," tutur pelatih asal Korea Selatan ini.

Baca Juga

1. Progres Timnas U-20

Pertandingan Uji coba Timnas Indonesia U-20 vs slovakia U-20. (Foto: PSSI)

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tetap mengapresiasi kerja keras skuad Garuda Nusantara. Apalagi di laga ini menjadi debut Zico Soree dan Rafael Struick bersama Timnas Indonesia U-20.

"Pada laga kali ini, Timnas U-20 sudah memperlihatkan peningkatan dan perkembangan yang baik," buka Iriawan.

"Apalagi Slovakia tim yang kuat dan mereka lolos Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Tentu ini pengalaman yang baik untuk Timnas Indonesia U-20," kata Iriawan.

Iriawan pun berharap pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Eropa (Turki dan Spanyol) bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Muhammad Ferarri dan kolega.

"Kami berharap pemusatan latihan selama di Eropa (Turki-Spanyol) dimanfaatkan dengan baik oleh Timnas Indonesia U-20," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

Baca Juga

Selain itu, Iriawan juga memuji penampilan deretan calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia pada laga uji coba tersebut.

"Untuk calon pemain naturalisasi juga tampil cukup baik di uji coba ini," tukas dia.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 dijadwalkan menjalani dua laga uji coba lagi di Spanyol. Belum diumumkan siapa dua lawan berikutnya.

Pemusatan latihan (TC) di Spanyol dan sebelumnya di Turki merupakan rangkaian persiapan Garuda Nusantara menatap dua turnamen besar yakni Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga
SpanyolPSSISlovakiaBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Shin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini